Manfaat Barang Tambang Untuk Semua Kebutuhan Manusia

Kekayaan yang ada dalam bumi sangatlah beragam dari mulai flora, fauna hingga hasil galian yang ada di dalam bumi. Semua hasil bumi dikenal dengan nama sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan yang tidak diperbaharui. Sumber daya alam yang bisa diperbaharui diantaranya adalah udara, air, pohon, hewan dan masih banyak lagi. Sedangkan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui dan membutuhkan waktu cukup lama untuk pembentukan diantaranya adalah barang tambang seperti emas, timah, tembaga, nikel, perak dan masih banyak lagi. Barang tambang merupakan barang yang ada di inti bumi dan ada begitu banyak manfaat barang tambang yang bisa dipergunakan kembali oleh manusia. Agar lebih jelas, berikut akan kami berikan ulasan tentang kegunaan barang tambang bagi manusia.

  1. Bahan Bakar Kendaraan

Kegunaan pertama dari barang tambang adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Kendaraan yang sangat penting bagi mobilitas manusia ini sangat membutuhkan bahan bakar yang membuat manfaat kendaraan bermotor tersebut bisa berfungsi. Sedangkan jenis barang tambang yang digunakan untuk membuat bahan bakar tersebut adalah minyak bumi.

  1. Bahan Dasar Aspal

Manfaat sumber daya tambang juga penting dalam membuat aspal. Aspal merupakan bahan untuk menghaluskan jalan dan juga sangat penting bagi aktivitas manusia yang menghubungkan satu area dengan area lainnya. Aspal termasuk dalam barang tambang yang nantinya akan diolah kembali bersama barang tambang lainnya.

  1. Sebagai Konstruksi

Salam satu barang tambang yakni bijih besi merupakan batuan yang didalamnya mengandung mineral besi dan juga beberapa mineral gangue seperti alumina, silika, magnesia dan sebagainya. Semuanya ini sangat penting digunakan dalam konstruksi seperti membuat jalan kereta api, jembatan, konstruksi bangunan dan juga industri mobil.

  1. Untuk memperkuat Alat dan Barang

Bauksit yang menjadi salah satu barang tambang merupakan bijih utama aluminium yang biasa ditemukan pada lapisan mendatar dan tidak terlalu dalam. Umumnya, bauksit bisa ditemukan pada hutan biomass sehingga penambangan bauksit ini biasanya juga merusak hutan. Bauksit tersebut nantinya akan diolah kembali untuk menghasilkan aluminium yakni logam ringan dan kuat untuk pembuatan badan pesawat terbang, alat dapur seperti manfaat oven dan juga kapal laut.

  1. Sebagai Penghantar Listrik

Barang tambang bisa dipakai sebagai penghantar listrik. Manfaat bahan tambang tembaga dengan lambang Cu merupakan penghantar listrik serta panas yang sangat baik dan sering dipakai sebagai bahan kabel dan industri barang kuningan atau perunggu.

  1. Pembuatan Smartphone

Smartphone yang hampir tidak lepas dari setiap kegiatan manusia sekarang ini juga merupakan kombinasi dari banyak barang tambang seperti tembaga, timah, manfaat nikel, karbon, asam sulfat, sulfur, baja dan juga bijih mineral. Selain itu semua peralatan elektronik juga menggunakan barang tambang seperti contohnya AC atau air conditioning, televisi, kipas angin, lemari es, oven microwave dan masih banyak lagi.

  1. Penggunaan Listrik

Manfaat energi listrik yang selalu digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia saat ini juga tidak lepas dari penggunaan barang tambang. Kabel listrik yang digunakan dalam berbagai barang dengan aliran listrik selalu menggunakan barang tambang berupa logam. PLTN dan juga PLTU juga menggunakan barang tambang seperti uranium dan juga batu bara agar nantinya berbagai barang dan peralatan yang membutuhkan listrik bisa digunakan oleh manusia.

  1. Untuk Hunian

Rumah, apartemen dan berbagai hunian lain juga selalu menggunakan barang tambang seperti semen, batu bata, baja ringan, asbes, cat tembok, marmer, manfaat pasir kuarsa, keramik dan lain sebagainya yang juga merupakan barang tambang. Dengan adanya berbagai barang tambang tersebut, maka sekarang ini banyak dibangun berbagai hunian indah untuk tempat tinggal manusia dengan manfaat pondasi rumah yang juga kokoh.

Manfaat barang tambang hampir tidak bisa terlepas dari semua bidang dari mulai teknologi, industri, pangan, kesehatan, pendidikan dan juga ekonomi dimana kehadiran barang tambang sudah mengubah dunia menjadi lebih baik. Namun agar hasil tambang tersebut tidak habis khususnya barang tambang tidak dapat diperbaharui, maka penggunaan harus dilakukan dengan bijak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hasil Bumi