36 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Daun ubi jalar untuk kesehatan tubuh ternyata sangat banyak dan beragam jenisnya. Ubi jalar yang sering dianggap hanya bahan olahan makanan biasa, ternyata daunnya dapat mendatangkan banyak manfaat jika dikonsumsi dengan tepat. Ubi jalar yang dikenal dengan nama latin (Ipomoea batatas L.). umbi-umbian yang satu ini kebanyakan digunakan oleh masyarakat sebagai asupan makanan pengganti kebutuhan karbohidrat. Padahal selain untuk mengatasi rasa lapar, ternyata ada banyak berbagai manfaat lain dari daun ubi jalar yang sering dibiarkan dan diabaikan manfaatnya.

Daun ubi jalar di beberapa kalangan memang ada yang diolah menjadi sayuran. Namun, lagi-lagi daun ubi jalar ini dikonsumsi tanpa mengetahui apa saja manfaat yang dapat dimiliki dari konsumsi daun ubi jalar ini. Manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan ini sangat berkaitan erat dengan kandungan senyawa di dalamnya. Oleh karena itu, sebelum membicarakan berbagai manfaat dari daun ubi jalar ada baiknya kita mengetahui dahulu apa saja kandungan dalam senyawa daun ubi jalar ini. Simak penjelasannya berikut ini.

Kandungan Senyawa dari Daun Ubi Jalar

Daun ubi jalar memiliki kandungan yang sangat kaya, mulai dari kandungan zat mineral, vitamin, bahkan hingga protein dapat anda nikmati dari konsumsi daun ubi jalar. Apa sajakah kandungan senyawa dari daun ubi jalar tersebut? Berikut ini beberapa kandungan yang perlu anda ketahui dari daun ubi jalar.

  • Kalsium.
  • Zat Besi.
  • Karoten.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Vitamin K.
  • Vitamin B.
  • Betakaroten.
  • Protein.

Itulah tadi beberapa kandungan senyawa dari daun ubi jalar yang diketahui mempengaruhi banyaknya manfaat dari daun ubi jalar. Setelah mengetahui mengenai berbagai kandungan ini, maka berikut ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan tubuh anda.

  1. Mengatasi Bengkak dan Memar

Manfaat pertama dari ubi jalar adalah kaitannya dengan bengkak dan memar. Jika anda mengalami bengkak dan memar akibat pukulan atau hal lainnya, maka olahlah daun ubi jalar ini sebagai bawah kompres dari bengkak dan memar tersebut. Anda hanya perlu menghaluskan beberapa helai daun ubi jalar, kemudian tempelkan pada bagian yang memar, dan ikatlah hingga mengering. (baca juga: Manfaat Daun Singkong Karet)

  1. Mengobati Peradangan (Inflamasi)

Peradangan atau inflamasi dalam tubuh seseorang seringkali terjadi. Hal ini ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Daun ubi jalar diketahui memiliki kandungan vitamin dan protein yang baik untuk mengembalikan kesehatan tubuh dengan mengatasi berbagai peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Bisul

Selanjutnya, manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan pun dapat ditunjukkan dengan mengatasi bisul. Bisul merupakan benjolan berwarna merah pada kulit yang berisi nanah. Tentu sangat sakit rasanya, itulah sebabnya bisul harus segera diatasi. Cara mengatasinya adalah dengan memanaskan sehelai daun ubi jalar kemudian tempelkan daun tersebut pada bisul anda. Walau terasa cukup sakit, tapi daun ubi jalar ini akan cepat mengeringkan bisul anda. (baca juga: Manfaat Buah Cecendet)

  1. Mengobati Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit berbahaya yang dapat mematikan jika tidak ditangani dengan sigap. Penyakit ini menyebabkan tubuh memiliki trombosit yang terus menurun dan hanya bisa diselamatkan jika trombosit telah kembali normal. Oleh sebab itu, pasien DBD disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun ubi jalar untuk kembali menyelamatkannya dari DBD.

  1. Meredakan Demam

Manfaat lain dari daun ubi jalar adalah kandungannya yang mamp meredakan demam. Daun ubi jalar jika direbus dan airnya dikonsumsi oleh penderita demam, maka seseorang dapat lebih sehat dan demam pun dapat segera reda. Oleh sebab itu, atasilah demam anda dan keluarga anda dengan menggunakan obat alami yaitu daun ubi jalar.

Artikel Terkait:

  1. Mencegah Mabuk saat Perjalanan

Ternyata dengan mengonsumsi daun ubi jalar dengan dikunyah selama perjalanan sangat baik untuk mencegah mabuk terjadi. Seperti diketahui, banyak orang sulit sekali melakukan perjalanan darat akibat dari rasa mual dan muntah yang mengganggu. Ternyata, daun ubi jaar yang dikonsumsi selama perjalanan dapat meredakan gangguan ini. (baca juga: Manfaat Ubi Jalar untuk Diet)

  1. Mengobati Mual dan Muntah

Manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan selanjutnya, berkaitan dengan masalah pencernaan yaitu mual dan muntah. Mual dan muntah seringkali mengganggu anda yang memiliki lambung yang tidak sehat. Ternyata ada cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengobati mual dan muntah yang sering anda rasakan. Cara tersebut adalah dengan mengonsumsi daun ubi jalar.

  1. Mengatasi Kerabunan

Mata rabun merupakan keadaan yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan penglihatan mata. Keadaan rabun ini dapat diatasi dan diperbaiki dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Caranya adalah dengan mengolah daun ubi jalar dengan ai hangat serta madu dan konsumsilah airnya. Demikianlah mata anda dapat lebih teratasi keadaan rabunya.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Daun ubi jalar diketahui memiliki kandungan karoten yang baik untuk mata. Karoten ini sangat dibutuhkan untuk menjaga mata tetap sehat. Itulah mengapa jika anda ingin memiliki mata yang sehat, maka salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daun ubi jalar ini. Sehingga asupan karotennya dapat membantu kerja mata dengan maksimal.

  1. Mengobati Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek merupakan salah satu masalah yang sering dialami setiap manusia di segala usia. Ternyata permasalahan batuk dan pilek ini dapat anda atasi dengan memanfaatkan kandungan vitamin dalam daun ubi jalar. Oleh karena itu, jika anda sedang mengalami masalah batuk dan pilek maka konsumsilah ubi jalar untuk mengobatinya.

  1. Mengobati Radang Tenggorokan

Selain batuk dan pilek, manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan lainnya adalah dalam hal mengobati radang tenggorokan. Radang disebabkan oleh ifeksi bakteri yang menyerang tenggorokan. Keadaan ini sangat membahayakan dan menganggu anda untuk makan. Itulah sebabnya anda disarankan mengonsumsi air hangat dari rebusan daun ubi jalar untuk mengobatinya.

  1. Mengatasi Cacingan pada Anak

Cacingan pada anak akan menyebabkan masalah kesehatan lain datang menyerang. Itulah sebabnya, anak-anak yang menunjukkan gejala cacingan harus ditangani secepatnya. Salah satu cara menanganinya adalah dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Sama seperti sebelumnya, anda dapat merebus daun ubi jalar, ambil air rebusannya, dan konsumsilah dengan rutin.

  1. Menambah Berat Badan Anak

Anak-anak sering kali mengalami masalah pencernaan yang menyebabkan tubuhnya kurus kering. Anda dapat meningkatkan berat badan anak anda dengan memberikan asupan dari nutrisi daun ubi jalar untuk meningkatkan nafsu makannya. Kandungan dari daun ubi jalar dapat anda nikmati dengan mengonsumsi air rebusannya secara terus menerus.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Nafsu makan anak-anak yang rendah memang sangat sering menyebabkannya anak jadi malas untuk makan. Hal ini jika dibiarkan akan menyebabkan kekebalan tubuh anak menjadi menurun. Itulah mengapa penting untuk meningkatkan nafsu makan anak. Nafsu makan anak anda dapat ditingkatkan dengan memberikannya suplemen berupa air rebusan daun ubi jalar.

  1. Mengobati Sembelit

Sembelit merupakan gangguan sistem pencernaan berupa sulitnya buang air besar (BAB). Kesulitan BAB ini akan menyebabkan kondisi kesehatan perut menjadi tidak karuan. Itulah mengapa penting untuk memiliki sistem pencernaan yang lancar dan sehat. Anda dapat memiliki sistem pencernaan yang lancar dengan mengonsumsi air rebusan daun ubi jalar dengan rutin.

  1. Mengatasi Wasir

Wasir adalah satu lagi gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan menggunakan manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan. Daun ubi jalar diketahui memiliki kandungan yang dapat mengatasi wasir denga efektif. Sehingga seseorang tidak perlu lagi menderita akibat wasir yang membuatnya sakit saat buang air besar (BAB).

  1. Mencegah Ambeien

Manfaat dari daun ubi jalar selanjutnya masih berkaitan dengan sistem pencernaan. Ambeien merupakan keadaan di mana seseorang buang air besar (BAB) sangat sakit, bahkan hingga tidak bisa duduk sehari-harinya. Keadaan ini ternyata dapat dicegah jika anda mengonsumsi air rebusan daun ubi jalar sebagai pelumas dalam sistem pencernaan anda.

Artikel Terkait:

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Secara keseluruhan memang sistem pencernaan yang baik dapat anda miliki dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Daun ubi jalar memang memiliki kandungan yang baik untuk mengurangi dan memudahkan kerja dari organ-organ pada sistem pencernaan. Oleh sebab itu, anda pun dapat memanfaatkan daun ubi jalar yang direbus dan dikonsumsi airnya untuk pencernaan yang lebih baik.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes Menyerang

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain atau komplikasi. Penyakit ini dapat dicegah dengan pengendalian gula dalam darah yang baik. Anda dapat mengonsumsi air rebusan dari daun ubi jalar sebagai salah satu cara mencegah diabetes atau dengan mengonsumsi daun ubi jalar sebagai lalapan atau sayuran.

  1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Bagi anda penderita diabetes, khilaf yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dapat atasi dengan mudah menggunakan daun ubi jalar. Daun ubi jalar dapat anda gunakan seperti obat diabetes anda. Saat anda merasa kadar gula dalam darah anda sedang meningkat, maka konsumsilah daun ubi jalar ini atau minumlah air rebusannya.

  1. Menaikan Trombosit pada Ibu Hamil

Ibu hamil seringkali mengalami gangguan trombosit yang menurun. Keadaan ini dapat membahayakan kesehatan ibu serta janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu, seorang ibu hamil dapat memanfaatkan daun ubi jalar untuk meningkatkan kembali trombositnya. Anda dapat mengolah daun ubi jalar sebagai sayur atau mengonsumsi air rebus daun ubi jalar dengan rutin.

  1. Mengobati Cacar Air

Cacar air merupakan satu lagi jenis penyakit yang dapat diatasi dengan manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan. Anda dapat memanfaatkan daun ubi jalar untuk menaikkan trombosit dari penderita cacar air yang sering kali menurun secara drastis. Anda diharuskan untuk meminum air rebusan dari daun ubi jalar untuk dapat merasakan manfaatnya. (baca juga: Manfaat Buah Alkesa)

  1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan satu lagi permasalahan yang paling ditakuti dapat menyerang kesehatan manusia. Kanker dapat terjadi akibat radikal bebas yang sering mengancam akibat asupan makanan yang tidak sehat yang membuat radikal sehat semakin besar penyebarannya dalam tubuh. Itulah mengapa anda diharapkan dapat mengonsumsi daun ubi jalar untuk menangkal radikal bebas terjadi.

  1. Mengobati Peradangan Lambung

Radang lambung adalah masalah pencernaan lain yang dapat diatasi dengan menggunakan kandungan dalam daun ubi jalar. Manfaat dari daun ubi jalar ini diketahui mampu mengobati peradangan yang terjadi pada lambung anda. Itulah sebabnya mengonsumsir air rebusan daun ubi jalar dengan rutin sangat disarankan untuk anda menjaga kesehatan lambung.

  1. Mengatasi Penyakit Arthritis

Manfaat dari daun ubi jalar lainnya adalah berkaitan dengan penyakit arthritis. Penyakit arthritis adalah penyakit yang ditunjukkan dengan pembengkakan sendi. Keadaan ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan gerak pada seseorang. Oleh sebab itu, anda diharapkan bisa mengatasinya dengan cara alami yaitu mengonsumsi daun ubi jalar seperti sayuran rebus. (baca juga: Manfaat Ketela Pohon bagi Kesehatan Tubuh dan Pengobatan)

  1. Mencegah Gangguan Sendi dan Otot

Gangguan sendi dan otot pun dapat anda cegah jika anda mengonsumsi daun ubi jalar ini. Daun ubi jalar memiliki kandungan mineral yang baik untuk sendi dan otot anda. Jadi jika anda ingin tubuh anda sehat dan tidak ada masalah pada sendi dan ototnya, maka anda harus mengonsumsi daun ubi jalar sebagai sayuran anda secara rutin.

  1. Mengobati Asam Urat

Asam urat adalah gangguan sendi berupa nyeri dan ngilu yang sering menyerang manusia. Gangguan ini bahkan dapat menimbulkan pembengkakan dan peradangan yang berbahaya untuk anda. Ternyata daun ubi jalar dapat menyembuhkan perrmasalahan asam urat ini. Hanya saja daun ubi jalar harus diolah menjadi sebuah ramuan terlebih dahulu dengan campuran cengkeh, jahe, merica, dsb.

  1. Menjadi Obat untuk Penyakit Bonkitis

Penyakit bronkhitis merupakan satu lagi jenis penyakit yang dapat anda obati dengan menggunakan manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan. Hal ini disebabkan oleh daun ubi jalar yang mampu mengatasi berbagai jenis peradangan dan bronkitis disebabkan oleh peradangan. Oleh karena itu, selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, penderita bronkitis pun dapat mengonsumsi air rebusan daun ubi jalar agar penyembuhan menjadi lebih efektif. (baca juga: Manfaat Kentang)

  1. Mengobati Kanker

Kanker dapat diobati jika anda mengatasi radikal bebas dalam tubuh dengan maksimal. Walau tidak sepenuhnya sembuh, paling tidak sel kanker dapat dijinakan dengan menggunakan ramuan alami dari daun ubi jalar ini. Oleh sebab itu, konsumsilah daun ubi jalar secara rutin untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat dapat anda miliki dengan memanfaatkan kandungan daun ubi jalar berupa potassium dan vitamin B6. Berbagai kandungan dalam daun ubi jalar ini mampu mencegah jantung menjadi sakit akibat kerja yang terlalu berat.

Selain ketiga puluh manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan tersebut, terdapat juga 6 manfaat lainnya. Berikut ini 6 manfaat dari daun ubi jalar lain yang perlu anda ketahui.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi dengan memanfaatkan konsumsi daun ubi jalar dengan terus menerus. Sehingga tubuh pun tidak mudah sakit kembali. (baca juga: Manfaat Sawi)

  1. Mencegah Anemia Menyerang

Anemia pun dapat dicegah jika anda mengonsumsi daun ubi jalar dengan rutin. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam ubi jalar yang mampu mencukupi kebutuhan untuk pembentukan sel darah merah.

  1. Memiliki Antioksidan yang Tinggi

Ubi jalar pun diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Memiliki antioksidan yang cukup dalam tubuh dapat mencegah berbagai penyakit datang menyerang, termasuk juga penyakit kanker. (baca juga: Manfaat Daun Mangga)

  1. Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Ibu menyusui tentu ingin memiliki produksi ASI yang cukup untuk kebutuhan konsumsi bayinya. Oleh karena itu, berbagai cara ingin dilakukan ibu agar ASI dapat keluar dengan berlimpah. Anda dapat mengonsumsi daun ubi jalar ini agar asupan ASI untuk bayi anda dapat tercukupi.

Artikel Terkait:

  1. Mengatasi Pusing Kepala

Daun ubi jalar memiliki kandungan potassium yang baik untuk mengobati sakit kepala yang anda rasakan. Oleh sebab itu, konsumsilah potassium dengan rutin untuk dapat menjaga tubuh anda sehat dan pusing pun dapat dihindari dengan efektif

  1. Mencukupi Kebutuhan Protein Tubuh

Tubuh tentunya membutuhkan protein untuk dapat tetap beraktivitas dan berbagai permasalahan kesehatan dapat diatasi dengan mudah. Manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan lainnya adalah dalam hal pencukupan kebutuhan protein ini. Oleh sebab itu, anda pun dpaat menjadi lebih sehat dan kuat.

Demikianlah informasi mengenai kandungan serta manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi yang penting ini dapat anda manfaatkan untuk menjaga tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Informasi ini sangatlah baik untuk anda dan semoga dapat dipraktekan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga tetap sehat selalu!

, , ,
Post Date: Thursday 07th, September 2017 / 05:18 Oleh :
Kategori : Tumbuhan