10 Manfaat Gizi Seimbang Untuk Tubuh

Pentingnya mengonsumsi makanan bergizi seringkali masih dianggap sepele untuk kebanyakan orang. Banyak yang menganggap bahwa makanan bergizi berharga mahal, namun yang sebenarnya terjadi adalah bahwa makanan mahal tidak selalu mengandung gizi seimbang. Gizi seimbang adalah susunan makanan yang dikonsumsi sehari – hari yang mengandung zat – zat gizi dalam jenis serta jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia dan disesuaikan dengan berbagai aspek seperti variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal. Dengan adanya berbagai kemudahan pada waktu sekarang ini, masyarakat umumnya lebih menyukai makanan cepat saji yang mengandung bahaya kolesterol bagi kesehatan jantung orang yang mengonsumsinya. Dulu kita mengenal gizi seimbang melalui konsep empat sehat lima sempurna, sekarang ini konsep tersebut disempurnakan oleh Kementrian Kesehatan RI melalui Pedoman Gizi Seimbang atau PGS. Dalam konsep PGS, selain diuraikan secara lengkap mengenai manfaat dan panduan makan sehat serta panduan untuk pola hidup sehat meliputi aktivitas fisik dan kebersihan diri. Pola makan yang ideal di setiap negara tidak sama, dipengaruhi oleh sumber daya alam, kondisi fisik dan ras, juga kebutuhan gizi yang berbeda.

1. Menjaga sistem metabolisme tubuh

Proses metabolisme tubuh membutuhkan bermacam – macam asupan gizi dengan porsi yang seimbang karena melibatkan semua organ tubuh. Jika tubuh kita kekurangan asupan gizi tertentu maka sudah tentu akan mengganggu fungsi organ. Gangguan metabolisme juga bisa diperburuk dengan pola hidup yang kurang sehat. Manfaat gizi seimbang penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh manusia.

2. Mempertahankan berat badan

Membuat berat badan tetap stabil tidak berarti harus menghindari karbohidrat dan lemak, sebab berat badan bisa tetap stabil jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Jika kita mengonsumsi berbagai makanan dengan takaran yang tepat, maka kalori berlebihan tidak akan ditimbun oleh tubuh sehingga berat badan akan tetap stabil dan menjadi cara yang bagus untuk menghindari obesitas dan mendapatkan manfaat diet bagi kesehatan fisik dan mental. Anda juga bisa menggabungkan manfaat olahraga untuk diet agar dapat menjaga berat badan. [AdSense-B]

3. Menjaga kesehatan organ tubuh

Manfaat gizi seimbang bisa mencegah penurunan fungsi organ – organ tubuh seiring dengan pertambahan usia. Penurunan fungsi organ tersebut bisa dipercepat jika Anda jarang mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Hal itu disebabkan karena semua organ tubuh membutuhkan asupan gizi yang memadai untuk mempertahankan fungsinya agar tetap baik dan tidak mengganggu proses metabolisme pada tubuh.

4. Memperkuat konsentrasi dan daya ingat

Penurunan konsentrasi serta daya ingat memang identik dengan pertambahan usia, tetapi dengan manfaat gizi seimbang bisa membantu kita untuk mempertahankan kemampuan untuk fokus dan juga menajamkan daya ingat. Agar dapat berfungsi dengan baik, maka otak perlu asupan lemak, protein, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup. Mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang bisa menghindarkan Anda dari resiko kerusakan otak.

5. Meningkatkan imunitas

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit terutama penyakit musiman karena perubahan cuaca atau karena banyaknya aktivitas dan wabah penyakit menular. Manfaat gizi seimbang dalam makanan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap kebal dari berbagai penyakit.Anda juga dapat mencoba manfaat tumbuhan ganyong, manfaat genjer dan manfaat asparagus untuk mendapatkan gizi seimbang.

6. Mencegah stunting

Stunting adalah kekurangan tinggi badan pada anak, menunjukkan kekurangan gizi yang sudah lama terjadi dalam jangka panjang. Stunting bisa dicegah sejak awal kehamilan dan ditentukan oleh asupan gizi ibu, bahkan sejak sebelum menikah dan hamil. Kecukupan gizi saat hamil akan dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi oleh ibu melalui manfaat makanan sehat, begitu juga ketika sedang menyusui.

7. Menjaga emosi

Kekurangan gizi seimbang pada tubuh bisa menyebabkan tubuh kesulitan mengendalikan produksi hormon yang dapat mengendalikan suasana hati. Akibatnya, seseorang yang mengalami kekurangan gizi akan mudah mengalami perubahan suasana hati ketika beraktivitas. Emosi yang tidak stabil tentunya akan menyulitkan Anda dalam berkegiatan dan bergaul, maka asupan gizi yang pantas juga sangat penting bagi kestabilan emosi.[AdSense-C]

8. Membuat awet muda

Manfaat gizi seimbang bisa membuat seseorang tampak selalu awet muda karena proses regenerasi sel – sel tubuh selalu berlangsung dengan lancar. Bagian tubuh seperti rambut, kuku, gigi, kulit dapat mencerminkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Seorang yang tampak awet muda menunjukkan kemampuan dirinya untuk menjaga keseimbangan asupan gizinya dengan baik.

9. Menjadi sumber energi

Sebagian zat pada makanan yang dikonsumsi akan diolah hingga menghasilkan energi oleh sistem pencernaan organ tubuh kita. Energi dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari – hari, dihasilkan dari karbohidrat, protein dan lipid atau lemak dan itulah pentingnya mengetahui manfaat sarapan pagi.

10. Membentuk sel tubuh

Zat gizi yang dibutuhkan untuk membentuknya adalah air, mineral dan protein. Untuk membentuk sel jaringan tubuh maka ketiganya diolah secara bersama – sama hingga membentuk sel jaringan tubuh yang baru untuk mengganti jaringan lama yang sudah tidak berfungsi lagi. Vitamin juga dapat membantu proses biokimia dalam tubuh.

Perlunya ditanamkan pemahaman yang baik mengenai manfaat gizi seimbang sejak dini dengan penekanan bahwa proses makan bukan hanya persoalan mengenyangkan perut semata. Tetapi makan juga mengenai bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan nutrisi yang penting. Untuk mencapainya, maka pemahaman masyarakat akan pentingnya gizi seimbang harus terus menerus diusahakan. Begitu pula dengan upaya untuk menjadikan harga pangan terjangkau oleh semua orang, sehingga tidak ada lagi orang yang mengalami gizi buruk karena tidak sanggup membeli bahan pangan akibat harganya yang mahal. Sudah tentu ketidak mampuan untuk mendapatkan makanan bergizi akan mempengaruhi kualitas hidup seorang anak dan anggota keluarga lainnya.