10 Manfaat Batu Bara Bagi Ekonomi Indonesia

Sumber energi fosil memang merupakan salah satu sumber energi terpenting yang ada di Indonesia dan tak hanya berdampak pada kehidupan keseharian masyarakatnya tapi juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. Sayangnya, di tengah maraknya isu sosial dari para penggalak lingkungan, keberadaan penggunaan batu bara seolah tenggelam dan tidak banyak masyarakat yang menyadari betapa pentingnya peranan dan manfaat batu bara bagi ekonomi nasional, terutama di Indonesia.

Manfaat Batu Bara Bagi Ekonomi

Batu bara sendiri merupakan salah satu sumber energi fosil yang termasuk dalam kategori tidak terbarukan. Di Indonesia sendiri cadangan batu baranya cukup banyak tapi dari hasil penelitian, kualitas batu bara di Indonesia tidak semuanya baik, kebanyakan malah tidak memiliki nilai jual sehingga tidak dilirik oleh pasar internasional. Namun demikian ada banyak sekali manfaat barang tambang untuk kehidupan sehari-hari manusia termasuk batu bara ini. Lalu apa saja yang menjadi konstribusi batu bara dalam perekonomian masyarakat Indonesia?

  1. Energi Primer Pembangkit Listrik Paling Murah

Walaupun sudah banyak sekali teknologi baru dari sumber yang dapat diperbaharui seperti dari manfaat angin ataupun air namun tidak dapat dipungkiri bahwa energi primer seperti batu bara masih merupakan solusi untuk ketersediaan listrik yang paling murah. Di Indonesia sendiri mayoritas pembangkit listriknya masih menggunakan batu bara sebagai bahan bakar.

  1. Menghasilkan Daya Saing Harga Listrik yang Baik

Jika dilihat dari biaya produksi dan pengolahannya yang relatif murah, batu bara dapat menghasilkan listrik dengan kualitas baik namun dengan daya saing dari segi harga yang sangat baik. Jika dibandingkan dengan penggunaan manfaat bahan tambang lain seperti bahan bakar minyak maka harga per KWH listrik juga akan naik.

  1. Bahan Bakar Pendukung Industri di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua jenis industri di Indonesia yang bergantung pada penggunaan listrik secara tidak langsung juga bergantung pada batu bara. Tak hanya itu beberapa jenis industri seperti industri pupuk bidang pertanian, industri plastic bahkan beberapa industri produk kesehatan juga masih sangat bergantung dengan keberadaan bahan mentah batu bara.

  1. Produksi Pupuk untuk Bidang Pertanian

Indonesia terkenal sebagai negara agraris dan memang sudah semestinya bisa memproduksi pupuk pertanian sendiri. Ternyata untuk menghasilkan pupuk pertanian berkualitas baik dibutuhkan pembakaran menggunakan bahan bakar khusus yaitu batu bara. Selain itu sisa pembakaran batu bara juga dapat digunakan sebagai produk kimia pencampur pupuk.

  1. Digunakan Dalam Produksi Industri Plastik

Tahukah Anda bahwa kantong plastik hitam, dan warna hitamnya ternyata didapatkan langsung dari warna batu bara? Karena memang batu bara memiliki peranan sangat penting dalam industri produksi plastik karena untuk menghasilkan plastik berkualitas dibutuhkan panas khusus yang hanya didapat dari pembakaran batu bara.

  1. Industri Produksi Baja

Tak hanya untuk pertanian ataupun industri plastik, batu bara juga memiliki pernan penting dalam produksi industri baja. Hal ini dikarenakan hasil pembakaran batu bara menghasilkan panas yang stabil, dengan jumlah panas yang sesuai serta sangat tahan lama sehingga dapat meminimalisir biaya produksi.

  1. Bahan Bakar Cair Bernilai Ekonomis

Saat ini sudah dikembangkan juga batu bara cair yaitu sebagai alternatif pengganti bahan bakar cair. Walaupun masih dalam tahap pengembangan namun manfaat batu bara cair sudah bisa Anda perkirakan diantara dapat sebagai pengganti bahan bakar bensin kendaraan sampai jet fuel atau bahan bakar pesawat.

  1. Komponen Bahan Sabun

Dalam industri penghasil produk perawatan kulit seperti sabun pun batu bara memiliki peranan yang sangat penting karena merupakan salah satu komponen campuran untuk bahan sabun.

  1. Sebagai Karbon Aktif

Tentunya Anda sudah paham sekali dengan manfaat karbon aktif atau activated charcoal yang tak hanya dapat berfungsi sebagai pertolongan pertama pada kasus keracunan karena kemampuannya menyerap bakteri tapi juga solusi perawatan kulit yang efektif.

  1. Mengurangi Logam Berat dalam Limbah Cair

Beberapa penelitian sedang mengembangkan potensi dan manfaat arang batu bara aktif dalam hal mengurangi kadar logam berat dalam limbah cair. Hal ini karena activated charcoal memang terbukti efektif dalam menyerap zat-zat berbahaya seperti racun, bakteri bahkan virus.

Batu bara merupakan salah satu dari sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan berbagai peraturan guna pembatasan penggunaan batu bara untuk sektor yang bisa dicarikan sumber energi alternatif. Namun sayangnya walaupun sudah banyak digalakkan pemanfaatan sumber energi ramah lingkungan terutama untuk kebutuhan primer seperti listrik namun tidak dapat dipungkiri sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia masih PLTU yang menggunakan batu bara sebagai sumber energi yang memang dinilai paling ekonomis. Namun tidak ada salahnya bagi kita semua untuk mulai memikirkan solusi energi alternatif selain energi fosil seperti batu bara demi keberlangsungan hidup umat manusia.