7 Manfaat Kacang Tanah Goreng Lezat Tinggi Nutrisi

Hampir semua orang di Indonesia rasanya sudah pernah menyantap kacang tanah goreng baik sebagai cemilan atau dibuat menjadi bumbu masakan seperti gado gado, pecel, ketoprak dan lain sebagainya. Namun, banyak orang yang tidak mau makan kacang goreng karena takut dengan mitos yang dipercaya sejak dulu jika kacang bisa membuat wajah berjerawat. Sebenarnya dalam penelitian sudah dibuktikan jika mengkonsumsi kacang tanah goreng tidak ada hubungannya dengan jerawat dan ada begitu banyak kandungan gizi dalam kacang tanah yang sangat dibutuhkan tubuh. Kacang tanah sangat tinggi akan kandungan protein, zat besi, vitamin E, kalsium, fosforus, vitamin B kompleks, A dan K, kolin, kalsium dan lesitin. Protein yang terdapat di dalam kacang tanah ini bahkan lebih tinggi dari daging, telur dan juga kacang kedelai sehingga sebenarnya kacang tanah sangat baik dikonsumsi baik anak anak sampai orang dewasa. Selain bisa diolah menjadi bumbu makanan, selai dan juga kue, kacang tanah juga sudah sangat nikmat dikonsumsi dengan cara direbus atau goreng. Untuk kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa manfaat kacang tanah goreng yang harus diketahui dan sebaiknya lebih banyak dikonsumsi.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Kacang tanah baik manfaat kacang tanah rebus atau goreng mengandung folat yang sangat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Dalam studi menunjukkan jika seorang wanita yang mengkonsumsi 400 mikogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan seperti kandungan dalam kacang tanah, maka bisa menurunkan risiko bayi lahir cacat tabung saraf serius hingga mencapai 70%.

  1. Mengatasi Depresi

Dalam kacang tanah memiliki kandungan tryptophan yakni jenis asam amino esensial yang sangat penting dalam memproduksi serotonin bahan kimia otak utama yang berkaitan dengan regulasi suasana hati baik manfaat kacang tanah sangrai atau goreng. Ketika sedang mengalami depresi, maka jumlah serotonin yang dilepaskan oleh otak akan semakin menurun. Untuk itu mengkonsumsi kacang tanah goreng sangat disarankan karena kandungan tryptophan dalam kacang ini bisa meningkatkan efek anti depresan pada saat terjadi peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

  1. Sumber Tenaga

Kacang tanah merupakan makanan sumber energi alami bagi manusia. Dengan mengkonsumsi kacang tanah secara teratur, maka stamina fisik ketika beraktivitas bisa dipertahankan termasuk juga untuk stamina dalam berhubungan.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Vitamin B3 dalam kacang tanah sangat penting untuk meningkatkan daya ingat. Kandungan vitamin B3 atau niacin dalam kacang tanah ini bisa meningkatkan fungsi otak normal sekaligus juga meningkatkan daya ingat.

  1. Mengatur Tingkat Kolesterol

Kolesterol memiliki peran penting untuk menentukan kesehatan sistem kardiovaskular yang terbagi menjadi 2 jenis yakni kolesterol jahat dan baik. Manfaat kolesterol baik memang dibutuhkan untuk sistem kardiovaskular namun tidak dengan kolesterol jahat. Mengkonsumsi kacang tanah goreng dengan teratur bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi namun sekaligus juga meningkatkan kolesterol baik dalam darah ditambah lagi dengan asam oleat dalam kacang tanah yang juga penting untuk mengatur kadar kolesterol.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital tubuh dan tidak pernah beristirahat sehingga sangat penting untuk merawat kesehatan jantung agar bisa terus bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Asam lemak tah jenuh tunggal seperti asam oleat yang ada dalam manfaat kacang tanah untuk jantung ini bisa mengatur kadar kolesterol darah dengan cara meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat sehingga berbagai masalah jantung seperti serangan jantung, stroke jantung, penyumbatan pembuluh darah, pengerasan arteri dan juga aterosklerosis bisa dicegah.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang cukup bisa menurunkan risiko diabetes karena kandungan mangan dalam kacang tanah. Mangan ini memegang peran penting dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium dan juga regulasi gula darah. Selain itu, kacang tanah juga tinggi akan serat untuk mengurangi risiko diabetes.

Dari ulasan tentang manfaat kacang tanah goreng yang sudah kami berikan diatas bisa dibuktikan jika makanan nikmat ini tidak berbahaya seperti yang anggapan banyak orang karena sebetulnya nutrisi yang terkandung dalam kacang tanah sangat dibutuhkan berbagai organ penting dalam tubuh manusia. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan