5 Manfaat Arang Batu Bara yang Istimewa

Batu bara merupakan salah satu hasil bumi yang termasuk dalam golongan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Namun tidak dapat dipungkiri batu bara memiliki peranan penting dalam dunia industri dan menjadi salah satu faktor pendukung revolusi Industri di Inggris pada tahuan 1750an. Selain itu batu bara sendiri merupakan salah satu bahan bakar utama yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Apa Yang Membuat Batu Bara Istimewa?

Tentunya Anda mulai bertanya-tanya apa yang membuat batu bara begitu istimewa bahkan sampai saat ini masih saja batu bara ditambang untuk dijadikan sumber energi. Batu bara sendiri merupakan fosil dari tumbuhan yang terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Karakteristik utama dari batu bara yang begitu istimewa adalah panas yang dihasilkan olehnya dan produk-produk sumber energi yang dihasilkan dari pengolahan batu bara bahkan limbah dari batu bara juga masih bisa dimanfaatkan yaitu arang batu bara.

Manfaat Arang Batu Bara

Apakah batu bara hanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri saja? Pada dasarnya batu bara juga memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari dan salah satunya adalah arang batu bara ini. Berikut adalah beberapa manfaat arang untuk kehidupan terutama arang batu bara.

  1. Sebagai Bahan Bakar

Sama halnya seperti arang biasa, arang batu bara juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Salah satu kelebihan arang batu bara adalah panasnya lebih kekal dan arangnya bertahan lebih lama dibanding dengan jenis arang lainnya.

  1. Pemanfaatan Limbah Batu Bara

Arang batu bara sebenarnya merupakan salah satu dari manfaat ampas batu bara karena dihasilkan dari proses dan pengolahan batu bara. Dari pada menjadi limbah yang dapat mencemari lingkungan, arang batu bara justru masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih berguna bahkan memiliki nilai ekonomis.

  1. Untuk Menurunkan Kadar Logam Berat pada Limbah Cair

Beberapa penelitian baru-baru ini juga menunjukkan adanya potensi arang batu bara sebagai solusi untuk menurunkan kadar logam berat pada limbah cair. Tentunya arang batu bara harus diubah terlebih dahulu menjadi arang aktif atau yang juga lebih dikenal dengan acitivated charcoal. Kemampuan dan manfaat karbon aktif dalam menyerap logam berat memang sudah terbukti hanya tinggal bagaimana pengaplikasiannya saja.

  1. Memurnikan Air

Sebagai karbon aktif yang juga mampu menurunkan kadar logam berat pada limbah cair tentunya memurnikan air merupakan perkara mudah. Salah satu bahan dasar pembuatan activiated charcoal atau arang aktif juga bisa berasal dari limbah batu bara.

  1. Dimanfaatkan Sebagai Karbon Aktif

Seperti yang sudah disebutkan di atas saat ini banyak penelitian yang memanfaatkan fungsi dan manfaat arang aktif atau karbon aktif. Limbah batu bara ini yang sudah berbentuk arang batu bara juga dapat dimanfaatkan sebagai karbon aktif yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia.

  • Untuk Detoks

Arang aktif biasanya dijual dalam bentuk bubuk arang berwarna hitam dan dimasukkan ke dalam kapsul. Mengkonsumsinya dapat dimanfaatkan untuk detoks yaitu membersihkan zat racun dari dalam tubuh karena kemampuannya dalam menyerap racun.

  • Menangkal Keracunan

Seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya, kemampuan karbon aktif dalam menyerap racun juga dapat dimanfaatkan dalam dunia medis yaitu sebagai pertolongan pertama pada  kasus keracunan. Walaupun tentunya pertolongan lanjutan harus tetap dilakukan.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Saat ini banya juga produk kesehatan dan kecantikan kulit menambahkan formula activated charcoal sebagai solusi untuk menjaga kesehatan kulit karena kemampuannya dalam menyerap kotoran, bakteri serta jamur sehingga pori-pori kulit menjadi bersih.

  • Membersihkan Saluran Cerna

Kasus diare disebabkan karen adanya bakteri yang bersarang di dalam sistem pencernaan. Hal ini tentunya bisa menjadi fatal jika tidak segera diatasi karena pasien bisa mengalami dehidrasi parah. Salah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi karbon aktif yang dapat membantu membersihkan saluran cerna dari bakteri penyebab diare.

  • Memutihkan Gigi

Manfaat arang bagi kesehatan memang sudah lama diketahui. Ingin memiliki gigi putih bersih? Gunakan karbon aktif. Seperti yang disebutkan, sebenarnya hal ini sudah dikenal sejak jaman dahulu namun jangan menggunakan arang biasa tapi gunakanlah arang aktif yang memang jauh lebih efektif.

  • Mengatasi Masalah Jamur

Tak hanya racun atau bakteri, karbon atau arang aktif juga dapat mengatasi masalah jamur yang biasanya menginfeksi kulit.

  • Solusi Hangover

Ketika hangover, mengkonsumsi karbon aktif dapat membantu membersihkan alkohol dari sistem metabolisme tubuh sehingga efeknya bisa dengan mudah diatasi.

Dibandingkan dengan jenis arang yang terbuat dari bahan lain seperti arang kelapa atau arang bakau, arang batu bara sangatlah istimewa karena panasnya sangat kekal, stabil dan bertahan jauh lebih lama walaupun memang dari segi harga lebih mahal. Selain itu penggunaan arang batu bara tidak disarankan untuk penggunaan rumahan karena menghasilkan asap yang sangat pekat. Untuk memanfaatkan arang batu bara dibutuhkan tungku khusus. Selain itu penggunaan berbahan bakar fosil juga sudah sangat dibatasi termasuk batu bara ini.