18 Manfaat Daun Dandang Gendis untuk Kesehatan

Banyak tumbuhan liar di sekitar pekarangan yang biasanya belum diketahui manfaatnya. Seperti daun dandang gendhis yang biasanya hidup liar di pekarangan rumah di daerah pedesaan. Dilihat dari namanya, daun dandang gendhis memiliki rasa yang manis karena gendhis berarti gula. Tumbuhan liar yang memiliki nama latin Clinacanthus nutans L. ini tidak hanya dapat dijadikan tanaman pagar, akan tetapi memiliki manfaat untuk kesehatan.

 

artikel terkait:

Kandungan Senyawa Dalam Daun Dandang Gendhis

Daun dandang gendhis dapat tumbuh hingga 2,5meter, dengan daun berukuran 8 sampai 12 cm. Di dalam daun dandang gendhis yang berukuran 8 sampai 12 cm, memiliki beberapa kandungan senyawa seperti minyak atsiri, alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Sesuai dengan fungsinya masing-masing senyawa pada daun dandang gendhis, terdapat beberapa jenis masalah kesehatan yang dapat diatasi. Selain itu, daun dandang gendhis juga memiliki sifat sebagai antibiotik, antidiuretik dan antipiretik.

artikel terkait: manfaat kitolodmanfaat daun pare

Manfaat Daun Dandang Gendhis

Daun dandang gendhis memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun dandang gendhis memiliki sifat sebagai antibiotik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang.

  1. Mencegah Kanker

Memanfaatkan daun dandang gendhis sangat baik untuk membnatu tubuh terhindar dari kanker. Selain karena sifat antibiotiknya yang dapat menangkal radikal bebas, daun dandang gendhis juga memiliki beberapa senyawa di dalamnya, seperti flavonoid yang dapat bekerja mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat air rebusan daun pepaya

  1. Menguatkan Kapiler Pembuluh Darah

Kandungan flavonoid di dalam daun dandang gendhis tidak hanya dapat membantu sebagai anti kanker, akan tetapi juga mampu menguatkan kapiler pembuluh darah.


  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dari namanya, daun dandang gendhis memiliki nama yang memiliki arti gula. Akan tetapi, daun dandang gendhis memiliki fungsi untuk menurunkan kelebihan gula darah dalam tubuh. Meskipun memiliki nama gendhis, daun dandang gendhis ini baik digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk asam urat

  1. Menurunkan Demam

Panas yang disebabkan karena demam biasanya diatasi dengan cara mengkompres bagian kening untuk menurunkan panas tubuh. Tidak harus menggunakan kompres kain, kompres dapat dengan menggunakan daun dandang gendhis, karena kandungan minyak atsiri dalam daun dandang gendhis dapat membantu menurunkan panas.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Bukan hanya panas demam, menempelkan daun dandang gendhis pada kening dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala yang dialami. Kandungan minyak atsiri dapat memberikan manfaat menyembuhkan sakit kepala.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rambut

  1. Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernan merupakan salah satu permasalahan yang banyak dialami, karena banyaknya jenis makanan yang masuk ke dalamnya. Salah satu permasalahan dari pencernaan yakni sulit BAB. Mengatasi BAB tidak harus menggunakan obat kimia, namun dengan makan makanan yang berserat dan dengan meminum rebusan air daun dandang gendhis untuk membantu siklus BAB agar berjalan secara rutin.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Meminum rebusan air daun dandang gendhis tidak hanya dapat membantu melancarkan BAB namun juga dapat membantu melancarkan buang air kecil.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rahim

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal menyaring darah setiap saat, agar darah yang beredar ke dalam tubuh merupakan darah yang bersih dan membuang sisa kotoran sebagai urin. Meminum rebusan daun dandang gendhis dapat membantu mencegah adanya gangguan pada kandung kemih dan juga meringankan kerja ginjal untuk menyaring darah.

  1. Mengatasi Disentri

Air rebusan daun dandang gendhis memiliki manfaat sesuai dengan masalah kesehatan yang dialami. Ketika susah BAB, kandungan senyawanya akan bekerja untuk melancarkan BAB. Ketika ada bakteri yang dapat menyebabkan pendarahan pada usus besar atau disentri, kandungan senyawa di dalam daun dandang gendhis dapat membantu mengehntikan pendarahan yang terjadi.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk ibu hamil

  1. Mengatasi Nyeri

Ada  juga sifat bioaktivitas dari daun dandang gendhis yakni sebagai anti inflamasi. Daun dandang gendhis dapat membantu meredakan nyeri pada bagian otot yang kelelahan, dan juga nyeri pada beberapa bagian tubuh lainnya.

  1. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Tubuh sebenarnya memiliki kandungan racun di dalamnya, karena mudahnya racun masuk kedalam tubuh baik melalui makanan, maupun udara sekitar. Apabila kelebihan racun dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang keracunan. Mengatasi keracunan dapat dilakukan dengan meminum air rebusan daun dandang gendhis. Ekstrak dandang gendhis dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daun ciplukan untuk stroke

  1. Menambah Energi

Bekerja terlebih bekerja dengan fisik akan membuat energi tubuh mudah berkurang. Mengembalikan energi dan stamina tubuh tidak boleh sekedar dengan meminum minuman penambah energi karena dapat menyebabkan gangguan ginjal. Cara mengembalikan energi dengan aman yakni dengan mengkonsumsi air rebusan dandang gendhis.

  1. Mengatasi Rematik

Nyeri otot dapat diatasi dengan meminum rebusan daun dandang gendhis. Selain menghilangkan rasa nyeri, rebusan daun dandang gendhis dapat membantu mengatasi remakik yang biasanya di derita oleh kebanyakan lansia.

artikel terkait: manfaat daun ciplukan untuk payudara

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. Sebisa mungkin, berusahalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dengan meminum air rebusan air dandang gendhis, agar kadar kolesterol dalam tubuh dapat diturunkan.


  1. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tubuh

Air rebusan daun dandang gendhis yang diminum secara rutin, dapat membantu menjaga kesehatan kelenjar tubuh. Senyawa yang terkandung di dalamnya, mampu meningkatkan efektifitas kelenjar tubuh.

artikel terkait: manfaat daun keji beling

  1. Mengatasi Kencing Batu

Manfaat air rebusan dandang gendhis untuk ginjal tidka hanya membantu meingankan kerja ginjal, dengan membantu proses penyaringan darah. Air dandang gendhis juga dapat membantu mengatasi masalahkencing batu.

  1. Mengatasi Diare

Kandungan senyawa di dalam dandang gendhis selain mampu membunuh bakteri penyebab disentri, juga dapat mencegah terjadinya diare . Meminum air rebusan daun dandang gendhis secara rutin ketika diare, dapat membantu mempercepat penyembuhan diare.

artikel terkait: manfaat daun suruhan

Dengan tidak disadari, bahwa sebenarnya banyak sekali tanaman di sekitar pekarangan yang dianggap sebagai tanaman liar yang dapat membantu meredakan berbagai masalah kesehatan yang dialami. Terkadang juga meragukan manfaat beberapa tanaman liar seperti daun dandang gendhis karena dianggap sebagai tanaman liar yang hanya digunakan untuk pagar. Padahal sebenarnya, tanaman-tanaman yang sering dianggap remeh memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang baik digunakan untuk megatasi berbagai masalah kesehatan yang ada.

,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 15:02 Oleh :
Kategori : Herbal