7 Manfaat Kelapa Kuning untuk Ibu Hamil yang Tidak Banyak Diketahui

Anda mungkin tidaklah asing dengan salah satu jenis kelapa yang satu ini berbeda jika anda melihat manfaat kelapa parut, kelapa kuning atau biasanya orang menyebutnya dengan nama kelapa gading. Nama ini pun diberikan karena warna dari buah kelapa yang memang kuning dan beberapa dari jenisnya memiliki warna kuning yang mirip dengan gading gajah. Secara ilmiah kelapa kuning memiliki nama latin C.Eburen dan berbeda dengan jenis kelapa lainnya, pohon kelapa kuning tidak begitu tinggi bahkan ada yang tingginya hanya mencapai 2m saja. Keindahan dari pohon serta buahnya membuat kelapa kuning tidak hanya dijadikan sebagai bahan pangan saja berbeda dengan manfaat kelapa wulung, banyak sekali industri yang bergerak di bidang dekorasi memanfaatkannya.

Bahkan bakal buah kelapa kuning banyak dimanfaatkan sebagai penghias janur sebagai pertanda sebuah pesta perkawinan oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Namun berbeda dengan manfaat tepung aren, sebagai bahan pangan ternyata kelapa kuning memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan kelapa jenis lainnya walaupun memang ukurannya lebih kecil. Bahkan air kelapa kuning muda juga memiliki rasa yang tak kalah segar dan manis dengan jenis kelapa lainnya. Selain itu adapun kandungan nutrisi dari kelapa kuning yang sangat berguna dan anda juga dapat melihat manfaat beras kencur, tidak hanya bagi anda bahkan bagi ibu hamil.

Nutrisi Kelapa Kuning

  • Glukosa
  • Sakarosa
  • Fruktosa
  • Sukrosa
  • Asam amino
  • Natrium
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Tannin
  • Serat
  • Air
  • Vitamin C
  • Zat besi

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada kelapa kuning dan berbeda dengan manfaat jambu jamaika, maka banyak pula manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsinya khususnya bagi anda yang sedang hamil muda. Dan perlu anda ketahui pula bahwa kandungan nutrisi pada kelapa wulung lebih banyak dan baik disbanding kelapa jenis  lainnya. Dan berikut merupakan penjelasan dari manfaat kelapa kuning untuk ibu hamil.

Manfaat Kelapa Kuning untuk Ibu Hamil

  1. Mengatasi Anemia

Sebagian besar ibu hamil memiliki kecenderungan mengalami anemia, akan sangt berbahaya jika anemia yang di alami di atas kewajaran. Untuk mengatasi anemia berlebih pada ibu hamil secara alami tanpa efeksamping, anda bisa memberikan air kelapa kuning tanpa ditambahkan gula ataupun es. Pastikan bahwa air kelama benar- benar tidak ditambahkan es karena kurang baik bagi kesehatan janin nantinya.

  1. Mengatasi Pusing

Selain anemia, ibu hamil juga sering mengalami pusing terlebih saat hamil muda. Untuk mengatasi rasa pusing ini maka anda bisa memberikan air kelapa kuning yang diberi sedikit garam namun jangan sampai mengubah rasa dari air kelapa kuning tersebut. Selain itu anda juga bisa melakukan pijitan kecil di sekitar kepalanya.


  1. Mengatasi Mual

Bagi anda yang sedang hamil, khususnya hamil muda pasti merasakan mual di jam- jam tertentu. Sebelum mual itu terasa, anda bisa meminum air kelapa kuning sebagai bentuk pencegahan dan anda juga bisa meminumnya sebagai upaya mengatasi muala agar berhenti.

  1. Meningkatkan Perkembangan Saraf Pada Janin

Untuk anda yang sedang mengandung dan ingin memiliki andak yang cerdas, anda bisa mengkonsumsi air kelapa kuning untuk mendukung perkembangan saraf pada janin agar dapat merespon lebih baik. Sehingga ketika bayi anda lahir dan tumbuh, ia akan mudah sekali dalam mempelajari sesuatu dan mengingat.

  1. Mendukung Perkembangan Janin

Tidak hanya saraf saja yang akan lebih cepat berkembang tetapi juga yang lainnya seperti organ tubuh, sel- sel otat, hingga kulit. Selain itu dengan cepatnya perkembangan pada janin, anda dapat merasakan pergerakan janin anda. Janin akan lebih lincah bahkan dapat diajak berkomunikasi.

  1. Menutrisi Janin

Memiliki janin yang sehat dan aktif merupakan dambaan setiap ibu dan keluarga, anda bisa mewujudkannya dengan cara alami tanpa efek samping apapun. Caranya sangat mudah yaitu sebelum anda melakukan aktifitas ataupun sarapan, terlebih dahulu anda bisa mengkonsumsi air kelapa kuning tanpa adanya campuran gula ataupun es.

  1. Menguatkan Kandungan

Bagi anda yang memiliki diagnose lemah kandungan, anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai resiko yang ada. ada sebuah cara alami agar kandungan anda semakin kuat seiring dengan perkembangan janin yang anda kandung. Anda bisa mengkonsumsi air kelapa kuning di pagi hari dan air kelapa kuning hangat di malam hari menjelang tidur. Dan bagi anda yang ingin memiliki keturunan, anda bisa mulai mempersiapkannya dengan cara meminum air kelapa kuning secara berkala untuk mencegah terjadinya lemah kandungan.

Itulah beberapa manfaat dari kelapa kuning untuk ibu hamil yang bisa anda dapatkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan