5 Manfaat Mencuci Muka Dengan Air Dingin untuk Kulit Wajah

Membersihkan kulit wajah sebelum dan setelah beraktifitas merupakan faktor penting yang kadang kala diabaikan oleh sebagian orang. Saat membilas wajah di pagi maupun malam hari beberapa dari kita mungkin menggunakan air hangat sementara lainnya menggunakan air dingin. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat mencuci muka dengan air dingin. Berikut adalah alasan dan manfaat mengapa mencuci muka dengan air dingin lebih baik daripada air hangat:

  1. Mengatasi Jerawat

Mencuci muka dengan air dingin dapat membantu mengatasi masalah wajah yang berjerawat dan membersihkan wajah dari bakteri penyebab jerawat. Selain itu mencuci muka dengan air dingin juga tentunya membuat wajah terasa lebih segar.

Baca juga:

  1. Mengurangi Peradangan

Jerawat merupakan kondisi dimana pori-pori kulit meradang karena infeksi bakteri. Infeksi ini selain menyebabkan jerawat juga menyebabkan kulit wajah meradang. Nah, air dingin yang digunakan pada saat mencuci muka dapat membantu mengurangi peradangan akibat jerawat lebih baik dari pada dengan air hangat.

Baca juga:

  1. Memperbaiki Penampilan Kulit

Menurut penelitian, pada kulit sebenarnya dilapisi oleh lilin lemak alami yang disebut dengan sebum. Sebum ini memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari efek negatif lingkungan luar. Mencuci muka dengan air hangat dapat mengurangi jumlah sebum pada kulit, akibatnya kulit menjadi lebih sensitif, belum lagi pori-pori yang membesar akan dipenuhi oleh debu dan kotoran. Oleh karena itu akan lebih baik apabila mencuci muka menggunakan air dingin daripada air hangat.

Baca juga:

  1. Melembabkan Wajah Lebih Lama

Membilas wajah dengan air dingin juga dapat menjaga kelembapan kulit dan tidak membuat kulit menjadi kering. Namun apabila Anda sedang ingin membilas wajah dengan air hangat makan gunakanlah air dingin pada bilasan terakhir karena air hangat yang suhunya berbeda dengan suhu lingkungan malah dapat membuat kulit menjadi lebih kering.

Baca juga:

  1. Mengecilkan Pori

Selama kita tidur wajah akan tetap bangun dan bekerja memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Apabila dalam prosesnya terdapat kotoran yang menempel tentu dapat menyumbat pori-pori dan membuat pori-pori kita membesar. Membasuh muka dengan air dingin saat pagi hari ternyata dapat mengecilkan pori-pori wajah yang melebar saat bangun.

Baca juga:

Mencuci muka dengan air dingin maupun air hangat memang sama-sama bermanfaat untuk kebersihan dan kesegaran wajah setiap harinya. Tetapi sebaiknya dibiasakan untuk mencuci atau membasuh wajah dengan air dingin karena efeknya lebih baik untuk kesehatan kulit.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 03rd, January 2017 / 03:09 Oleh :
Kategori : kecantikan