8 Manfaat Jenggot Untuk Kesehatan Pria

Jenggot merupakan suatu identitas bagi pria. Selain memberikan kesan macho, jenggot ternayat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jenggot adalah rambut yang tumbuh pada dagu,  di bawah 2 tulang rahang bawah, pipi, dan sisi-sisi pipi. Menurut penelitian para ahli, selain menambah ketampanan banyak sekali manfaat jenggot bagi kesehatan pria. Dari mencegah penyakit ringan seperti alergi, sampai dengan penyakit mematikan seperti kanker.

Berikut ini beberapa manfaat jenggot untuk kesehatan:

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Menurut penelitian para ahli di Universitas Southern Quensland menyatakan bahwa seorang pria yang memiliki atau memelihara jenggotnya, resiko terpapar sinar UV lebih rendah. Oleh karena jenggot tersebut, cahaya UV sulit menembus kulit wajah. Anda akan selangkah lebih aman dari ancaman terkena kanker kulit.

2. Memperlambat Keriput Pada Kulit Wajah

Hal tersebut tidak mengherankan karena jenggot mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Kulit yang sering terpapar sinar matahari akan cepat kusam dan kemudian keriput. Lain halnya jika anda memiliki jenggot. Wajah keriput dan garis halus penuaan akan teratasi.

3. Terlihat Lebih Jantan

Jenggot yang rapi dan terawat menjadi nilai lebih bagi pria. Dengan jenggot tersebut ia akan terlihat lebih jantan, macho dan maskulin. Tak jarang banyak wanita yang mendambakan seorang berjenggot untuk mendampingi hidupnya.

4. Mencegah Berbagai Macam Penyakit seperti Asma

Baik jenggot maupun Kumis dapat mencegah hal yang dapat memicu terjadinya asma. Sebelum masuk ke dalam hidung, udara yang mengandung polusi akan disaring terlebih dahulu oleh jenggot maupun kumis. Keduanya merupakan saringan alami yang dapat mencegah terjadinya flu ataupun asma.

5. Mencegah Jerawat

Eits jangan salah ! Jenggotmu juga dapat berfungsi sebagai pencegah jerawat. Jerawat dapat terbentuk ketika pori-pori wajah tersumbat, dan hal ini dapat menyebabkan terbentuknya komedo. Jika dalam keadaan berjerawat, jangan sekali-kali mencukur jenggot anda. Hal ini dikarenakan mencukur dapat memperparah keadaan kulit yang sedang meradang karena berjerawat.

6. Mencegah Kulit Kering

Berada diruangan ber AC atau di sekitar daerah pegunungan seringkali membuat kulit anda kering. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan bagi pria yang memiliki jenggot. Pasalnya, kulit disekitar jenggot akan terus terjaga kelembabannya karena terlindungi oleh rambut jenggot tersebut.

7. Mencegah Kanker

Seperti dilansir dalam Healtmeup pada September 2014, matahari memiliki kandungan ultraviolet yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya kanker pada kulit. Jika anda membiarkan jenggot anda tumbuh, maka resiko terkena kanker kulit akan berkurang. karena jenggot akan melindungi sebagian wajah anda.

Herbal anti kanker lainnya juga bisa diperoleh dari :

8. Mencegah Demam

Manfaat jenggot lainnya yaitu mampu melindungi diri dari demam. Manfaat jenggot untuk kesehatan dapat mengatur temperatur tubuh agar tetap stabil sehingga metabolisme tubuh berjalan lancar.

Oleh karena itu, sudah selayaknya para pria merawat dan menjaga jenggot mereka dengan benar. Karena jenggot memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Langkah Tepat Memelihara Jenggot

  • Cukur Jenggot dengan Rapi

Jika secara teratur merapikan jenggot anda, misal dengan mencukur dan tidak membiarkannya terlalu panjang, maka anda akan terlihat jantan dan gagah.

  • Jauhi Stres

Stres dapat mempengaruhi pertumbuhan jenggot anda. Jika terlalu sering stres, pertumbuhan rambut jenggot anda akan terhalang serta dapat melemahkan folikel. Mulai sekarang jangan biarkan diri anda terlarut dalam stres agar keindahan jenggot anda tetap terjaga.

  • Biarkan Tumbuh Secara Alami

Zaman sekarang banyak tren yang mencukur jenggot hanya sebatas dagu, dan kesan ini tidak natural. Seharusnya biarkan jenggot anda tumbuh secara alami,  kemudian rapikan dan sesuaikan tebal atau tipisnya dengan menggunakan alat cukur sesuai dengan selera Anda.

  • Cukup Tidur dan Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk mendapatkan jenggot yang ideal, usahakan anda memiliki jam tidur yang cukup yakni jangan kurang dari 6 jam. Konsumsilah makanan yang tinggi protein agar jenggot anda tumbuh dengan indahnya.

  • Olahraga

Manfaat olahraga dapat membuat metabolisme dan peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar dan stabil. Hal ini dapat menyebabkan jenggot anda tumbuh dengan sehat dan memukau.

  • Gunakan Pelembab Wajah

Merawat wajah dengan mengoleskan pelembab sangat berfungsi untuk mengontrol minyak pada wajah. Pelembab dapat mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Minyak yang berlebihan pada wajah dapat menimbulkan terjadinya jerawat.

  • Rutin Membersihkan Jenggot

Fokuslah saat membersihkan jenggot karena disana banyak debu dan kotoran yang menempel. Selain membersihkan jenggot, sabun juga dapat membersihkan bahan berbahaya yang dapat menimbulkan infeksi pada kulit disekitar jenggot.

  • Rutin Memotong jenggot

Anda harus menyempatkan diri memotong jenggot setiap 2 atau 3 hari sekali. Selain terlihat bersih dan rapi, hal ini harus anda lakukan untuk mencegah jenggot tumbuh melewati mulut. Karena makanan yang menempel pada jenggot atau kumis akan berpotensi terkena bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

  • Memilih peralatan yang Tepat untuk merawat jenggot
  • Pilih Gaya Jenggot yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Cari tahulah bentuk jenggot seperti apa yang cocok untuk wajah anda. Hal ini perlu dilakukan agar wajah anda terlihat tampan dan menarik.

Info seputar kesehatan pria lainnya, wajib di baca !