6 Manfaat Alat Perapi Gigi bagi Kesehatan Mulut

Kerapian gigi adalah salah hal yang dapat menjadi salah satu penunjang kepercayaan diri seseorang. Pemakaian behel menjadi solusi sebagian besar orang untuk mengoreksi gigi, sehingga gigi akan tampak lebih rapi dari sebelumnya setelah jangka waktu tertentu.

Selain itu terdapat alat perapi gigi atau teeth trainer, yang penggunaannya lebih praktis dan tidak sakit seperti awal pemakaian behel. Alat perapi gigi ini juga lebih ekonomis, dapat merapikan gigi jika digunakan secara rutin dan teratur. Berikut ini merupakan beberapa manfaat alat perapi gigi yang perlu diketahui, antara lain:

1. Tidak memerlukan konsultasi ke dokter

Tidak seperti pemakaian behel, penggunaan alat perapi gigi tidak perlu konsultasi dulu ke dokter yang mana bisa menghemat pengeluaran. Namun dengan menggunakan alat perapi gigi sama saja sudah bisa mendapatkan manfaat kawat gigi dengan versi yang lebih praktis dan murah. Alat perapi gigi bisa digunakan sendiri dengan mengikuti petunjuk penggunaan alat tersebut.

2. Mengatasi berbagai permasalahan gigi

Walaupun peralatan ini sangat praktis digunakan, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan penggunaan alat secara rutin. Alat perapi gigi memiliki manfaat untuk merapikan gigi yang renggang, bertumpuk, posisi gigi tidak rata (depan belakang), tonggos, gigi tumbuh di tempat yang tidak seharusnya dan lain sebagainya.

3. Dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna

Selain tidak memerlukan konsultasi rutin, penggunaan teeth trainer juga bisa digunakan sesuai keinginan pengguna. Maksudnya teeth trainer dapat digunakan kapan saja, hanya perlu dipakai beberapa jam dalam sehari atau saat waktu tidur. Namun beda dengan manfaat behel lepas pasang yang hanya menjadi penghias gigi, teeth trainer dapat membuat gigi menjadi lebih rapi.

4. Membantu kerja kawat gigi atau behel

Selain dapat dimanfaatkan untuk merapikan gigi secara langsung, manfaat alat perapi gigi juga dapat membantu kerja behel agar lebih maksimal. Jika penggunaan secara bersamaan dapat mengakibatkan sakit, maka dapat dikonsumsi obat nyeri seperti manfaat fenamin untuk anti nyeri gigi. Alat ini dapat digunakan beberapa 1-2 jam dalam sehari ketika gigi berbehel.

5. Meminimalisir makanan yang menyangkut di gigi

Salah satu permasalahan yang sering dialami pengguna behel adalah sisa makanan yang nyangkut di gigi setelah makan. Sisa makanan jika kurang bersih bisa menyebabkan bau mulut dan masalah lain, yang bisa diatasi dengan menggunakan manfaat sitrun untuk gigi dan masalah mulut. Dengan alat perapi gigi yang dapat dilepas pasang, sebelum makan alat ini bisa dilepas dahulu sehingga mengurangi sisa makanan menyangkut lebih banyak.

6. Memperbaiki posisi gigi secara bertahap

Pada saat pemakaian alat perapi gigi, pada umumnya bagian gigi akan terasa sakit pada minggu pertama pemakaian. Hal ini dikarenakan gigi mulai melakukan pergeseran untuk perbaikan posisi gigi dengan bertahap. Kondisi ini biasanya terjadi ketika pengguna memiliki kondisi didi yang renggang, tidak rata, tonggos dan lainnya yang membuat gigi terlihat berantakan. Jika sakit yang dirasakan tidak nyaman, pemakaian alat bisa dihentikan sementara dan dilanjutkan kembali setelah sakit berkurang.

Selain menggunakan alat perapi gigi untuk mendapatkan gigi yang berbaris rapi dan indah, pastikan juga selalu menjaga kebersihan gigi dengan menggunakan manfaat membersihkan karang gigi secara rutin agar gigi sehat dengan maksimal. Demikian ulasan tentang beberapa manfaat alat perapi gigi untuk kesehatan dan kerapian gigi, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Peralatan