20 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Asam Urat

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Asam UratTanaman ubi jalar secara umum dimanfaatkan pada bagian umbi sebagai bahan pokok makanan atau camilan. Mengkonsumsi ubi jalar akan membuat perut terasa kenyang lebih lama seperti saat mengkonsumsi nasi. Namun, tidak hanya bagian umbi saja yang memiliki banyak manfaat, namun bagian daun ubi jalar juga sarat akan banyak nutrisi penting untuk tubuh seperti baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Dalam daun ubi jalar mengandung berbagai jenis mineral, protein dan juga vitamin seperti karoten, kalsium, vitamin C, vitamin E, vitamin B, vitamin K, protein, beta karoten, kalsium, zat besi dan berbagai nutrisi lain yang sangat dibutuhkan penderita asam urat. Berikut ini akan kami berikan beberapa manfaat daun ubi jalar untuk asam urat yang bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsi daun ini setiap hari.

  1. Mengatasi Bengkak

Bengkak bisa terjadi karena berbagai kondisi seperti salah satunya karena penyakit asam urat. Penyakit asam urat bisa menyebabkan pembengkakan di area kaki lebih tepatnya area persendian. Bengkak ini biasanya akan terdeteksi dari pemeriksaan kadar asam urat dalam darah yang sudah melebihi batas normal. Daun ubi jalar ini bisa dijadikan solusi mengatasi bengkak karena asam urat dengan cara menghaluskan beberapa helai daun ubi rambat yang tidak terlalu tua lalu gunakan untuk membalut area yang sakit dan bungkus dengan perban.

  1. Memperbaiki Eliminasi Asam Urat

Dalam daun ubi jalar mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan ekskresi asam urat yang akan dibuang bersama dengan urine. Ini bisa terjadi karena vitamin C dalam daun ubi jalar akan meningkatkan kinerja ginjal untuk menghilangkan kadar asam urat berlebih.

  1. Diet Asam Urat

Mengkonsumsi daun ubi jalar juga sangat baik sebagai diet untuk menurunkan kadar asam urat sebab kandungan vitamin C dalam daun ini. Vitamin C yang dikonsumsi 2 kali lipat dalam sehari akan meningkatkan pembuangan asam urat lebih cepat sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Sendi

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C seperti daun ubi jalar sebanyak dua kali lipat sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit sendi yang akan menimbulkan rasa sangat menyakitkan.

  1. Tinggi Kandungan Vitamin B

Dalam daun ubi jalar mengandung vitamin B yang merupakan gabungan dari beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan juga vitamin B12 serta niasin, biotin dan asam folat. Namun, tidak semua jenis vitamin B baik untuk asam urat sebab hanya vitamin B5 dan vitamin B6 saja yang bisa merawat penderita asam urat dimana akan membentuk penyerapan air yang diminum sekaligus menyehatkan otot dan saraf.

  1. Mengandung Vitamin E

Daun ubi jalar juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mencegah oksidasi dalam proses metabolisme lemak khususnya lemak tak jenuh. Vitamin E dalam daun ubi jalar yang dikombinasikan dengan vitamin C adalah antioksidan yang bisa melindungi struktur sendi dari kerusakan terlalu berlebihan.

  1. Memiliki Sifat Basa

Sifat basa adalah salah satu hal yang terkandung dalam daun ubi jalar yang sangat efektif untuk menurunkan asam urat. Pada dasarnya asam urat diproses lewat ginjal dan makanan yang bersifat basa seperti daun ubi jalar akan membantu untuk melarutkan asam urat yang nantinya akan keluar bersama dengan urine sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Sumber Kalium

Kandungan kalium yang ada dalam daun ubi jalar sangat bak untuk mengimbangi kadar asam urat dalam darah dan juga urine sekaligus meringankan rasa sakit yang terjadi pada persendian dan mencegah timbulnya radang.

  1. Meningkatkan Produksi Kalsium Karbonat

Vitamin C dan manfaat magnesium yang ada dalam daun ubi jalar sangat baik untuk membantu tubuh dalam produksi kalsium karbonat yang berguna untuk menetralkan asam urat dalam tubuh.

  1. Mengatasi Pengkristalan Zat Purin

Daun ubi jalar sangat ampuh untuk mengatasi keluhan sakit di beberapa bagian sendi tangan dan kaki serta ruas ruas jari dengan cara mengatasi pengkristalan zat purin. Dengan mengkonsumsi daun ubi jalar ini, maka rasa sakit pada area persendian bisa dikurangi.

  1. Mengatasi Pembengkakan Sendi

Pembengkakan sendi yang disertai dengan warna memerah sekitar area kulit yang terkena juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi daun ubi jalar yang mengandung manfaat serat secara teratur dengan cara mengatasi infeksi atau radang di sekitar sendi dengan cara menghilangkan zat purin yang menyumbat aliran darah dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan Sendi Keras dan Kaku

Salah satu gejala yang dialami penderita asam urat adalah sendi yang terasa kaku dan juga keras sehingga sulit untuk digerakkan karena kadar asam urat yang menumpuk di area persendian tersebut. Cara mengatasi sendi keras dan kaku tersebut juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun ubi jalar yang mengandung kadar kalsium cukup.

  1. Mengatasi Nyeri

Nyeri yang dirasakan penderita asam urat bisa berkembang hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Nyeri yang dirasakan sangatlah kuat yang juga disertai dengan sensasi panas dan muncul warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi. Ini juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun ubi jalar karena mengandung anti inflamasi dan vitamin C yang cukup tinggi.

  1. Mengatasi Penyakit Ginjal dan Kolesterol

Kedua jenis penyakit yakni ginjal dan kolesterol tinggi akan meningkatkan resiko asam urat sehingga harus segera diatasi secara cepat seperti mengkonsumsi daun ubi jalar yang bisa membantu kinerja ginjal dan juga meluruhkan penumpukan kolesterol dalam darah.

  1. Menurunkan Kadar Purin

Daun ubi jalar adalah salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar purin dalam tubuh. Kadar purin yang terlalu tinggi akan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh sehingga jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi dalam menu diet anda.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan terlalu berlebihan dalam tubuh akan berdampak pada timbulnya gejala asam urat khususnya di area kaki sehingga akan terasa pegal saat berjalan. Daun ubi jalar mengandung kadar serat yang sangat tinggi sehingga sangat ampuh untuk menurunkan berat badan dan melancarkan saluran cerna untuk pencegahan terhadap asam urat sekaligus mengatasi lelah.

  1. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Area Sendi

Selain rasa sakit yang teramat sangat mereda atau hilang, umumnya di area persendian akan terasa tidak nyaman yang bisa berlangsung antara beberapa hari sampai beberapa minggu. Untuk itu sangat disarankan mengkonsumsi daun ubi jalar karena khasiatnya yang sangat baik dalam meringankan rasa tidak nyaman tersebut.

  1. Mengatasi Radang Sendi

Peradangan pada sendi yang membuat area persendian yang terkena tampak agak kemerahan dan juga bengkak. Semua ini bisa diatasi secara mudah yakni dengan mengkonsumsi daun ubi jalar secara direbus atau dijadikan jus dan diminum secara teratur yang juga akan mempercepat proses penyembuhan asam urat.

  1. Meluruhkan Endapan Kristal

Endapan kristla asam urat yang terlalu tinggi dan terjadi di salah satu atau beberapa area persendian merupakan tahap asam urat parah sehingga harus ditangani secara baik. Sebelum mengkonsumsi obat obatan, ada baiknya anda secara rutin mengkonsumsi daun ubi jalar yang mengandung serat tinggi, magnesium, manfaat kalsium, zat besi, vitamin C dan berbagai nutrisi penting yang bisa meluruhkan endapan kristal asam urat tersebut.

  1. Mengurangi Sensasi Terbakar

Kandungan nutrisi yang cukup banyak dalam daun ubi jalar sangat ampuh untuk mengatasi sensasi panas yang timbul dari mulai ruas jari hingga beberapa area persendian dan juga mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan sehingga sangat baik dikonsumsi selain juga beristirahat dengan cukup.

Manfaat daun ubi jalar untuk asam urat terbilang cukup lengkap karena bisa mengurangi gejala yang ditimbulkan, mengurangi inflamasi sampai menyembuhkan asam urat secara menyeluruh apabila dikonsumsi secara teratur. Semoga ulasan dari kami kali ini bisa bermanfaat untuk anda.