5 Manfaat Air Jahe Untuk Burung Kenari

Air jahe untuk kenari merupakan informasi yang paling dibutuhkan oleh para pecinta burung ocehan seperti burung kenari tentunya. Burung kenari memang merupakan salah satu jenis burung ocehan yang jika tumbuh dengat sehat dapat menghasilkan ocehan yang menyenangkan setiap paginya. Sayangnya, burung kenari pun dapat berkurang semangatnya dalam mengoceh. Ocehan burung kenari yang berkurang dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari faktor cuaca, faktor kesehatan, dan lain sebagainya.

Kenari yang tidak mengoceh dengan nyaring ini, tentu akan membuat anda pecinta burung menjadi khawatir. Anda ingin melakukan berbagai cara agar burung kenari anda dapat kembali sehat dan mengoceh dengan merdu kembali. Salah satu cara untuk mendapatkannya kembali adalah dengan menggunakan air jahe untuk kenari. Sebenarnya ada banyak manfaat dari air jahe untuk kenari. Anda tentu penasaran apa saja manfaat dari air jahe tersebut untuk burung kenari bukan? Jika iya, maka simaklah penjelasannya berikut ini.

Air Jahe Untuk Kegunaan Kenari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air jahe ternyata memiliki banyak manfaat untuk burunng kenari peliharaan anda. Berikut ini sedikitnya 5 manfaat dari jahe tersebut untuk burung kenari. Simaklah beberapa manfaatnya berikut ini dan kemudian cobakanlah pada burung kenari milik anda:

  1. Air Jahe Bermanfaat untuk Dibuat Menjadi Ramuan Penguat Kenari

Jahe ternyata dapat dimanfaatkan air rebusannya untuk menjadi suplemen penguat kenari. Hal ini berkaitan dengan kandungan dalam jahe yang diketahui juga baik untuk manusia. Manfaat air jahe ini dapat anda rasakan dengan sebelumnya memanfaatkan jahe-jahe ini menjadi suatu ramuan. Ramuan ini tidak sulit untuk dibuat. Cukup mudah malah untuk dibuat sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah jahe untuk dapat mengolahnya menjadi obat dan suplemen penguat dari burung kenari anda. Seperti diketahui, burung kenari akan mudah lemas ketika hari sedang hujan. Hal ini kemungkinan besar berkaitan dengan suhu yang menjadi dingin. Oleh karena itu, jahe dapat digunakan untuk menjaga suhu tetap hangat.

Artikel lainnya:

  1. Air Jahe Bermanfaat untuk Dibuat Menjadi Ramuan Kesehatan Kenari

Cuaca yang hujan dan suhu luar ruangan yang turun hingga menjadi sangat dingin, merupakan faktor utama burung-burung kenari menjadi terganggu kesehatannya. Kesehatan burung kenari yang terganggu dapat berdampak pada berkurangnya intensitas dari kicauannya. Burung kenari yang tidak berkicau tentu akan sangat mengkhawatirkan anda sebagai pemiliknya.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin anda harus dapat mengembalikan kesehatan burung kenari anda kembali. Salah satu cara untuk mengembalikan kesehatan burung kenari anda adalah dengan memanfaatkan khasiat dari jahe. Jahe yang diolah dengan direbus, dipercaya air rebusannya dapat diberikan pada kenari untuk mengembalikan  kesehatan tubuhnya. Oleh sebab itu, berikanlah air jahe secara rutin, agar burung kenari peliharaan anda kembali bugar dan berkica riang kembali.

  1. Air Jahe dapat Digunakan untuk Menjadi Pakan Ulat

Air jahe serta beberapa potong jahe itu sendiri dapat dimanfaatkan menjadi campuran pakat ulat. Apakah hubungannya pakan  ulat dengan burung kenari peliharaan anda? Seperti diketahui, makanan favorit dari burung kenari adalah ulat. Ulat yang segar tentu menjadi santapan yang paling dinikmati oleh burung kenari peliharaan anda. Itulah sebabnya, mengapa anda juga perlu memperhatikan kualitas dari ulat yang anda berikan untuk dikonsumsi oleh burung kenari milik anda.

Pastikan bahwa burung kenari peliharaan anda mengonsumsi ulat yang segar dan cukup konsumsi pakannya. Bahkan, anda pun dapat menyiapkan sendiri ulat-ulat tersebut beserta dengan pakannya. Pakan ulat yang baik adalah yang dicampurkan dengan jahe dan diolah juga dengan air jahe. Kualitas dari pakan ini dipercaya mampu membuat kenari anda menjadi lebih nafsu makan.

  1. Air Jahe dapat Digunakan untuk Campuran Pakan Kenari

Jika anda tidak memberikan ulat sebagai pakan untuk kenari anda, maka anda dapat memberikan campuran air jahe dan jahe kepada pakan kenari tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jahe memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan dalam menjaga kesehatan dari burung kenari peliharaan anda. Burung kenari yang mengonsumsi pakan yang telah diolah dengan campuran jahe atapun air jahe, diketahui mampu memiliki stanima berkicau yang lebih tinggi dan lebih memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada burung kenari yang tidak diberi pakan dari bahan jahe. Itulah mengapa, saat ini para pecinta kenari terus mencari tahu berbagai ramuan dari jahe yang dapat diolah untuk mencukupi kebutuhan suplemen dari burung kenari kesayangannya.

  1. Air Jahe dapat Digunakan untuk Asupan Pelengkap Kenari

Jika anda tidak memberikan jahe sebagai campuran pakan, maka ada cara lain yang dapat anda gunakan untuk merasakan manfaat air jahe untuk kenari peliharaan anda. Cara tersebut adalah dengan membuat air jahe secara rutin dan menempatkannya di dalam sangkarnya, seperti air minum dari burung kenari anda. Air jahe ini walau digunakan sebagai air minum, ternyata manfaatnya lebih dari itu.

Konsumsi air jahe secara rutin oleh burung kenari dapat menjadi suplemen untuk semakin membuat burung kenari kuat dan berkualitas kicauannya. Burung-burung kenari yang mengonsumsi air jahe sebagai asupan pelengkap ini pun diketahui memiliki kicauan yang lebih nyaring. Itulah sebabnya, anda sangat disarankan untuk dapat menyiapkan asupan pelengkap ini. Hasil dari asupan pelengkap ini pun akan anda nikmati tanpa butuh waktu yang lama, anda akan sering mendengar kicauan riang dari burung peliharaan anda setiap paginya.

Cara Pembuatan Air Jahe agar Bermanfaat untuk Kenari

Berikut tadi beberapa manfaat dari air jahe untuk kenari peliharaan anda. Untuk memudahkan informasi anda menjadi lebih lengkap, maka pada bagian selanjutnya akan dijelaskan cara pembuatan beberapa ramuan untuk memberikan kekuatan tubuh dari burung kenari anda. Simak dan pelajari langkah-langkahnya pada bagian setelah ini. Setelah mengetahui berbagai kandungan air jahe untuk kenari, tentu anda ingin mencobanya sendiri demi memiliki burung kenari yang terus berkicau dengan riang setiap harinya. Anda dapat mencoba membuat ramuan air jahe ini sendiri. Berikut ini beberapa cara pembuatan ramuan air jahe untuk dapat merasakan manfaat air jahe untuk kenari peliharaan anda:

  • Cara Pembuatan Pertama (#1)

Cara pembuatan pertama dari ramuan air jahe yang sangat bermanfaat ini, dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan, antara lain adalah:

  • Jahe ukuran besar, sebanyak 1 ruas.
  • Kunyit ukuran sedang, sebanyak 3 ruas.
  • Madu, sebanyak 4 sendok teh.
  • Kapsul minyak ikan, sebanyak 10 biji.
  • Pakan Kenari, sebanyak 1 kilogram.
  • Kuning telur ayam kampung, sebanyak 2 buah.
  • Natur-E, sebanyak 2 butir.

Untuk memulai proses pembuatan, tentunya anda harus mengupas jahe dan kunyit kemudian mencucinya hingga bersih. Setelah bersih, anda harus menghaluskan jahe dan kunyit dengan menggunakan blender. Setelah selesai diblender, anda kemudian dapat memindahkan hasil blender ke dalam suatu wadah. Campurkanlah seluruh kapsul minyak ikan yang telah anda siapkan ke dalamnya. Setelah tercampur dengan merata, anda dapat memindahkannya ke dalam wadah yang lebih kecil.

Di dalam wadah kecil tersebut, masukkanlah kuning telur dan juga madu asli yang telah disiapkan. Aduk kembali hingga merata dan campurkan beberapa gelas air putih untuk membuat campuran lebih mudah untuk diaduk. Kemudian anda pun harus mencampurkan pakan kenari yang berupa biji-bijian ke dalamnya. Pakan kemudian akan teraduk dengan merata dan menempel pada ramuan tersebut. Jemurlah pakan dan campuran ramuan ini hingga kering. Setelah kering, masukkanlah dalam wadah yang dapat ditutup dengan rapat. Anda pun telah memiliki ramuan pakan dari air jahe yang dapat anda berikan setiap saat pada burung kenari peliharaan anda.

  • Cara Pembuatan Kedua (#2)

Pertama, anda dapat memulai cara pembuatan yang kedua ini dengan mengupas dan mencuci jahe yang telah anda siapkan hingga bersih. Setelah bersih, bakarlah jahe tersebuh hingga cukup kering dan matang. Setelah dibakar, anda kemudian dapat menumbuk jahe hingga halus. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan sari dari jahe untuk kemudian dapat digunakan khasiatnya. Ada kemudian dapat menggunakan panci yang telah anda siapkan. Masukan air secukupnya dalam panci tersebut.

Cara kedua untuk membuat ramuan air jahe dapat anda lakukan sebagai alternatif dari cara ramuan pertama, yang telah dijelaskan sebelumnya. Cara ini tergolong lebih sederhana dari cara pertama sebelumnya. Namun, seperti sebelumnya anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan dan alat-alat tersebut antara lain adalah seperti dalam daftar berikut ini:

  • Jahe, sebanyak 1 hingga 3 ruas.
  • Air, secukupnya.
  • Gula merah, sebanyak 1 buah.
  • Jeruk nipis, sebanyak 1 hingga 2 buah.
  • Panci.
  • Kompor.
  • Saringan halus.
  • Wadah kecil.

Rebuslah air dalam panci hingga mendidih. Lalu setelah mendidih, anda dapat memasukkan sejumlah jahe ke dalam air tersebut. Tunggulah hingga kemudian mendidih kembali. Campurkanlah gula merah ke dalamnya untuk menambahkan cita rasa dari ramuan jahe untuk kenari peliharaan anda. Selain gula merah, anda dapat menggantinya dengan jeruk nipis. Aduklah campuran itu hingga merata, lalu matikanlah api dari kompor. Tunggulah hingga beberapa saat kemudia, sebelum air rebusan jahe diangkat. Sambil memindahkan wadahnya, anda dapat sekaligus menyaring air dari ampas rebusan jahe. Setelah tersaring seluruhnya, simpanlah air jahe tersebut untuk kemudian sewaktu-waktu diberikan pada burung kenari peliharaan anda.

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat air jahe untuk kenari serta cara pembuatannya semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan dari burung-burung kenari koleksi anda. Semoga dapat beruntung dan mencoba dengan mudah, dan kenari-kenari anda tidak mudah terserang penyakit lagi selanjutnya.