8 Manfaat Batu Bara Cair – Solusi yang Lebih Ramah Lingkungan

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa batu bara berbentuk seperti batu yang pemanfaatannya dilakukan dengan cara dibakar. Dibandingkan minyak bumi ternyata cadangan batu bara jauh lebih besar yaitu bisa dimanfaatkan sampai 155 tahun. Namun tentu saja banyak ilmuan yang berfikir keras agar cadangan sumber energi bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga waktu pemanfaatnnya bisa diperpanjang.

Batu Bara Cair Solusi Yang Lebih Ramah Lingkungan

Tidak banyak yang mengetahui potensi batu bara cair yang ternyata jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan sumber energi fosil lainnya. Ada banyak sekali manfaat barang tambang untuk kehidupan dan batu bara cair tentunya juga dapat dimanfaatkan sebagai solusi bahan bakar minyak. Teknologi ini sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan namun outputnya bisa sangat menjanjikan.

Manfaat Batu Bara Cair

Lalu apakah manfaat batu bara cair setara dengan manfaat batu bara dalam kehidupan sehari-hari yang selama ini telah diketahui? Walaupun masih dalam tahan penelitian sudah banyak sekali penelitian atau studi yang membahas tentang apa saja manfaat batu bara cari terutama untuk kehidupan umat manusia.

  1. Alternatif Pengganti Minyak Bumi

Mungkin sulit membayangkan ada pengganti dari manfaat minyak bumi yang sangat banyak. Namun dibandingkan dengan ketersediaan minyak bumi yang hanya bisa dinikmati sekitar 40 tahun kedepan, cadangan batu barau masih bisa dinikmati sampai 155 tahun kedepan. Jika batu bara cair ini bisa diproduksi dengan baik maka salah satu manfaat batu bara bagi kehidupan manusia juga bisa digunakan sebagai alternatif minyak bumi. Hal ini tentunya juga dapat memperpanjang lama pemanfaatan minyak bumi karena terdapat alternatif pilihannya yaitu batu bara cair.

  1. Sebagai Bahan Bakar Cair

Batu bara dulunya memang dimanfaatkan untuk transportasi seperti kereta dan kapal. Namun sekarang tentunya hal tersebut sudah tidak lagi sesuai dengan kebutuhan jaman dimana bahan bakar cair menjadi solusi terbaik. Kedepannya, batu bara cair justru dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan bakar cair untuk menggantinya tak hanya bensin tapi juga jet fuel  atau bahan bakar pesawat.

  1. Meningkatkan Kualitas Batu Bara yang Rendah

Indonesia memang masih memiliki cadangan batu bara yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa puluh tahun kedepan namun sayangnya kebanyakan kualitas batu bara yang terdapat di Indonesia berkualitas rendah. Kalaupun ada kualitas premium akan digunakan sebagai bahan ekspor. Dengan diubahnya batu bara kualitas rendah tersebut menjadi batu bara cair maka hal tersebut dapat meningkatkan kualitas batu bara.

  1. Mengubah Batu Bara Menjadi Produk yang Ekonomis

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, kebanyakan kualitas batu bara di Indonesia sangat rendah sehingga tidak menarik minat para eksportir. Sebaliknya kalaupun ada batu bara berkualitas baik akan segera diekspor karena memang memiliki nilai yang ekonomis. Jika batu bara kualitas rendah tersebut dapat dijual setelah menjadi batu bara cair berkualitas baik maka produk yang tadinya tidak dilirik bisa menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

  1. Menghasilkan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Memperpanjang jangka waktu pemanfaatkan sumber daya yang berasal dari fosil tentunya akan menghasilkan solusi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Dalam jangka panjang, batu bara cair tak hanya bisa menjadi solusi bahan bakar cair saja tapi juga menjadi alternatif sumber energi yang dibutuhkan tak hanya untuk kehidupan sehari-hari tapi juga mendukung industri yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia.

  1. Harga Yang Lebih Terjangkau

Ternyata dibandingkan dengan proses dan pengelolaan bahan bakar lainnya ternyata biaya produksi proses dan pengolahan batu bara cari dianggap sebagai salah satu yang paling murah. Itu artinya produk premium yang dihasilkan tapi dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. Teknologi Pengolahannya Juga Lebih Ramah Lingkungan

Walaupun masih banyak spekulasi tentang dampak negatif yang mungkin bisa berdampak buruk bahkan sangat berbahaya untuk lingkungan namun secara garis besar jika dikelola dan diawasi dengan baik, teknologi pengolahan batu bara cair justru dianggap lebih ramah lingkungan dengan sisa limbahnya yang juga masih bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lain.

  1. Limbah Batu Bara Masih Bisa Dimanfaatkan

Salah satu bentuk manfaat ampas batu bara yang dihasilkan dari hasil pengolahan batu bara adalah debu dan beberapa unsur lainnya yang sejenis. Limbah ini ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran aspal. Tentunya Anda sudah tahu manfaat batu aspal yaitu sebagai bahan pelapis jalan yang memiliki fungsi utama tak hanya memberikan kenyamanan dalam berkendara tapi juga melindungi kendaraan.

Namun terdapat sisi lain dari batu bara yang dikenal dengan sifat batu bara yang kotor. Dengan adanya pengembangan teknologi batu bara cair yang dianggap mampu menjadi solusi jangka panjang kebutuhan minyak dan bahan bakar berdampak pada meningkatkan penambangan batu bara. Jika tidak diawasi dengan sangat baik hal ini justru dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi lingkungan terutama lingkungan sekitar penambangan batu bara.