33 Manfaat Daun Pare Untuk Kesehatan

Manfaat dari daun pare untuk kesehatan adalah tema yang akan dibicarakan dalam artikel ini. Seperti diketahui, daun pare mungkin tidak banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Lain halnya dengan buah pare itu sendiri yang banyak diolah dalam berbagai jenis makanan. Walau rasa buah pare sangat pahit, ternyata tidak membuat pare kehilangan popularitasnya.

Berbagai manfaat dari pare untuk menjaga kesehatan pun terus dieksplorasi dan dipublikasikan. Lalu bagaimana dengan daun pare itu sendiri? Sayangnya, manfaat dari daun pare untuk kesehatan tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu, berikut ini daftar dari 33 manfaat dari daun pare untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Manfaat Dari Daun Pare untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Awal penggunaan daun pare mulai ditemukan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun pare sendiri secara umum tidak berbeda dengan jenis sayur-sayuran lainnya. Mengapa daun pare banyak diolah menjadi obat tradisional? Karena memang manfaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini setidaknya manfaat dari daun pare untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Membantu Siklus Haid menjadi Lancar

Manfaat daun pare yang pertama adalah untuk melancarkan haid pada wanita. Seperti diketahui, permasalahan haid yang datang tidak teratur banyak dialami oleh para wanita. Oleh karena itu, mengonsumsi olahan tradisional dengan daun pare dapat membantu mengatur siklus hadi anda.

Artikel Terkait:

2. Mengurangi Rasa Nyeri saat Haid

Daun pare ternyata juga dapat mengurangi rasa nyeri yang dialami wanita selama siklus haid sedang menghampirinya. Rasa nyeri saat haid memang wajar terjadi, akan tetapi intensitasnya mungkin saja mengganggu aktivitas. Itulah sebabnya konsumsi daun pare sebagai penanggulangan sangat direkomendasikan.

3. Membantu Pengobatan Sembelit

Sembelit atau gangguan pencernaan akibat susah buang air besar sangat umum dirasakan oleh masyarakat. Alasan utamanya adalah karena konsumsi serat yang tidak mencukupi kebutuhan sistem pencernaan dalam tubuh. Untuk itu konsumsi dari daun pare diketahui memiliki kandungan yang mampu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit datang kembali.

4. Membantu Mengobati Cacingan

Penyakit cacingan sering sekali menyerang anak-anak dan tidak terkecuali orang dewasa. Hal ini dapat ditanggulangi dengan ramuan alami yaitu rebusan air daun pare. Konsumsi daun pare diketahui sangat bermanfaat untuk mengusir cacing-cacing yang menyebabkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi tidak maksimal. (baca juga: Manfaat Daun Salam Untuk Menurunkan Berat Badan)

5. Mengurangi Suhu Demam

Demam merupakan penyakit yang umum menyerang manusia, terutama anak-anak. Penyakit demam ini dapat berakibat fatal jika tidak langsung ditangani. Salah satunya adalah kejang-kejang dan kerusakan saraf otak. Untuk itu diperlukan suatu penanggulangan cepat yang dapat dilakukan dengan konsumsi daun pare. Manfaat dari daun pare ini dapat segera menurunkan suhu tubuh dan menjaganya pada batas normal.

6. Membantu Pengobatan Radang Hati

Penyakit radang hati atau yang juga dikenal sebagai penyakit hepatitis ini diketahui cukup berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Ternyata penyembuhan dan pengobatan dari penyakit ini dapat dilakukan dengan menggunakan manfaat daun pare untuk kesehatan. Kandungan dalam daun pare diketahui mampu memperbaiki fungsi hati dan menjaga tubuh anda tetap sehat. (baca juga: Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan)

7. Membantu Mengobati Penyakit Limpa

Penyakit yang menyerang limpa dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh manusia menurun dan penyakit lain yang lebih parah dapat muncul dan merusak tubuh. Oleh karena itu, penyakit limpa harus segera diobati. Salah satu cara mengobatinya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pare.

8. Mengobati Bisul ataupun Luka Nanah Lainnya

Luka dengan nanah yang berkumpul di dalamnya sangatlah sakit dan menganggu penampilan. Salah satunya adalah luka nanah berupa bisul. Pengobatan dari bisul ini anda dapat lakukan dengan menggunakan tumbukan daun pare. Tempelkan pada luka nanah anda dan kemudian luka tersebut akan kering lalu anda dapat beraktivitas kembali.

9. Mengobati Penyakit Kencing Nanah

Kencing nanah merupakan salah satu gejala penyakit seksual Gonore. Baik wanita maupun pria dapat terkena penyakit ini dan dapat menular kepada pasangannya. Oleh karena itu, penanggulangan dari penyakit harus dilakukan dengan segera. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pare dengan rutin. (baca juga: Manfaat Daun Kelor)

10. Membantu Pemulihan Radang Usus

Radang usus adalah gangguan pencernaan yang ditunjukkan dengan rasa nyeri dan melilit cukup parah dirasakan di bagian perut. Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri yang ada dalam makanan yang tidak bersih anda konsumsi. Penanggulangannya dengan mengonsumsi sir rebusan dari daun sirih minimal satu kali sehari.

11. Mengobati Abses

Abses atau pembengkakan yang disertai dengan keluarnya nanah adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi akibat bakteri. Kamu dapat mengobati luka-luka sejenis abses ini dengan memanfaatkan tumbukan daun pare. Oleskan hasil tumbukan daun pare tersebut pada luka anda beberapa kali hingga kering.

12. Membantu Pengobatan Penyakit Kulit

Penyakit kulit sangat banyak jenisnya, mulai dari panu, kudis, dan alergi semua dapat diselesaikan dengan menggunakan tumbukan daun pare. Hal ini dapat anda lakukan secaa rutin hingga penyakit kulit tersebut sembuh dan tidak datang kembali. (baca juga: Manfaat Daun Meniran)

13. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka ini adalah salah satu penyakit yang seringkali dapat mengganggu penampilan seseorang secara keseluruhan. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bekas-bekas luka pada tubuh manusia. Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan ramuan daun pare dan mengoleskannya pada bekas luka secara rutin.

14. Meningkatkan Kesuburan Rahim

Konsumsi daun pare secara rutin diketahui mampu meningkatkan kesuburan rahim. Hal ini disebabkan oleh kandungan daun pare yang sangat ampuh untuk memaksimalkan fungsi rahim. Oleh karena itu, konsumsilah daun pare secara rutin setiap harinya. (baca juga: Manfaat Kacang Panjang)

Artikel lainnya:

Juga selain itu ada beberapa manfaat lainnya dalam menyembuhkan beberapa penyakit sebagai berikut:

  1. Membantu Pengobatan Sifilis, sifilis adalah satu lagi jenis penyakit seksual yang dapat ditanggulangi menggunakan manfaat dari daun pare. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun pare secara rutin untuk mengurangi keparahan sifilis. (baca juga: Manfaat Oyong untuk Kesehatan Tubuh)
  2. Menjaga Kesehatan Mata, kandungan dalam daun pare diketahui juga mampu menjaga kesehatan mata anda. Oleh karena itu, minumlah air rebusan daun pare secara rutin untuk mencegah gangguan mata dan menjaganya tetap sehat.
  3. Membantu Mengobati Batuk, berbagai jenis batuk dapat menyerang anda dan mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Mengobati batuk dengan konsumsi dari daun pare diketahui sangat ampuh dalam meredakan hingga benar-benar menghilangkan batuk itu sendiri. (baca juga: Manfaat Sawi)
  4. Membantu Pengobatan Wasir, wasir atau ambeien merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat saat ini. Penanggulangan dari penyakit ini dapat dibantu dengan manfaat dari daun pare yaitu melancarkan pencernaan dan mengobati luka akibat ambeien.
  5. Membantu ASI menjadi Lancar, bagi ibu yang baru melahirkan an sedang menyusui bayinya tentu konsumsi daun pare sangat dianjurkan. Hal ini dilakukan untuk menambahkan produksi air susu dan membuatnya lebih lancar keluar.
  6. Membantu Pengobatan Sakit Tenggorokan, sakit tenggorokan seperti radang pun diketahui dapat diselesaikan dengan mengonsumsi air rebusan dari daun pare. Sakit tenggorokan akan dapat dilegakan dengan bantuan kandungan daun pare yang sangat baik untuk kesehatan.
  7. Meningkatkan Kesuburan Rambut, banyak orang mengalami permasalahan dengan rambut rontok. Ternyata permasalahan rambut rontok ini dapat diselesaikan dengan memanfaatkan daun pare. Olahlah daun pare menjadi masker rambut dan gunakan secara rutin. (baca juga: Manfaat Buncis)
  8. Mencegah Kemandulan pada Wanita, kemandulan pada wanita ternyata dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun pare. Konsumsilah daun pare untuk menjaga rahim anda tetap sehat dan dapat aktif dalam sistem reproduksi. 
  9. Membantu Pengobatan Demam Nifas, demam nifas merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang dapat diselesaikan dengan mengonsumsi daun pare. Konsumsilah daun pare ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  10. Mengobati Rabun Senja, mengoleskan tumbukan daun pare pada bagian luar dan sekitar mata diketahui mampu meningkatkan kesehatan mata seseorang. Hal ini juga diketahui sekaligus dapat mencegah serta mengobati rabun senja yang sering diderita seseorang.
  11. Mencegah Penuaan Dini, penuaan dini akibat dari regenerasi kulit yang tidak maksimal dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi daun pare secara rutin. Kandungan dalam daun pare diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. (baca juga: Manfaat Daun Pepaya Untuk Diabetes)
  12. Membantu Menghilangkan Ketombe, ketombe merupakan permasalahan rambut yang paling umum dialami oleh masyarakat. Pengolahan daun pare menjadi masker rambut diketahui mampu membantu menghilangkan ketombe yang menjadi masalah tersebut.
  13. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah, kadar gula dalam darah yang tinggi merupakan penyebab penyakit diabetes menyerang. Slaah satu cara untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap normal adalah dengan mengonsumsi daun pare secara rutin.
  14. Mengobati Penyakit Campak, campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan harus ditanggulangi dengan cepat. Jika tidak, maka kondisi dapat semakin parah dan tidak dapat ditanggulangi kemudian. Pengobatan tradisional campak dapat dilakukan dengan mengonsumsi daun pare.
  15. Meningkatkan Tingkat Harapan Hidup, daun pare diketahui memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan tingkat harapan hidup. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan seluruh bagian tubuh untuk tetap bekerja normal dan awet muda.
  16. Membantu Regenerasi Kulit Mati, manfaat dari daun pare selanjutnya dapat diketahui melalui kondisi kulit yang semakin membaik dengan konsumsi rutinnya. Salah satunya adalah bagaimana kulit mati dapat lebih cepat regenerasi dan kulit kembali cerah alami. (baca juga: Manfaat Kangkung)

Juga setelah dijelaskan beberapa macam manfaat yang baik pada daun pare ini untuk kesehatan tubuh, dan bisa menredahkan beberapa penyakit lainnya, ternyata masih ada beberapa manfaat lainnya. Selain ketiga puluh manfaat daun pare di atas, berikut ini 3 manfaat lain daun pare yang perlu untuk anda ketahui:

  • Menjaga Kesehatan Rambut.
  • Mencegah Penyebaran Sel Kanker.
  • Mencegah Kecacatan pada Bayi Baru Lahir.

Demikianlah informasi mengenai banyak bentuk manfaat dari daun pare untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.