6 Manfaat Jus Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ada banyak sekali jenis buah yang bisa anda jumpai di pasar berbeda jika anda melihat manfaat senam lansia, tidak hanya di pasar tradisional bahkan di mall pun juga banyak. Selain buah impor banyak juga buah lokal yang memiliki rasa tak kalah enak. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis buah yang dibudidayakan secara khusus dan dipanen setiap musimnya. Mulai dari buah dengan ukuran terbesar seperti buah nangka hingga buah terkecil seperti buah anggur. Buah lokal Indonesia sendiri tidak kalah menarik jika disbanding dengan buah impor.

Salah satu jenis buah yang unik dan hanya dapat ditemui di Indonesia yaitu buah rambutan, anda pastinya tidak asing dengan buah yang satu ini. Banyak sekali orang menanam pohon rambutan dan memanennya jika musim rambutan tiba, bisa dibilang musim buah rambutan merupakan musim yang paling ditunggu- tunggu. Jika musim rambutan tiba, tidak hanya pasar ataupun mall saja yang dipenuhi buah rambutan begitu juga dengan jalanan. Banyak sekali orang menjajakan buah rambutan tidak hanya di lapak tetapi juga dipinggir jalan, dan pada umumnya buah rambutan dijual masak pohon.

Jarang sekali orang menjual buah rambutan setengah matang seperti ketika menjual buah pada umumnya. Buah rambutan sendiri terbilang unik karena bentuk kulit buahnya yang dipenuhi serabut menyerupai rambut, inilah mengapa buah ini memiliki nama rambutan. Adapun ciri dari buah rambutan selain dari kulit buah yang tebal dan memiliki tekstur seperti rambut, buah rambutan yang matang akan berwarna merah dan berwarna hijau saat muda. Untuk pohon rambutan bisa dibilang merupakan salah satu jenis pepohonan sedang.

Bahkan sebagian orang menanam pohon rambutan berukuran kecil untuk mempermudah cara memanen rambutan. Jika anda membuka kulit rambutan, maka akan tampak lapisan putih seperti selaput pembungkus buahnya. Sedangkan daging buah rambutan berwarna putih dan hampir menyerupai kaca yang bening. Bentuk buah rambutan sendiri tidak bulat walaupun tam,pak bulat tapi lebih menyerupai oval seperti telur. Untuk biji rambutan sendiri memiliki ukuran sedang dengan kulit biji menyerupai serabut kayu. Rambutan merupakan salah satu tumbuhan yang sangat mudah untuk dibudidayakan atau ditanam.

Selain mudah ditanam berbeda dengan manfaat rebusan kulit pete, buah rambutan juga sangat mudah untuk beradaptasi walaupun sedikit rentan saat musim hujan tiba. Buah rambutan sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisinya mulai dari asam, glukosa, mineral, air, hingga vitaminnya. Bagi anda pecinta buah, rambutan bisa jadi salah satu buah pilihan anda. Walaupun begitu bagi anda yang kurang gemar mengkonsumsi buah, anda bisa mengolah rambutan menjadi beraneka ragam menu. Dan salah satu jenis menu dari buah rambutan dengan sejuta manfaat yaitu jus rambutan. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari jus rambutan, berikut penjelasannya.

Manfaat Jus Rambutan

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, maka dari itu sangat wajib bagi anda untuk menjaga kesehatan ginjal. Ada banyak cara unuk menjaga kesehatan ginjal selain melakukan olahraga secara rutin dan menghindari minuman beralkohol ataupun bersoda. Yaitu dengan minum jus rambutan secara berkala setiap 4 hari sekali.


  1. Obat Sakit Kepala

Bagi anda yang sering mengalami sakit kepala ataupun pusing berbeda dengan manfaat jahe untuk tulang dan persendian, anda bisa mengatasinya dengan minum jus rambutan. Ketika sakit kepala anda kambuh minumlah segelas jus rambutan maka sakit kepala ataupun pusing anda akan segera reda.

  1. Menghaluskan Kulit

Kandungan nutrisi pada jus rambutan terutama vitaminnya sangat baik untuk kesehatan kulit anda, sehingga kulit akan lebih halus dan lembab. Minumlah jus rambutan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan nutrisi pada jus rambutan tidak hanya mampu membuat kulit jadi lebih halus dan lembab, tetapi juga mampu merangsang proses regenerasi sel kulit jadi lebih cepat. Dengan cepatnya proses rehenerasi sel maka anda akan terhindar dari penuaan dini, dengan ini pula anda akan terlihat selalu awet muda.

  1. Mengatasi Anemia

Bagi anda yang memiliki gangguan anemia dan sering mengalami anemia berbeda dengan manfaat sirih untuk gigi, anda tidak perlu khawatir lagi. Ada cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan minum jus rambutan. Minumlah jus rambutan saat anda mulai merasakan gejala anemia seperti mudah lelah, lemas, dan pusing.

  1. Obat Diare

Jus rambutan memiliki kandungan anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab diare, sehingga bagi anda yang mengalami diare anda bisa mengkonsumsi jus rambutan sebagai obat. Minumlah sehari 3 kali untuk meredakan diare anda serta mencegah terjadinya dehidrasi.

Itulah berbagai manfaat dari jus buah rambutan yang berbeda dengan manfaat sitrun untuk gigi, minumlah jus buah rambutan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan