Manfaat Biji Tanaman Cendana

Barangkali sudah tidak asing lagi bagi Anda mengenai cendana. Pada zaman presiden Soeharto “cendana” digunakan oleh pers untuk menyebut sesuatu yang berhubungan dengan presiden Soeharto dikarenakan beliau tinggal di jalan cendana. Namun, kali ini kita bukan membahas mengenai hal itu ya? Kita akan membahas mengenai manfaat biji yang dihasilkan dari tumbuhan kayu cendana.

artikel terkait:

Cendana atau cendana wangi (Santalum Albul Linn) merupakan pohon kayu yang banyak ditemukan di daerah Nusa Tenggara Timur. Pada awal pertumbuhannya, cendana merupakan tumbuhan parasite yang membutuhkan tumbuhan lain sebagai inang dikarenakan akar cendana tidak sanggup mendukung kehidupannya. Diantara 213 jenis inang, inang favorit cendan antara lain albasia, akasia, dalbergia, inga dan pongamia. Dikarenakan hal tersebut, cendana sukar di budidayakan dan langka ditemukan sehingga harganyapun sangat mahal. Meskipun demikian, cendana merupakan pohon yang dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 11-15 m dengan diameter 25-30 cm.

Setidaknya ada dua jenis cendana, yaitu cendana merah dan cendana putih. Cendana merah yang banyak tumbuh di daerah India dan Funan ini memiliki mutu yang tidak sebaik cendana putih dan kurang diminati di pasaran. Sedangkan cendana putih yang banyak tumbuh di Nusa Tenggara Timur ini memiliki mutu yang tinggi dikarenakan aromanya yang harum dan mengandung minyak. Minyak dari kayu cendana memiliki harga yang sangat mahal.

Manfaat biji cendana

Biji cendana memiliki karakter biji yang keras dengan bentuk bulat, hitam dengan tiga keratan dari ujung ke tengah-tengah dinding bijinya yang keras. Meskipun kita tahu bahwa bagian yang paling banyak digunakan pada pohon cendana adalah kayunya, namun biji cendana jua ternyata memiliki manfaat. Berikut merupakan manfaat dari biji cendana.

1. Untuk membuat minyak cendana

Selain dari kulit kayu, pembuatan minyak cendana juga dapat dilakukan menggunakan biji cendana. Salah satunya adalah seperti pada cendana India. Untuk membuat minyak cendana dari jenis ini, biasanya dilakukan penyulingan dari daun, biji dan kulit kayu cendana setelah pohon berumur 3 tahun. Minyak yang dihasilkan dari penyulingan cendana tentu saja memiliki harga jual yang sangat mahal, bahkan hingga 15 juta per kilo nya di pasar internasional.

artikel terkait: manfaat lingkungan kerja ikan dorangmanfaat tidak minum alkohol

2. Sebagai pembibitan pohon cendana

Setelah berumur 3 tahun, pohon cendana mulai berbuah untuk menghasilkan biji. Namun untuk mendapatkan bibit terbaik idealnya biji diambil dari pohon cendana yang telah berusia 20 tahun. Buah cendana yang telah masak akan dimakan oleh serangga, tikus dan burung. Oleh hewan tersebut pula, biji buah cendana disebarkan kemudian tumbuh di lingkungan yang ideal. Selain itu, terdapat pula teknik penanaman cendana menggunakan bibit oleh manusia dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pemilihan bibit

Untuk proses ini, bibit biji cendana yang dianggap bagus direndam dengan air selama 2 malam atau 48 jam. Biji yang tenggelam merupakan biji dengan kualitas baik, dan biji yang mengapung adalah biji dengan kualitas kurang baik.

artikel terkait: manfaat minuman lidah buayamanfaat lingkungan kerja


  • Penyemaian

Pertama-tama, siapkan tanah hitam yang digemburkan. Setelah itu, taburkan biji yang telah direndam dengan kualitas baik tadi di atas semaian yang telah disiram dengan rata sebelumnya.  Taburkan sedikit tanah hitam di atas biji tanpa menutupi seluruhnya. Siram pada pagi dan sore untuk mempercepat proses perkecambahan. Setelah pecah bijinya, pindahkan biji ke dalam polybag yang diisi dengan tanah hitam dengan cara mengoreknya.

artikel terkait: manfaat ikan halibutmanfaat ampas batu bara

  • Penanaman dan perawatan

Tempatkan polybag pada daerah yang terkena sinar matahari dan siram sebanyak 2 kali sehari. Apabila benih telah tumbuh setinggi 15 cm, silahkan tanam pada lahan. Cendana dapat tumbuh baik pada kawasan semak belukar. Untuk memelihara kualitasnya, potong pucuk pohon secara terus menerus setelah tinggi 3 meter. Hal ini agar pohon tidak tumbuh terlalu tinggi namun kualitas cabang tetap dipelihara.

artikel terkait: manfaat udang keringmanfaat rumput krokot

, , ,
Post Date: Wednesday 08th, February 2017 / 00:15 Oleh :
Kategori : Tumbuhan