9 Manfaat Jambu Klutuk Merah Untuk Kesehatan

Jambu Kluthuk (Psidium Guava) merupakan tanaman dari Brazil yang  memiliki buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah. Buah dengan nama lain jambu biji, jambu siki maupun jambu batu ini memiliki rasa asam-manis. Beberapa kultivar jambu biji di Indonesia telah dikenal sejak lama maupun berasal dari negara lain, yaitu:

  • Jambu kluthuk kristal Taiwan
  • Jambu kluthuk Tanjung Barat
  • Jambu kluthuk getas merah
  • Jambu kluthuk Australia
  • Jambu kluthuk Sukun
  • Jambu kluthuk Bangkok

artikel terkait:

Jambu Kluthuk Merah

Di Indonesia, jenis jambu kluthuk yang sangat populer adalah jambu kluthuk merah dan jambu kluthuk putih. Jambu kluthuk merah memiliki daging buah berwarna merah dengan kulit tipis berwarna hijau kekuningan apabila masak. Selain dikonsumsi secara langsung, jambu kluthuk merah juga sering dikonsumsi dalam bentuk jus. Jambu kluthuk merah ini dipercaya memiliki kandungan gizi dan manfaat yang lebih tinggi daripada jambu kluthuk putih. Berikut merupakan kandungan gizi yang terdapat dalam jambu kluthuk merah.

artikel terkait: manfaat jambu bijimanfaat jambu kristalmanfaat jambu monyet

Tabel 1. Kandungan Gizi Jambu Kluthuk Merah per 100 gram

Kandungan Gizi Jumlah
Asam Pantotenat 0,451 mg
Air 86 gram
Besi 0,26 mg
Energi 68 Kcal
Folates 49 mcg
Fosfor 11 mg
Thiamin 0,067 mg
Total Lemak 0,95 g
Vitamin A 624 UI
Vitamin C 228 mg
Vitamin E 0,73 mg
Vitamin K 2,6 mcg
Kalium 417 mg
Kalsium 18 mg
Karbohidrat 14,3 g
Likopen 5204 mg
Magnesium 22 mg
Mangan 0,15 mg
Natrium 2 mg
Niacin 1,084 mg
Protein 2,55 g
Pyridoxine 0,110 mg
Riboflavin 0,040 mg
Selenium 0,6 mcg
Seng 0,23 mg
Serat diet 5,4 g
Beta karoten 374 mcg
tembaga 0,230 mg

artikel terkait: manfaat rebusan daun salammanfaat tomat rebus

Manfaat Jambu Kluthk Merah

Jambu kluthuk merah setidaknya memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan manusia, antara lain:

1. Sebagai Antioksidan

Jambu kluthuk merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dapat berguna sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sealain itu, senyawa anti oksidan dalam jambu kluthuk merah merupakan flavonoid dan betakaroten seperti likopen dapat bertindak sebagai sel anti kanker serta mengatasi kerusakan sel karena radikal bebas.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Tingginya kandungan serat alami pad jambu kluthuk merah dapat berguna untuk menjaga kesehatan saluran sistem pencernan dengan cara melindungi selaput lendir usus, merendahkan waktu paparan racun dan mengikat bahan kimia penyebab kanker pada usus serta mengeluarkannya bersama limbah.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan beta karoten yang sangat tinggi pada jambu kluthuk merah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan mata dengan baik. Selain itu, vitamin A jug adapt mencegah mata dari penyakit katarak.

4. Menjaga tekanan darah

Jambu kluthuk merah memilki kandungan senyawa elektrolit bernama kalium yang berguna untuk melindungi tekan darah tinggi dengan merendam dampak dari natrium. Ini merupakan manfaat yang sama yang Anda peroleh ketika mengkonsumsi buah lain yang mengandung kalium seperti pisang.

5. Membantu penyerapan nutrisi

Dengan mengkonsumsi jambu kluthuk merah, Anda mendapatkan manfaat yan diperoleh dari kandungan magan pada jambu kluthuk merah dalam penyeraan nutrisi. Mangan membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi lain dari makanan yang kita makan.

6. Menjaga kesehatan kulit wajah

Kandungan likopen yang tinggi pada pada jambu kluthuk merah dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dari kerusakan yang ditimbulkan akibat paparan sinar UV cahaya matahari maupun akibat polusi lingkungan. Kandungan likopen pada jambu kluthuk merah ini lebih banyak sebanyak 2 kali dibandingkan dengan tomat. Selain itu, jambu kluthuk merah juga dapat berguna untuk mengatasi masalah kulit seperti iritasi jerawat, lingkar hitam, bintik hitam dan komedo pada kulit wajah karena kandungan vitamin C dan vitamin K nya. Terlebih, kandungan vitamin E pada jambu kluthuk merah juga dapat bermanfaat untuk peremajan kulit.

7. Menjaga fungsi dan otak saraf

Jambu kluthuk merah memiliki kandungan vitamin B3 dan B6 yang berguna untuk merangsang otak. Pyridoxine  atau vitamin B6 mampu meningkatkan aliran darah dan memberi nutrisi yang penting bagi otak maupun fungsi saraf. Selain itu, Pyridoxine juga mendukung sintesis dopamine dan serotonin yang merupakan neurotransmitter penanggung jawab kebahagiaan.

8. Membuat tubuh menjadi rileks

Kandungan magnesium pada jambu kluthuk merah dapt membantu relaksasi saraf sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, konsumsi jambu kluthuk merah dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang dapat meredakan migrain.

9. Membantu mengobati penyakit demam berdarah

Jambu kluthuk merah memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah baru dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin C dalam jambu kluthuk merah juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh penderita demam berdarah.

artikel terkait:

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat jambu kluthuk merah. Bagaimana, luar biasa bukan? Setelah membaca informasi mengenai hal ini, jangan ragu untuk banyak-banyak mengkonsumsi buah jambu kluthuk merah. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan