12 Manfaat Makanan Sehat Bagi Kesehatan Fisik Psikis

Manfaat mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu alternatif guna menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung gizi seimbang sangat dianjurkan karena mampu menjaga kestabilan kondisi tubuh. Makanan sehat harus dikonsumsi secara seimbang karena jumlah kalori berlebih juga memberikan efek negatif pada keseimbangan metabolisme dalam tubuh.

Tubuh yang sehat merupakan idaman semua orang. Aktivitas akan berjalan lancar jika tubuh dalam keadaan prima. Pola hidup yang sehat menjadi syarat utama jika menginginkan tubuh yang sehat, selain diimbangi dengan olahraga , konsumsi makanan sehat merupakan faktor utama yang dapat menjaga kestabilan kesehatan tubuh.

Makanan sehat ialah makanan yang memenuhi jumlah kalori tubuh.Berbeda dengan manfaat makanan pahit Jenis makanan sehat sangat beragam, mungkin sebagian orang berpikiran bahwa makanan sehat hanyalah sayur-sayuran dan buah-buahan segar padahal makanan sehat ialah makanan yang mampu memenuhi gizi dalam tubuh dalam jumlah seimbang baik itu vitamin, serat, mineral, zat besi, lemak tak jenuh, protein, karbohidrat dan zat lain yang bermanfaat guna kesehatan tubuh serta makanan yang tidak mengandung bahan kimia, pengawet,pewarna dan pemanis buatan.

Zat-zat yang terkandung dalam makanan sehat seperti karbohidrat, protein, lemak, air,vitamin dan mineral memiliki berbagai fungsi yang bermanfaat bagi tubuh. Berbeda dengan daun manfaat nangka landa karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh, otak akan bekerja secara optimal jika konsumsi karbohidrat tercukupi dengan baik. Karbohidrat banyak ditemukan di nasi, kentang dan umbi-umbian. Protein juga berperan sebagai sumber energi bagi tubuh, pertumbuhan dan membantu tubuh menyembuhkan diri, protein dapat berasal dari hewani maupun nabati.  Lemak dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin, menjaga struktur sel,  membran sel dan sistem imun. Air memiliki peranan penting guna menghidrasi yang berguna untuk menyeimbangkan cairan tubuh dapat  diperoleh juga dari buah dan sayur. Vitamin dan mineral berfungsi untuk menjalankan fungsi organ tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat yang dapat diperoleh jika mengkonsumsi makanan sehat

1. Membantu Program Diet

Kondisi berat badan terlebih menjadi salah satu masalah yang terjadi pada banyak wanita. Berbagai efek dari kelebihan berat badan dapat terjadi seperti obesitas dan kolesterol. Penting untuk menjaga berat badan dalam kondisi ideal. Konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan gizi mampu membantu menurunkan berat badan

2. Menjaga Sistem Imun

Vitamin berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang dapat menghindarkan dari berbagai resiko penyakit yang akan menyerang

3. Mengontrol Tekanan Darah

Masalah tekanan darah yang diderita merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang banyak menyerang masyarakat, hal ini salah satunya diakibatkan faktor gen maupun pola hidup yang tidak sehat.


4. Menjaga Sistem Pencernaan

Proses metabolisme tubuh yang lancar dapat menjaga kesehatan pencernaan, konsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang terutama makanan yang mengandung serat alami.

5. Menghindari Kanker

Kanker dapat dihindari dengan konsumsi makanan sehat. Kondisi tubuh yang prima mampu menangkal radikal bebas. Jenis makanan yang disarankan ialah berwarna merah dan ungu dimana makanan ini emngandung likopen dan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

6. Membuat Tubuh Lebih Segar

Kondisi tubuh yang segar dapat diperoleh dengan pola hidup yang sehat mengakibatkan suasana psikis yang baik dan mampu  menyegarkan tubuh.

7. Penting untuk Pertumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hal yang sangat penting terutama bagi remaja dan balita. Nutrisi yang seimbang melalui konsumsi makanan sehat sangat dianjurkan. Berbagai kandungan gizi pada makanan sehat sangat berpengaruh terhadap perkembangan indra manusia.

8. Menstabilkan Emosi

Tingkat kestabilan emosi setiap orang cenderung berbeda. Asupan makanan juga menjadi salah satu faktor ketidakstabilan emosi hal ini karena jumlah nutrisi yang tidak seimbang yang masuk kedalam tubuh kadang menggangu sistem metabolisme dan mengganggu keseimbangan.

9. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Fungsi berbagai nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat ialah menjaga dan mengendalikan berbagai fungsi sistem organ dalam tubuh. Salah satu nya ialah protein, protein dapat membantu tubuh untuk memperbaiki dan menyembuhkan diri. Protein dapat ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, susu, keju dll.

10. Meningkatkan Kinerja Otak

Makanan sehat sangat bermanfaat untuk fungsi otak. Otak memerlukan asupan nutrisi seimbang guna menjalankan Fungsinya. Seperti konsumsi manfaat belimbing, konsumsi makanan sehat mampu meningkatkan daya ingat yang hal ini sangat berpengaruh guna menjalankan berbagai aktivitas keseharian. Kondisi otak yang baik akan menyebabkan meningkatnya kinerja dan semangat dalam melakukan pekerjaan sehingga juga mampu menghasilkan suatu inovasi dan kreativitas tiada batas.

11. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Proses metabolisme dalam tubuh akan lancar jika kondisi jaringan dan sel sehat. Kerusakan jaringan dapat terjadi karena berbagai hal. Layaknya manfaat nangka untuk cacar air asupan nutrisi seimbang mampu meregenerasi jaringan yang rusak dan mampu menjaga kestabilan metabolisme dalam tubuh.

12. Melancarkan Aktivitas

Aktivitas yang padat bagi sebagian orang memerlukan energi yang cukup. Kondisi stress yang kadang dialami oleh sebagian masyarakat dapat terus bertambah jika tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang untuk tubuh, Tubuh tentunya memerlukan bahan bakar yang mampu mendukung berbagai kinerja dan pekerjaan yang menunggu setiap harinya. Berbeda dengan manfaat timun dan jeruk nipis menjaga kesehatan tubuh merupakan bukti bahwa kita mencintai diri, kondisi tubuh yang sehat dan segar akan menyebabkan hasil yang berbanding lurus dengan segala aktivtas yang dijalani, mampu meningkatkan kinerja dan mengurangi tingkat tekanan psikis dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat makanan sehat yang perlu diketahui. Konsumsi makanan sehat dalam jumlah seimbang dan kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji guna menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan informasi.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan