6 Manfaat Sirih Untuk Gigi dan Kesehatan Mulut

Manfaat daun sirih bagi kesehatan atau piper betle adalah salah satu jenis tanaman obat terpenting untuk masyarakat Asia Tenggara seperti Indonesia. Tanaman dengan aroma khas ini dihasilkan dari kandungan minyak esensial yakni terpen dan juga fenol. Ada banyak kandungan fitokimia yang terdapat dalam daun sirih seperti asam stearat, eucalyptol, eugenol, metil eugenol, tiamin, kalsium, fosfor, lemak, serat, karbohidrat, protein, riboflavin, vitamin C dan sebagainya. Selain itu, daun sirih juga memiliki banyak sifat yang sudah terbukti dari penelitian seperti anti bakteri, anti gigi berlubang, anti jamur, anti larva, anti alergi, anti inflamasi dan juga anti diabetes. Selain kemampuannya sebagai solusi kanker dan berbagai penyakit lain, ada juga beberapa manfaat sirih untuk gigi yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui dan bisa anda lihat ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Mencegah Masalah Gigi Berlubang

Karena kandungan sifat anti bakteri yang ada dalam daun sirih, maka tanaman ini bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Bakteri tersebut bisa merusak permukaan keras pada gigi yang dinamakan dengan enamel sehingga akhirnya timbul lubang lubang kecil tak kasat mata yang semakin alam akan membesar dan menyebabkan gigi berlubang. Daun sirih bisa digunakan dengan cara dikunyah secara langsung atau bisa juga dengan merebus daun sirih yang nantinya digunakan sebagai obat kumur alami sekaligus untuk mengurangi rasa sakit.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Dari penelitian Asian Pasifik Journal of Cancer Prevention membuktikan jika manfaat sirih hijau sangat baik dilakukan untuk memberikan aroma harum dan menyegarkan pada mulut. Dengan ini, maka masalah bau mulut atau disebut juga dengan halitosis bisa diatasi secara mudah dan murah serta tidak menimbulkan efek samping sama sekali yang aman bagi anak maupun orang dewasa.

  1. Mengurangi Sakit Gigi

Manfaat rebusan daun sirih yang digunakan untuk berkumur atau mengunyah daun sirih juga sudah terbukti ampuh bisa mengurangi rasa sakit pada gigi yang biasanya terjadi pada saat ada gigi berlubang dan bisa menjalar hingga menyebabkan sakit kepala.

  1. Mencegah Erosi Gigi

Erosi gigi adalah proses terkikisnya enamel gigi yang disebabkan karena asam. Enamel sendiri merupakan lapisan dengan tekstur keras sebagai pelindung gigi untuk menjaga dentin yang sangat sensitif. Saat enamel ini terkikis, maka dentin yang ada di lapisan bawah akan terpapar sehingga menimbulkan rasa sakit sekaligus sensitivitas terhadap makanan panas atau dingin. Untuk memperkuat enamel ini juga bisa dilakukan dengan mengunyah sirih secara teratur atau menggunakan airnya sebagai obat kumur.

  1. Mencegah Stomatitis

Stomatitis atau radang mulut terjadi karena jamur yang bisa menimbulkan gejala seperti lidah berwarna pucat dan timbul bercak putih agak kekuningan serta mudah untuk dikeruk.  Bercak ini nantinya akan menimbulkan rasa perih saat sedang menggosok gigi atau sedang makan sesuatu. Untuk mencegah masalah ini, maka sangat disarankan untuk menggunakan manfaat godokan daun sirih untuk berkumur memakai air sirih yang dilakukan setiap hari dengan rutin.

  1. Pencegahan Pulpiitis

Daun sirih yang mengandung vitamin C, sumber antioksidan, anti inflamasi dan anti bakteri juga sangat bermanfaat untuk pencegahan pulpitis atau peradangan pada pulpa gigi yang akan menimbulkan rasa nyeri. Pulpa sendiri merupakan bagian gigi terdalam dimana terdapat saraf dan juga pembuluh yang sering terjadi pada pembusukan atau cedera pada gigi.

Ada begitu banyak manfaat sirih untuk gigi yang tidak hanya sekedar untuk menyembuhkan rasa sakit pada gigi, namun juga berbagai masalah gigi kronis, mulut dan juga gusi. Gunakan air rebusan sirih ini untuk berkumur setiap hari agar kesehatan gigi anda bisa terjaga dengan baik.