15 Manfaat Es Batu Bagi Kesehatan Tubuh dan Wajah

Manfaat es batu untuk kesehatan mungkin tidak terlalu banyak diketahui dalam masyarakat. Padahal es batu yang sering dijadikan campuran berbagai jenis minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Es batu khususnya banyak digunakan khasiatnya untuk kebutuhan perawatan kesehatan kulit tubuh dan wajah. Hal ini disebabkan suhu dari es batu memang sangat ideal untuk merawat kulit. Selain itu, es batu pun banyak digunakan untuk keperluan pengobatan dan penjagaan dari berbagai jenis penyakit.

Tentu anda penasaran apa saja manfaat es batu untuk kesehatan yang dapat anda nikmati. Oleh karena itu, berikut ini beberapa informasi mengenai manfaat es batu yang berhasil dihimpun untuk disajikan bagi anda. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Es batu ternyata merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam terapi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan seseorang. Terapi dilakukan dengan menggunakan es batu untuk mengompres bagian perut yang sering terasa perih dan menusuk. Selain itu, bagi penderita ambeien es batu dapat digunakan untuk menyembuhkannya dengan kompres yang dilakukan. Masih banyak lagi khasiat es batu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. (baca juga: Manfaat Minum Air Es Bagi Kesehatan)

  1. Menyegarkan Mata yang Kelelahan

Mata yang kelelahan merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat masa kini. Keadaan mata yang kelelahan ini dapat diperoleh dengan menggunakan es batu. Kompreskanlah es batu pada mata anda dengan rutin untuk mendapatkan mata yang segar kembali.

  1. Mengatasi Kram saat Menstruasi

Selanjutnya, es batu pun diketahui sangat bermanfaat dalam mengatasi kram yang sering terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Kram yang terjadi ini umum dirasakan dan dapat dikurangi efek sakitnya dengan melakukan kompres menggunakan es batu. Anda hanya perlu meletakkan es batu di beberapa bagian tubuh anda, khususnya di punggung. Maka anda pun dapat mendapatkan tubuh yang lebih sehat saat menstruasi. (baca juga: Manfaat Terapi Es Batu)

  1. Melembutkan Bibir yang Kering

Bibir yang kering merupakan sumber masalah yang harus segera diselesaikan. Salah satu cara penyelesaiannya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari es batu. Oleskanlah es batu secara rutin pada permukaan bibir sehingga bibir anda kembali sehat dan lembut.

Artikel Terkait:

  1. Mengobati Gangguan Insomnia

Manfaat es batu bagi kesehatan tubuh manusia lainnya adalah dalam mengobati gangguan insomnia. Seperti diketahui, insomnia merupakan keadaan susah tidur yang terjadi akibat tekanan stress atau faktor lainnya. Keadaan ini dapat diatasi dengan melakukan kompres es batu pada bagian leher. Leher yang telah dikompres akan merangsang tidur menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Es batu juga dipercaya dapat memaksimalkan peredaran darah di wajah. Peredaran darah yang lancar di wajah ini dapat mencegah penuaan dini secara maksimal. Itulah mengapa seseorang yang menggunakan es batu untuk mengompres wajah secara rutin dipercaya lebih awet muda daripada yang tidak. (baca juga: Manfaat Rendam Kaki dengan Air Dingin)

  1. Mengatasi Nyeri pada Bagian Tubuh

Es batu pun diketahui memiliki manfaat untuk mengobati nyeri yang sering menyakiti tubuh manusia. Nyeri ini biasa dirasakan setelah melakukan kerja yang memforsir tenaga dan otot dalam satu jangka waktu. Nyeri dapat diatasi dengan melakukan kompres es batu atau terapi es batu. Letakkan es batu pada bagian tubuh anda yang terasa nyeri, diamkan beberapa saat, dan rasakanlah tubuh yang kembali sehat.

  1. Mengangkat Minyak dari Kulit Wajah

Kulit yang berminyak sangatlah tidak baik untuk wajah. Kondisi kulit yang berminyak merupakan tempat perkembangan jerawat yang sangat subur. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk seseorang dapat membersihkan wajahnya dengan memanfaatkan es batu. Es batu dipercaya mampu mengikat minyak dan membersihkannya secara tuntas dari kulit wajah anda. (baca juga: Manfaat Jamu)

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat adalah jantung yang tidak memiliki masalah dalam proses peredaran darah. Kesehatan jantung ini dapat dijaga dengan memanfaatkan es batu dalam melakukan terapi di titik-titik peredaran darah. Anda hanya perlu menempatkannya di titik-titik tersebut untuk membantu darah mengalir dengan lebih lancar. Hal ini kemudian diketahui merupakan salah satu manfaat es batu bagi kesehatan jantung manusia. (baca juga: Manfaat Jeruk Nipis)

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Selain itu, es batu juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Upaya ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan es batu sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan memunculkan sel kulit baru yang cerah dan fresh ke permukaan. Oleh karena itu, anda perlu menggunakan es batu sebagai alat cuci wajah anda. (baca juga: Manfaat Mencuci Muka Dengan Air Dingin)

  1. Mengurangi Suhu Demam

Demam merupakan penyakit yang dapat menyerang siapapun di usia berapapun. Keadaan dalam penyakit demam ini sangat membahayakan dan harus diatasi dengan cepat tanggap. Salah satu pertolongan pertama pada seseorang yang demam adalah dengan memanfaatkan es batu. Anda dapat melakukannya dengan mengompres bagian dahi hingga berkali-kali dan didapatkan suhu tubuh telah turun menjadi normal. (baca juga: Manfaat Cuka Dapur)

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat es batu bagi kesehatan selanjutnya ditunjukkan dari perannya dalam menghilangkan bekas jerawat. Jerawat yang pecah sering meninggalkan bekas yang membuat kulit wajah muncul noda hitam. Keberadaan noda hitam ini akan sangat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, perlu untuk dilakukan penanganan agar bekas jerawat dapat hilang. Gunakanlah es batu untuk mengompres kulit wajah dan menghilangkan bekas jerawat tersebut. (baca juga: Manfaat Air Putih)

  1. Menjaga Suasana Hati tetap Tenang

Es batu diketahui juga dapat menjaga suasan hati tetap tenang di saat kondisi sedang tidak karuan. Anda dapat menggunakan terapi es batu untuk mengontrol kondisi emosi anda. Peganglah es batu pada genggaman anda dan rasakan dinginnya menenangkan bagian-bagian tubuh anda bahkan hingga ke hati anda. Hal ini diketahui sangat bermanfaat dan membantu pengendalian diri seseorang. (baca juga: Manfaat Totok Wajah)

Artikel Terkait:

  1. Mengecilkan Pori-pori Kulit

Selain itu, es batu ternyata juga diketahui bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit. Kulit yang pori-porinya besar biasanya akan membuat penampilan wajah terganggu karena tingginya resiko muncul jerawat. Pori-pori yang besar sering menjadi sarang minyak serta kotoran menumpuk. Kemudian, kulit wajah pun akan kembali dipenuhi dengan jerawat-jerawat yang menghilangkan kecantikan wajah anda. (baca juga: Manfaat Tepung Beras)

  1. Mengobati Jerawat

Es batu ternyata juga sangat ampuh dalam mengobati jerawat yang sering menyerang kulit wajah anda yang kotor. Oleh karena itu, lakukanlah pembersihan wajah dengan menggunakan air dari es batu untuk dapat memaksimalkan sisa kotoran di wajah anda. Anda juga dapat menggunakan es batu untuk memijat wajah anda yang berjerawat, agar lebih cepat kempes dan mati.

Berikut tadi 15 manfaat es batu untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan dapatkan kembali tubuh anda yang sehat tanpa ancaman penyakit. Selamat mencoba!