10 Manfaat Jambu Jamaika untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Jambu jamaika

Siapa yang tidak suka dengan buah jambu? Umumnya memiliki rasa manis, sedikit asam, dan segar sehingga menjadikan buah ini sebagai buah wajib dalam adonan rujak. Apalagi jambu tergolong mudah didapatkan dan cukup banyak tumbuh di sekitar kita. Ada beberapa jenis jambu yang umum dikenal salah satunya jambu jamaika atau jambu bol. Dibandingkan jambu air daging buah jambu jamaika lebih padat, tebal, dan lembut yang dilapisi dengan kulit berwarna merah tua, kuning keungu-unguan, atau keputih-putihan. Tidak hanya lezat dan segar jambu jamaika ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat jambu jamaika atau manfaat jambu bol yang bisa kita dapatkan:

1. Baik untuk kesehatan mata

Salah satu kandungan nutrisi pada jambu jamaika adalah vitamin A. Seperti diketahui manfaat vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata sehingga dengan mengonsumsi jambu jamaika dalam porsi cukup dapat menunjang kesehatan mata dan menghindarkannya dari berbagai penyakit atau gangguan kesehatan.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan manfaat serat pada jambu jamaika berpengaruh positif pada sistem pencernaan. Rajin mengonsumsi buah ini menyebabkan pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

3. Mencegah dan mengatasi diabetes

Meskipun memiliki rasa yang cukup manis namun konsumsi buah jambu jamaika tidak berpengaruh buruk pada kadar gula darah. Justru konsumsi buah ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga baik sekali dikonsumsi oleh siapa saja termasuk penderita diabetes. Selain jambu jamaika manfaat bengkoang untuk diabetes dan manfaat buah naga untuk diabetes juga kerap digunakan untuk mengatasi diabetes.

4. Menurunkan demam

Jika anak atau anggota keluarga lain menderita demam maka jangan panik dulu. Ada banyak tumbuhan obat di sekitar kita yang bisa digunakan untuk menurunkan suhu tubuh salah satunya daun, biji, dan buah jambu jamaika. Bahan-bahan ini dapat direbus dan diminumkan pada orang yang demam agar suhu tubuhnya kembali normal.

5. Meredakan sariawan

Jambu jamaika juga mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan. Jika anda ingin yang lebih praktis maka anda dapat menggunakan manfaat albothyl atau manfaat tender care untuk mengatasi sariawan yang sangat mengganggu.

6. Sumber energi

Manfaat jambu jamaika juga dapat dijadikan sebagai makanan sumber energi. Kandungan manfaat karbohidrat yang dimilikinya menjadikan perut terasa kenyang dan menambah cadangan energi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari.

7. Baik untuk kesehatan kulit

Konsumsi jambu jamaika yang mengandung vitamin C dan A merupakan kombinasi baik bagi kesehatan kulit. Kulit memerlukan keduanya agar tetap sehat dan terlihat cantik. Kulit yang cantik dan sehat juga bisa didapatkan dengan menggunakan beberapa jenis buah lain seperti manfaat anggur dan manfaat strawberry.

8. Mengatasi rasa gatal

Meskipun rasa gatal adalah hal yang lumrah dan pernah dialami oleh kebanyakan orang namun tetap harus dicarikan obatnya agar tubuh terasa nyaman. Bagian akar dari jambu jamaika dipercaya dapat membantu mengatasi rasa gatal. Caranya dengan menghaluskan akar tanaman jambu jamaika kemudian diaplikasikan pada bagian tubuh yang terasa gatal.

9. Melembabkan kulit

Bagian daun dari jambu jamaika khususnya yang masih muda dapat diolah menjadi jus dan dikenal bermanfaat melembabkan kulit. Ini merupakan salah satu bahan alami untuk melembabkan kulit disamping bahan-bahan alami lain seperti manfaat minyak zaitun untuk wajah dan manfaat tomat untuk kulit dan kecantikan.

10. Meredakan nyeri haid

Air seduhan atau rebusan dari akar tanaman jambu jamaika juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan nyeri haid. Ini dapat menjadi alternatif jika manfaat bunga begonia atau manfaat biang kunyit yang dikenal juga dapat meredakan nyeri haid sulit anda dapatkan.

Itulah diantara manfaat jambu jamaika yang sangat baik untuk memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Oleh karena itu ada baiknya tanaman ini anda tanam di sekitar halaman rumah sehingga ketika dibutuhkan bisa langsung diambil. Halaman rumah menjadi asri dan kesehatan keluarga pun terpelihara.