12 Manfaat Karbon Aktif untuk Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak sekali hal-hal yang berada di sekitar Anda dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan Anda namun tidak Anda sadari, salah satunya adalah manfaat karbon aktif. Karbon aktif sering juga dikenal dengan arang aktif atau active charcoal.

Apa Itu Karbon Aktif?

Ketika mendengar dengan karbon aktif, beberapa dari Anda pasti bertanya-tanya apa itu karbon aktif atau arang aktif dan apa bedanya dengan arang yang biasa ditemui dan digunakan sebagai bahan bakar. Well, karbon aktif jelas berbeda dengan arang biasa karena karbon aktif merupakan zat karbon yang biasanya berbentuk bubuk atau pil dan manfaat karbon aktif sangat berbeda dengan arang biasa.

Manfaat Karbon Aktif

Mungkin beberapa dari Anda sering mendengar istilah active charcoal dari beberapa iklan produk-produk kecantikan dan kesehatan tanpa tahu pasti apa saja kehebatan karbon aktif bagi kesehatan serta kehidupan sehari-hari Anda.

  1. Digunakan untuk Membuang Racun pada Tubuh

Saat ini karbon aktif sering digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi keracunan. Hal ini dikarenakan kemampuan karbon aktif dalam menyerap zat-zat berbahaya yang terdapat dalam tubuh. Tak hanya kasus keracunan makanan, mengkonsumsi karbon aktif secara teratur juga dapat membuang racun-racun pada tubuh.

  1. Memutihkan Gigi

Tentu saja saat ini Anda sering melihat iklan-iklan di televisi menawarkan pasta gigi yang mengandung active charcoal tanpa tahu bagaimana arang aktif bisa membantu memutihkan gigi. Arang aktif ternyata mampu membantu untuk mengembalikan warna gigi ke warna alaminya akibat sering mengkonsumsi teh dan kopi yang dapat merubah warna gigi.

  1. Meredakan Perut Kembung

Tak hanya dapat mengikat logam berat dan zat-zat beracun lainnya ternyata karbon aktif juga dapat meredakan perut kembung dengan cara mengikat zat-zat yang dapat menyebabkan tubuh menghasilkan gas berlebih.

  1. Mengatasi Bau Badan

Tahukah Anda apa yang menjadi penyebab bau badan? Ada yang mengatakan bahwa itu disebabkan oleh bakteri, tapi kenapa bau badan tak juga hilang ketika selesai mandi. Hal ini diakibatnya ada faktor yang menganggu tubuh untuk mengeluarkan racun sehingga mandi saja tidak cukup untuk menghilangkan baunya karena masalahnya ada pada sistem tubuh. Mengkonsumsi karbon aktif dapat membantu mengoptimalkan pembuangan racun pada tubuh.

  1. Solusi Alami untuk Mengobati Jerawat

Penyebab utama jerawat adalah terjadinya infeksi bakteri pada kulit. Bakteri yang menempal biasanya disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pori. Menggunakan karbon aktif dicampur dengan lidah buaya sebagai masker dapat membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori dan mengatasi jarawat secara alami.

  1. Mengatasi Gigitan Serangga

Salah satu manfaat arang batok kelapa dikenal sebagai obat anti bisa. Sama halnya dengan karbon aktif dimana rasa gatal, rasa sakit, pembengkakan bahkan kemerahan karena gigitan serangga disebabkan oleh racun serangga yang masuk melalui kulit. Mengoleskan karbon aktif akan menyerap racun-racun tersebut sehingga efek negative racun serangga dapat diatasi.

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Diare terjadi karena adanya infeksi bakteri. Mengkonsumsi karbon aktif juga dapat secara alami membantu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan dan salah satunya adalah diare. Tak hanya itu segala jenis zat yang tidak berguna bagi pencernaan juga dapat diserap oleh karbon aktif untuk kemudian dibuang.

  1. Mengatasi Masalah Penuaan Dini

Sama halnya dengan manfaat antioksidan, karbon aktif juga bisa mengatasi masalah penuaan dini yang disebabkan polusi, gaya hidup yang kurang sehat seperti mengkonsumsi alkohol dan junk food. Karbon aktif dapat membuang zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh tersebut untuk kemudian dibuang.

  1. Memurnikan Air

Dalam kehidupan sehari-hari, karbon aktif juga bisa digunakan untuk memurnikan air karena kemampuannya dalam menyerap zat-zat berbahaya. Saat ini sulit menemukan air bersih dan penggunaan karbon aktif bisa menjadi solusi.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Bayangkan berapa banyak kotoran yang menumpuk pada kulit Anda dan menyumbat pori-pori pada kulit Anda belum lagi paparan sinar matahari yang menyebabkan sel kulit menumpuk pada kulit. Menggunakan karbon aktif sebagai masker atau produk kecantikan berbahan dasar karbon aktif dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Hampir mirip dengan manfaat serat bagi kesehatan, karbon aktif juga dapat mengikat kolesterol pada sistem pencernaan untuk kemudian dibuang. Hal ini tentu saja dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh.

  1. Mengatasi Rasa Mual Setelah Mabuk

Mengkonsumsi karbon aktif setelah mengkonsumsi banyak alkohol akan dapat mengurangi rasa tidak enak yang biasanya dirasakan setelah mengkonsumsi alkohol. Hal in dikarenakan kemampuan karbon aktif dalam menyerap alkohol yang masuk ke dalam tubuh.

Secara umum manfaat arang bagi kesehatan terutama arang aktif yang utama atau manfaat karbon aktif adalah kemampuannya dalam hal menyerap logam-logam berat serta zat-zat beracun lainnya setelah itu zat pada karbon aktif akan mengubah zat-zat kimia berbahaya tadi menjadi tidak lagi berbahaya bagi tubuh. Jadi tidak heran jika karbon aktif juga sering digunakan sebagai pertolongan pertama untuk kasus-kasus keracunan terutama kasus keracunan makanan.