6 Manfaat MEA Bagi Indonesia

Masyarakat Ekonomi Asean yang lebih dikenal dengan sebutan (MEA) adalah integrasi dalam menghadapi perdagangan internasional bebas yang terjadi di antara negara-negara di ASEAN. Perjanjian ini telah disepakati oleh seluruh anggota ASEAN untuk mewujudkan wawasan ASEAN di tahun 2020. Dalam jangka waktu yang tidak panjang maka diharapkan dengan adanya MEA ini para pekerja dan produk yang berasal dari negara – negara ASEAN dapat di ekspor dan di impor ke Indonesia begitupun juga untuk sebaliknya. Dengan adanya MEA maka suatu kompetensi yang baik bagi sumber daya manusia yang ada di Indonesia, karena persaingan tidak lagi sesama anak bangsa tapi juga dengan negara kawasan Asia Tenggara lainnya.

Berikut ini yang harus diketahui tentang Masyarakat Ekonomi Asean yang merupakan perwujudan jangka panjang bagi negara Indonesia khususnya :

  • MEA sudah dijadikan rencana sejak lama, tapi baru pada tahun 2015 di berlakukan untuk pasar perdagangan di Indonesia.
  • MEA membuka kesempatan bagi seluruh pekerja di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka karena lapangan pekerjaan yang banyak tersedia.
  • Produk – produk baik dari Indonesia dan negara lainnya dapat di perdagangkan dengan bebas dan legal tentunya. Karena sudah banyak produk Indonesia yang di akui khususnya di kawasan Asia Tenggara.
  • Menjadikan Indonesia banyak memperbaiki kualitas dan kuantintas dari sumber daya manusianya sendiri, karena jika di bandingkan dengan negara lain, masih banyak yang kurang dan ketinggalan dari sumber daya manusia yang ada.
  • Produk dalam negeri juga harus bersaing dengan produk luar negeri yang masuk ke Indonesia, karena banyak juga masyarakat Indonesia yang menyukai produk dari luar negeri.

Masyarakat ekonomi Asean juga memiliki ciri – ciri utama seperti berikut ini :

  • Kawasan ekonomi yang sangat kompetitif antara negara Asia Tenggara.
  • MEA memiliki wilayah yang melakukan pembangunan ekonomi secara merata tanpa adanya kesenjangan sosial.
  • Daerah-daerah akan fokus secara penuh dalam ekonomi manfaat globalisasi.
  • Dasar pasar sebagai salah satu bentuk produksi tunggal.

Baca juga :

MEA merupakan realisasi dari tujuan terhadap integrasi ekonomi berdasarkan  kepentingan negara ASEAN untuk memperluas dan mengembangkan ekonomi. Dalam pelaksanaanya diharapkan MEA memberikan dampak yang positif dengan pelaksanaan yang merumuskan masalah agar mendapatkan solusi yang bermanfaat bagi negara di kawasan ASEAN.

MEA banyak dibentuk dengan tujuan untuk mejalin kerjasama antar negara sesama kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu MEA sangat diharapkan memberikan kelancaran karena menepis segala hambatan yang bisa saja terjadi baik dari produk – produk yang akan di kirim ke luar ataupun produk – produk yang akan di impor ke negara ASEAN. MEA ini dalam konteksnya juga membantu para tenaga kerja dalam mencari pekerjaan yang tersedia di lapangan

Adapun bentuk kerjasama yang ada adalah :

  • Perkembangan dan peningkatan sumber daya manusia.
  • Terbukti profesional tenaga kerja.
  •  Kebijakan makro bagi sektor keuangan dan ekonomi negara.
  • Memiliki langkah-langkah dalam pembiayaan perdagangan.
  • Sarana yang meningkat dan mendukung.
  • Pengembangan transaksi elektronik.
  • Semua industri yang ada diseluruh negara dapat mempromosikan sumber pendapatannya.
  • Sektor swasta juga ikut mengambil peran kerjasama ini

Manfaat MEA bagi Indonesia antara lain adalah :

1. Mestabilkan Perekonomian Negara

Selama ini ekonomi negara cenderung tidak stabil karena banyak hambatan perdagangan yang ada. Dengan adanya MEA ini diharapkan memberi manfaat pembangunan ekonomi negara menjadi stabil dan lancar untuk kedepannya. MEA sangat mendukung sekali untuk tidak terjadinya kesenjangan sosial bagi penduduk di suatu negara. Dan terasa manfaat perhitungan pendapatan nasional  yang dari tahun ke tahun makin stabil

2. Memberi Keuntungan dari Segi Ekspor dan Impor

Manfaat ekspor impor bagi negara sangat banyak. Ekspor atau pengiriman produk Indonesia ke luar negeri menjadi lebih mudah dan tidak tehambat di bea cukai sehingga produk – produk tersebut dapat sampai dengan cepat dan aman. Dan untuk impor artinya produk negara lain juga memiliki izin untuk beredar di Indonesia sebagaimana produk Indonesia yang boleh beredar di negara kawasan Asia Tenggara.

3. Meningkatnya Investasi

Para pengusaha akan melihat MEA ini sebagai suatu investasi yang besar dan berharga. Mereka akan berlomba – lomba untuk dapat mengivenstasikan sahamnya di perdagangan internasional. Investasi yang menjanjikan merupakan incaran para pengusaha untuk dapat memberikan keuntungan dari produk yang mereka jual.

4. Menjadikan Pembisnis Kreatif

Dengan adanya perdagangan internasional ini pada pengusaha akan saling bersaing untuk melancarkan strategi kreatifnya. Mereka akan memilih para pekerja yang handal dan profesional untuk sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya. Para pengusaha akan berlomba mengaplikasikan ide – ide mereka untuk produk yang akan di kirim ke luar negeri. Baca juga : (Manfaat bisnis sendiri untuk keuangan masa depan)

5. Menambah Laba bagi Negara

Dengan berjalannya sistem MEA ini maka ekspor produk ke negara tetangga tidak lagi di kenai biaya, dan ini akan memberikan keuntungan bagi produk yang akan di ekspor keluar negeri. Produk yang di ekspor juga tidak akan memiliki hambatan yang berarti karena MEA mendukung sistem ekspor antar negara kawasan Asia Tenggara.

6. Mensejahterakan Masyarakat

Dengan adanya MEA masyarakat menjadi lebih sejahtera karena banyaknya tersedia lapangan pekerjaan yang ada. Untuk bekerja di negara tetangga tentu akan dipermudah karena masyarakat ekonomi Asean sangat mendukung program pertukaran tenaga kerja masing-masing negara. Tentu tenaga kerja yang di rekrut adalah pekerja yang memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan tempat kerja.

Begitu banyak manfaat MEA bagi negara Indonesia dan kawasan Asia Tenggara pada umumnya.  Diharapkan perekonomian Indonesia menjadi lebih stabil, karena untuk tahun 2015 rata – rata pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya 5,5 %. Ini karena banyaknya tenaga kerja yang menganggur dan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Masalah ini diharapka segera terselesaikan dengan adanya masyarakat ekonomi Asean.

Baca juga :

Dampak Negatif dari MEA

Diantara manfaat MEA ada juga dampak negatif dari MEA bagi Indonesia. Berikut ini dampak negatifnya bagi Indonesia antara lain adalah :

1.Persaingan Produk

Produk yang berasal dari luar akan banyak di impor ke Indonesia, ini akan menjadikan ketakutan tersendiri yang harus disikapi dengan bijaksana karena produk Indonesia akan bersaing dengan Produk impor yang kualitasnya kadang sangat bagus sekali.

2. Persaingan Tenaga Kerja

Tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja pada negara sendiri juga harus meningkatkan kualitan sumber daya manusianya karena akan bersaing dengan tenaga kerja asing yang memilih untuk bekerja pada negara Indonesia. untuk ini diharapkan kreatifitas dari para tenaga kerja Indonesia untuk tetap mau belajar agar tidak kalah persaingan dengan tenaga kerja asing.

3. Eksploitasi bagi Indonesia

Dengan masuknya para investor asing ke Indonesia untuk melakukan eksploitasi bagi manfaat sumber daya alam bagi manusia di Indonesia yang melimpah dapat merusak ekosistem di Indonesia. bagaimanapun juga eksploitasi besar – besaran akan memberikan pengaruh yang buruk bagi negara Indonesia. Untuk itu Indonesia di minta sangat waspada, karena jika eskploitasi itu benar terjadi maka akan menimbulkan kerugian yang sangat bagi negara. Baca juga : (Manfaat sumber daya alam)

Cara untuk menghindari dampak negatif yang terjadi akibat MEA adalah meningkatkan sumber daya manusia dan industri di indonesia.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Sosial