Manfaat Daun Ungu untuk Maag, Bagi Kamu yang Sering Maag

Daun ungu atau yang sering dikenal dengan sebutan daun wungu merupakan tanaman obat yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan juga beberapa penyakit lambung lainnya.

Tanaman ini berasal dari papua dan menyebar hingga sampai ke indonesia. Untuk bisa mengenalinya, tanaman ini memiliki ciri-ciri yang diantaranya adalah :

  1. Bagian pinggir pada daunnya berurat serta bergelombang
  2. Daunnya berbentuk lonjong dan mengecil dibagian bawahnya
  3. Warna pada daun ini coklat ke hijauan
  4. Batangnya berwarna merah kecoklatan

Manfaat yang bisa didapatkan dari daun ini sangatlah banyak, diantaranya bermanfaat untuk penderita penyakit lambung seperti :

  • Maag

Bagi penderita penyakit maag, daun ini sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat menetralkan asam lambung yang berlebihan ditubuh.

Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunyah daun tersebut hingga sari air daun tersebut keluar, lalu kamu tinggal meminum air sari daun tersebut dan membuang ampasnya.

  • Mengobati Tukak Lambung

Salah satu manfaat daun ungu yang sangat bagus untuk lambung adalah mampu mengobati tukak lambung.

Penyakit tukak lambung adalah luka yang berasal dari dinding lambung akibat lapisan pada dinding lambung yang terkikis. Walaupun luka ini tidak terlihat dari luar, tapi biasanya penderitanya akan mengalami beberapa gejala seperti tidak nafsu makan, mual-mual dan nyeri ulu hati.

Selain bagus untuk kesehatan lambung, daun ini juga dapat mengobati beberapa penyakit lain, diantaranya :

1. Reumatik (Encok)

Penyakit reumatik atau encok biasanya sering dialami orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebih, terlalu banyak minum-minuman yang beralkohol, atau mengkonsumsi obat tertentu yang bisa menyebabkan encok.

Daun ungu berkhasiat untuk mengobati encok, cara penggunaanya adalah dengan menumbuk daun tersebut hingga halus lalu membalurkannya pada bagian tubuh yang mengalami encok. Selain itu kamu pun dapat menggunakan manfaat sirsak untuk asam urat dan reumatik dengan pemanfaatan yang baik maka kamu akan memperolah hasil yang maksimal.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada daun ini, dapat melancarkan proses pencernaan. Sangat baik untuk kalian yang sering mengalami masalah kurang lancar buang air besar (sembelit). Selain itu untuk mengatasi masalah pencenaan maka kamu dapat menggunakan manfaat yakult untuk kesehatan ataupun manfaat daun senna untuk kesehatan pencernaan, keduannya memiliki khasiat yang sama yaitu untuk melancarkan pencernaan.  


3. Dapat mengatasi haid yang tidak teratur pada wanita

Terkadang para wanita sering mengalami menstruasi atau haid yang tidak menentu setiap bulannya. Menggunakan daun ungu kamu cukup merebus daun ungu dengan 4 gelas air hingga menyusut sampai 3 gelas. Minumlah air tersebut pada pagi, siang, dan malam serta usahakan meminumnya 3 hari sebelum menstruasi.

4. Mengatasi wasir atau ambien

Wasir atau Ambeien merupakan penyakit yang dimana terdapat benjolan pada bagian sekitar lubang dubur yang membuat penderitanya akan merasakan sakit ketika sedang duduk.

Tentu hal ini sangatlah menyiksa, tetapi kamu bisa mengobatinya dengan menggunakan daun ungu sebagai obat. Cara penggunaanya, kamu cukup menyiapkan 15 lembar daun ungu, gula aren, dan sepotong kunyit.

Rebus ketiga bahan ini dengan 4 gelas air dan biarkan menyusut menjadi 2 gelas air saja. Minumlah di pagi dan malam hari disesuaikan dengan takaran gelas.

Itulah manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memanfaatkan daun ungu untuk kesehatan lambung, kesehatan lambung sangat perlu dijaga, apalagi lambung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk proses ekresi dan pencernaan makanan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal