4 Manfaat Daun Tin untuk Kesehatan Tubuh

Buah tin merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat. Namun ternyata bukan hanya manfaat buah tin, melainkan dalam daunnya pun terkandung banyak khasiat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Khasiat yang terkandung dalam daun buah tin ini juga dapat sangat berpengaruh pada penyakit serius hingga organ dalam. Bila kita mengetahui apa saja manfaatnya dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, maka tubuh sehat bebas dari penyakitpun bukan lagi sekedar angan-angan.  Kalau anda penasaran tentang apa saja khasiat dari daun tin yang belum banyak diketahui orang, simak ulasannya dibawah ini.

  1. Memiliki zat anti kanker

Daun buah tin memiliki manfaat sama seperti manfaat daun kelor, yaitu sebagai anti kanker sebab di dalamnya terkandung  flavonoid. Zat tersebut termasuk ke dalam zat yang mampu mengusir polusi dalam tubuh dan juga dapat mencegah penyakit mematikan seperti kanker.  Di luar kehebatannya yang mengandung zat flavonoid, daun buah tin juga ternyata memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan sendiri memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas yang biasanya menjadi pemicu kanker terjadi, membantu regerenasi sel-sel tubuh yang telah rusak serta menghambat perkembangan sel kanker itu sendiri.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Hal ini bisa terjadi sebab dalam daun buah tin terkandung sangat sedikit trigliserida atau salah satu sel lemak yang banyak ditemukan dalam tubuh. Sel lemak ini merupakan salah satu lemak  yang bisa memicu obesitas atau kelebihan berat badan pada tubuh. Karena mengandung trigliserida yang sangat sedikit, mengkonsumsi dauh buah tin bisa mencegah kelebihan berat badan yang otomatis juga akan menjauhkan anda dari penyakit jantung. Penyakit jantung juga bisa disembuhkan dengan berbagai manfaat dari buah manggis. Atau juga manfaat madu untuk jantung yang tidak kalah hebat.Sebab umumnya penyakit jantung dipicu oleh kelebihan lemak dalam tubuh.  Manfaat lain daun buah tin yang  bisa dirasakan efeknya untuk jantung ialah, daun buah tin dapat menstabilkan detak jantung.

  1. Mengurangi tingkat kadar gula berlebih

Selain dua manfaat diatas, daun buah tin juga ternyata memiliki banyak manfaat lain. Yaitu bisa mengurangi tingkat gula dalam darah. Hal ini bisa terjadi sebab dalam daun buah tin terdapat kandungan zat yang bisa mengurangi jumlah asupan insulin. Penyakit ini juga bisa diselesaikan dengan berbagai manfaat air tebu untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Meluruhkan batu ginjal

Tidak main main, manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari daun buah tin ini ialah kemampuannya dalam meluruhkan batu ginjal. Batu ginjal atau nefrolitiasis dapat terbentuk karena terlalu banyak asam amino sistin yang dikeluarkan oleh ginjal. Selain dengan berbagai manfaat jahe untuk batu ginjal, alternatif cara yang alami serta aman bagi kesehatan adalah dengan mencoba mengkonsumsi daun buah tin ini.

Tanda-tanda yang bisa dikenali dari penderita batu ginjal antara lain seperti mengingkatnya keinginan untuk buang air kecil, perubahan warna urine menjadi lebih keruh dan memiliki aroma aneh serta cenderung berbau tidak sedap. Atau yang lebih parahnya di dalam urin anda terdapat wanra kemerahan, hal ini bisa terjadi akibat adanya pendarahan dalam ginjal.  Daun buah tin memiliki kesamaan dengan manfaat kumis kucing untuk batu ginjal, yaitu dapat meluruhkan batu ginjal sebab memiliki khasiat sebagai diuretic atau yang biasa dikenal dengan meningkatnya proses pembentukkan urine.

Jadi itu dia manfaat dari daun buah tin yang bisa kita dapatkan, namun selain daunnya kita juga bisa mendapatkan manfaat buah tin yang sangat banyak dan berguna bagi kesehatan.