6 Manfaat Daun Binahong untuk Kenari yang Belum Diketahui

Daun binahong merupakan salah satu jenis dedaunan herbal dan toga, namun tak jarang juga orang menanam sebagai salah satu bahan dekorasi taman ataupun pekarangan. Daun binahong tergolong salah satu jenis tumbuhan yang sangat mudah dibudidayakan berbeda jika anda melihat manfaat daun balakacida, anda dapat membudidayakannya di berbagai media tanam seperti tanah, pot, polybag, hingga menggunakan sistem hidroponik. Daunnya yang rimbun dengan cara tumbuh merambat, kadang juga dimanfaatkan sebagai salah satu campuran tanaman untuk membuat tembok hidup.

Binahong sendiri memiliki nama latin Bassela rubra linn dalam bahasa inggris biasa disebut dengan heartleaf. Penamaannya berdasarkan pada bentuk daunnya yang menyerupai bentuk hati walaupun sedikit membulat. Di alam liar sendiri seperti hutan, biasanya binahong banyak dijumpai di daerah dataran rendah dan dataran tinggi. Daun binahong sendiri memiliki ciri tumbuh vertikal, sedikit bercabang dan termasuk tumbuhan rambat. Selain itu daun memiliki kandungan air cukup banyak dan memiliki permukaan halus. Tanaman ini sebenarnya sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia karena manfaatnya yang beragam. Mulai dari manusia hingga hewan bisa mendapatkan manfaatnya, seperti manfaat daun binahong untuk kenari.

Hal ini karena, binahong memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk burung kenari. Berbeda dengan manusia, anda bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dari mengkonsumsi daun binahong. Biasanya untuk dikonsumsi berbeda jika anda melihat manfaat mangga cengkir, daun binahong akan diolah terlebih dahulu. Ada beberapa jenis olahan makanan atau pun minuman yang terbuat dari binahong seperti keripik binahong dan teh binahong. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi dari daun binahong.

Kandungan Nutrisi Daun Binahong

  • Saponin
  • Alkaloid
  • Pilifenol
  • Minyak atsiri
  • Protein
  • Alkaloid
  • Asam oleanolik
  • Air

Banyaknya kandungan yang ada padaun binahong tentunya tidak hanya bermanfaat bagi anda saja, bagi anda penggemar burung kenari dan memiliki banyak burung kenari, maka daun binahong akan sangat bermanfaat. Burung kenari sendiri merupakan jenis burung kicau dan sudah terkenal bahwa burung kenari memiliki suara sangat merdu. Untuk menjaga keindahan suara hingga bulnya dan kesehatannya, anda bisa memanfaatkan daun binahong. Bagi anda yang penasaran dengan manfaat daun binahong, berikut kami sampaikan penjelasannya.

Manfaat Daun Binahong untuk Kenari

  1. Obat gatal

Tidak hanya manusia yang dapat merasa gatal, begitu juga kenari. Biasanya jika kenari gatal, ia dapat menggosok- gosokkan tubuhnya pada dinding sangkar, hal ini tentunya tidak baik terutama untuk bulu indahnya. Tidak hanya itu saja, jika gatal terlalu parah bulu kenari bisa rontok dan kulitnya bisa luka- luka. Jika dibiarkan kenari dapat mengalami infeksi dan mati berbeda dengan manfaat daun nanas, untuk mencegahnya anda bisa mengatasi gatalnya dengan memberinya pakan daun binahong secara rutin dan teratur.

  1. Menghangatkan Kenari

Ketika musim hujan tiba dimana udara sudah sangat dingin, ini tentunya juga tidak baik untuk kenari apalagi yang sangkarnya dibiarkan menggantung di luar rumah. Agar kenari tidak kedinginan, anda bisa menggantungkan beberapa helai daun binahong di dalam sangkarnya. Gantilah daun setiap hari, selain dengan cara menggantungkannya anda juga bisa memotongnya kecil- kecil dan mencampurkan dengan pakannya.

  1. Obat Penyakit Snot

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh kenari yaitu penyakit snot berbeda dengan manfaat terigu untuk luka bakar, untuk mengatasi dan mengobatinya sangat mudah dan ekonomis. Anda tidak perlu menghabiskan biaya maha, hanya dengan memberi burung kenari anda makanan tambahan berupa daun binahong setiap pagi dan sore.


  1. Menjaga Kesehatan Kenari

Kandungan nutrisi pada daun binahong sangat bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki kenari sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatannya anda bisa mencampurkan beberapa helai daun binahong yang sudah dicincang terlebih dahulu dengan pakan burung kenari secara berkala.

  1. Menghilangkan Lelah

Kebanyakan burung kenari akan terlihat lelah dan lesu setelah melewati perjalanan jauh. Hal ini bisa anda terapkan ketika pertama kali membeli kenari dari tempat yang jauh, jika anda melihat burung kenari anda tidak seaktif di tempat penjualan ataupun toko sebelum anda membawanya pulang, anda tidak perlu khawatir. Itu merupakan salah satu gejala lelah dan lesu pada kenari. Untuk mengatasinya anda bisa memberinya pakan berupa daun binahong yang sudah dicuci terlebih dahulu.

  1. Membuat Kenari Aktif

Agar kenari anda lebih lincah dan aktif tentunya membutuhkan banyak sekali nutrisi dalam pakannya. Untuk melengkapi dan menambah nutrisinya, anda bisa memberikan daun binahong, dengan begini maka burung kenari akan sering bergerak aktif dan lincah serta banyak berkicau.

Itulah berbagai manfaat dari daun binahong yang dapat kami sampaikan yang berbeda dengan manfaat kunyit putih, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal