10 Manfaat Tumbuhan Ganyong yang Kaya Gizi

Indonesia sebagai negara beriklim tropis memang dianugerahi banyak sekali kekayaan flora. Salah satunya adalah tumbuhan ganyong. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata umbi tumbuhan ganyong ini bisa dikonsumsi dengan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Apa Itu Tumbuhan Ganyong?

Tumbuhan ganyong merupakan tanaman tropis yang memiliki nama latin Canna edulis Ker. yang lebih sering ditemukan tumbuh liar karena karakteristik tanamannya yang mudah bertahan bahkan di lahan kering. Tumbuhan ganyong memiliki umbi yang bisa dikonsumsi dengan dimasak langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi tepung.

Manfaat Tumbuhan Ganyong

Masyarakat modern mungkin sudah tidak terlalu mengenal tumbuhan ganyong karena memang tumbuhan ini identik dengan makanan ‘ndeso’. Tapi jangan terlalu meremehkan karena dibalik itu semua ternyata ada banyak sekali manfaat tumbuhan ganyong bagi kesehatan.

  1. Tinggi Kandungan Karbohidrat

Sama seperti halnya tanaman umbi-umbian yang lain seperti singkong, ketela ataupun kentang, tumbuhan ganyong juga merupakan jenis tumbuhan yang kaya kandungan karbohidratnya. Manfaat karbohidrat untuk tubuh sangatlah banyak yang salah satu manfaat utamanya adalah dapat diubah menjadi energi.

  1. Sebagai Alternatif Makanan Pokok

Di Indonesia sendiri, tumbuhan ganyong cukup dikenal terutama di kalangan petani karena biasanya tanaman ini dimanfaatkan sebagai alternatif makanan pokok ketika musim kering karena seperti disebutkan di atas, tumbuhan ganyong masih bisa bertahan walaupun di lahan kering. Untuk para penderita diabetes yang tidak bisa mengkonsumsi nasi juga bisa mengkonsumsi ganyong sebagai solusi sumber karbohidrat.

  1. Sumber Energi yang Baik

Karena tinggi kandungan karbohidrat maka tumbuhan ganyong juga merupakan sumber energi yang baik. Karbohidrat akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa dan oleh insulin yang dihasilkan oleh pankreas akan diubah lagi menjadi energi atau disimpan sebagai cadangan lemak di kulit. Oleh karena itu tumbuhan ganyong juga sangat baik untuk anak pada masa pertumbuhannya.

  1. Mengandung Protein Nabati yang Baik Bagi Tubuh

Selain tinggi kandungan karbohidratnya, tumbuhan ganyong juga mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh. Manfaat protein digunakan untuk pembentukan masa otot dan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Direkomendasikan untuk Membantu Pertumbuhan Anak

Seperti yang disebutkan di atas dimana tumbuhan ganyong merupakan sumber energi baik maka direkomendasikan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak. Tak hanya itu, seperti halnya manfaat tepung gasol pada balita atau bayi yang masih diberi MPASI, tepung ganyong juga sangat direkomendasikan karena menurut para ahli, tanaman ganyong sangat mudah dicerna sehingga sangat baik dan aman dikonsumsi oleh bayi.

  1. Mengobati Panas Dalam

Di antara para masyarakat lokal yang biasa mengkonsumsi ganyong sudah dikenal bahwa tumbuhan ini juga dapat mengobati panas dalam secara alami. Panas dalam memang bukan penyakit yang berbahaya tapi bisa sangat menganggu jadi memang harus diatasi dengan segera.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat utama lain dari tumbuhan ganyong adalah bahwa umbinya sangat tinggi kandungan kalsiumnya. Tentunya Anda sudah tahu manfaat kalsium bagi tubuh manusia sehingga memang mengkonsumsi tumbuhan ganyong sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Tanaman ini baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang membutuhkan asupan kalsium maksimal maupun anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  1. Cemilan Sehat dan Murah

Ganyong bisa dikonsumsi seperti halnya ubi atau singong. Ganyong bisa direbus, digoreng ataupun dikukus. Ganyong juga bisa diolah menjadi keripik yang bisa menjadi solusi cemilan sehat dan murah. Walaupun mungkin cemilan terbuat dari tumbuhan ganyong masih sangat jarang ditemukan di pasaran tapi Anda selalu bisa membuatnya sendiri di rumah.

  1. Tinggi Kandungan Serat

Karena tinggi kandungan dan manfaat serat yang dimiliki tumbuhan ganyong maka tumbuhan ini merupakan salah satu makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Seperti disebutkan di atas bahwa karena mudah dicerna, ganyong juga boleh dikonsumsi oleh bayi sebagai makanan pengganti ASI.

  1. Obat Alami untuk ISK

Beberapa penelitian telah menemukan salah satu sifat yang dimiliki oleh tanaman ganyong yaitu diuretik. Dengan demikian tidak jarang jika Anda setelah mengkonsumsi tumbuhan ganyong frekuensi Anda buang air kecil bisa meningkat. Kondisi ini sangat baik untuk para penderita ISK atau Infeksi Saluran Kencing. Mengkonsumsi tumbuhan ganyong dicampur dengan ramuan dan manfaat kumis kucing bisa mengobati ISK secara alami dan efektif.

Beberapa peneliti telah merekomendasikan ganyong sebagai salah satu alternatif makanan pokok karena kandungan karbohidratnya yang tinggi sehingga bisa membuat kenyang. Selain itu, tak hanya membuat kenyang, manfaat tumbuhan ganyong yang lain juga kaya kandungan gizi seperti protein, kalsium, beberapa vitamin dan mineral yang esensial untuk kesehatan manusia. Namun Anda harus memastikan bahwa tumbuhan ganyong dimasak dengan sempurna karena tumbuhan ini mengandung saponin yang sebenarnya normal ditemukan dalam umbi-umbian tapi zat ini bisa menjadi racun ketika proses pengolahannya tidak dilakukan dengan sempurna.