8 Manfaat Teh Celup Sariwangi untuk Kesehatan

Teh celup Sariwangi merupakan polopor teh celup di Indonesia yang sudah dikenal sejak tahun 1973, teh sariwangi dijadikan minuman pilihan yang menyegarkan saat santai ataupun saat bersama keluarga, penyajiannya prakstis, menjadikan teh celup sariwangi menjadi bagian dari budaya minum teh di Indonesia. Selain aroma dan rasanya yang  nikmat, teh celup sariwangi juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dalam teh celup sariwangi antara lain Antioksidan, flouride, asam amino, Quercetin, kaempol dan cafein.

Teh terdiri dari beberapa jenis seperti teh hijau, teh hitam, teh putih, teh oolong, dari semua jenis teh tersebut terbuat dari jenis tumbuhan teh yang sama, dan  manfaat teh oolong, teh hitam, teh hijau dan lainnya memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama juga, yang membedakannya dari cara pengolahan seperti cara menjemurnya.

Manfaat teh celup sariwangi untuk kesehatan.

1. Membantu menangkal radikal bebas.

Mengkonsumsi teh celup sariwangi secara teratur dapat membantu menangkal radikal bebas karena kandungan manfaat antioksidan yang tinggi.

2. Meningkatkan imun/kekebalan tubuh.

Teh celup sariwangi memiliki kandungan zat alkylamines atau antigen yang membantu meningkatkan imun/kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit.

3. Menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi teh celup sariwangi tanpa gula sangat dianjurkan untuk membantu menurunkan berat badan, karena kandungan dalam teh sariwangi membantu melancarkan pencernaan, serta melarutkan lemak dalam tubuh, akan lebih maksimal jika dibarengi dengan olahraga karena dapat membantu pembakaran kalori.

4. Mencegah penyakit jantung.

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Jepang membuktikan bahwa orang yang rutin minum teh setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 26 persen.

5. Mencegah stroke.

Kandungan dalam teh juga dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit stroke, serta penyakit berbahaya lainnya seperti kanker.

6. Menguatkan tulang dan gigi.

Manfaat minum teh tanpa gula dapat mencegah gigi berlubang, teh sariwangi juga dapat membantu meningkatkan kepadatan lulang sehingga dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

7. Mengurangi gangguan pencernaan.

Teh celup sariwangi mengandung tannin dan fitokimia yang dapat memberikan efek restorative pada saluran pencernaan sehingga system pembuangan kotoran menjadi lancar dan pencernaan menjadi lebih sehat.

Selain manfaat untuk kesehatan teh sariwangi juga bermanfaat untuk kecantikan, yang bisa didapat dari manfaatka ampas bekas kantong teh sariwangi, jadi ampasnya  jangan langsung dibuang karena bisa dimanfaatkan dan memiliki khasiat untuk kecantikan diantaranya:

  • Menghilangkan mata panda.

Kurang tidur atau mata lelah bisa diatasi dengan mengompresnya menggunakan bekas kantong teh celup.

  • Menghaluskan kulit

Ampas teh celup sariwangi bisa dipergunakan sebagai campuran lulur yang akan menutrisi kulit mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus.


  • Pewarna alami untuk rambut.

Merasa bosan dengan warna rambut hitam? Kini anda bisa memberikan sentuhan warna kecoklatan dengan menggunakan manfaat ampas teh celup yang diaplikasikan ke rambut anda sebelum keramas.

  • Menjadi masker wajah.

Ampas teh celup sariwangi dicampur dengan madu dan manfaat lemon digunakan sebagai masker wajah, yang berkhasiat untuk menutrisi kulit wajah agar lebih sehat kencang dan cerah.

  • Mengobati kulit terbakar sinar matahari.

Terbakar terik matahari menyebabkan kulit perih dan tidak nyaman, gunakan kantong ampas teh celup sariwangi dan tekan-tekan kekulit yang terbakar, maka akan segera membaik.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman