11 Manfaat Kelapa Wulung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi anda pecinta es kelapa muda berbeda jika anda melihat manfaat tepung aren, ada salah satu jenis kelapa yang juga memiliki rasa yang tak kalah segar dengan es kelapa pada umumnya. Yaitu jenis kelapa wulung, bagi anda yang belum pernah mendengar ataupun melihat jenis kelapa yang satu ini berikut merupakan sedikit penjelasannya. Dilihat dari kulit buahnya sebenarnya kelapa wulung sama saja seperti kelapa muda pada umumnya yang berwarna hijau muda kadang ada pula yang hijau agak kekuningan.

Sedangkan ciri utama pada kelapa wulung yang membedakannya dengan jenis kelapa lainnya yaitu ketika kulit buahnya dikupas maka anda akan melihat perbedaan warna yang jelas. Kelapa wulung memiliki warna kulit buah merah muda ataupun keunguan pada lapisan di bawah lapisan kulit buah utama atau biasa disebut ijuk. Dengan kesegaran rasa dari daging buah kelapa mudanya serta kesegaran airnya, menjadikan jenis kelapa ini juga banyak digemari oleh orang yang berbeda jika anda melihat manfaat beras kencur untuk tubuh pria, selain itu adapun kandungan nutrisi pada buah kelapa wulung.

Kandungan Nutrisi Kelapa Wulung

  • Glukosa
  • Sakarosa
  • Fruktosa
  • Sukrosa
  • Asam amino
  • Natrium
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Tannin
  • Serat
  • Air

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada kelapa wulung, maka banyak pula manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsinya.  dan perlu anda ketahui pula bahwa kandungan nutrisi pada kelapa wulung lebih banyak dan baik disbanding kelapa jenis  lainnya. Dan selain dapat memenuhi kecukupan nutrisi pada tubuh anda yang berbeda dengan manfaat jambu jamaika, berikut merupakan penjelasan dari beberapa manfaat kelapa wulung.

Manfaat Kelapa Wulung

  1. Mengobati Keracunan

Perlu anda ketahui bahwa kelapa wulung memiliki kandungan tannin yang lebih tinggi disbanding dengan jenis kelapa hijau dan berbeda dengan manfaat jambu susu, untuk itu dengan mengkonsumsi air kelapa wulung muda anda bisa mengobati keracunan makanan hingga keracunan obat- obatan.

  1. Mengtasi Sakit Kepala

Selain dapat mengobati keracunan dan berbeda dengan manfaat jambu klutuk, kelapa wulung juga dapat mengobati sakit kepala seperti migraine, sakit kepala karena gejala keracunan, hingga sakit kepala karena alergi.


  1. Mengatasi Diare

Kebanyakan orang mengalami diare karena salah makan ataupun terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas. Untuk mengatasi diare yang tak kunjung sembuh hingga menimbulkan dehidrasi, anda bisa mencoba cara tradisional yaitu dengan meminum air kelapa wulung muda di pagi hari sebelum sarapan.

  1. Mengobati Penyakit Rohani

Sebagian besar masyarakat jawa percaya bahwa sapu sodo wulung memiliki kegunaan besar selain dapat mengobati penyakit badan juga dapat megobati penyakit rohani seperti teluh ataupun sakit karena ilmu hitam hingga kesurupan.

  1. Sebagai Deuretik

Dengan mengkonsumsi air kelapa wulung setiap pagi sebelum sarapan, maka ini bisa dijadikan sebagai deuretik yaitu melancarkan urine. Ini tentunya sangat berguna bagi anda yang sulit buang air kecil ataupun bagi anda yang ingin memiliki ginjal yang sehat dan bersih.

  1. Menyeimbangkan pH

Dengan kadar pH yang seimbang di dalam tubuh anda, maka anda tidak akan mudah terserang penyakit ringan seperti flu, batuk, demam dan lainnya. Selain itu dengan keseimbangan pH di tubuh, anda juga tidak akan mudah mengalami dehidrasi.

  1. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes dan sangat sulit mengonterol kadar gula darah anda, anda bisa mencoba sebuah cara alami. Yaitu dengan mengkonsumsi kelapa wulung muda sebelum sarapan dan di siang hari. Anda juga bisa menjadikannya sebagai salah satu menu diet diabetes anda.

  1. Menurunkan Kolesterol

Air kkelapa wulung sangat berguna bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol di tubuh anda. Ini juga bisa anda tambahkan dalam menu diet anda, konsumsilah air kelapa wulung sesudah makan maka kadar kolesterol anda akan turun.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Bagi para wanita, memiliki penampilan awet muda merupakan salah satu dambaan. Bagi anda yang ingin selalu tampil awet muda, anda bisa mengkonsumsi air kelapa wulung setiap hari sebelum dan sesudah makan. hal ini karena kandungan nutrisi pada kelapa wulung mampu meregenerasi sel- sel tubuh anda dengan lebih cepat.

  1. Mengencangkan Kulit

Bagi anda yang ingin memiliki kulit kencang, tidak hanya kencang tetapi juga cerah, anda bisa mengkonsumsi kelapa wulung. Tidak hanya mengkonsumsinya saja tetapi anda juga bisa mencuci muka dengan air kelapa wulung agar wajah anda tampak lebih segar dan bercahaya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, anda bisa menjadikan kelapa wulung sebagai menu utama diet anda. Dengan mengkonsumsi kelapa wulung sebelum beraktivitas, lemak yang menumpuk di badan anda dapat terbakar dengan cepat.

Itulah berbagai manfaat dari kelapa wulung yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas bermanfaat serta menambah pengetahuan anda.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.