20 Manfaat Sabun Sereh untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kaum ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. Berbentuk batang berukuran pendek yang sering dicampurkan ke dalam masakan untuk menambah aroma masakan. Ya, sereh atau yang dikenal juga dengan serai merupakan tumbuhan dari suku rumput-rumputan yang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bumbu masakan seperti gulai dan rendang tumbuhan ini ternyata juga dimanfaatkan untuk mengusir serangga seperti nyamuk, mengatasi berbagai penyakit serius seperti kanker, anemia, dan diabetes, hingga membantu untuk menurunkan berat badan. Jika diekstrak sereh dapat menghasilkan minyak yang memiliki aroma khas yang menyegarkan.

Artikel terkait: manfaat daun serai

Dan yang tidak kalah pentingnya sereh juga sangat bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit. Hal ini didukung oleh kemampuannya memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah sehingga darah menjadi bersih dan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Seperti yang kita ketahui sumber segala macam penyakit termasuk penyakit-penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan gangguan kulit lainnya merupakan akibat dari kotornya darah serta tersumbat atau tersendatnya aliran darah dalam tubuh seseorang. Darah yang kotor menunujukkan kondisi dimana darah yang mengalir ke seluruh tubuh lebih banyak membawa karbondioksida daripada oksigen. Padahal sebaliknya yang justru dibutuhkan tubuh adalah darah bersih atau darah yang kaya akan oksigen dan zat-zat makanan lain.

Artikel terkait:

Menyadari manfaat sereh untuk kecantikan dan pemeliharaan kulit menjadikan banyak produsen produk kecantikan yang memproduksi sabun sereh. Sesuai namanya sabun ini terbuat dari bahan utamanya berupa sereh serta ditambahkan bahan-bahan lain yang tidak kalah bermanfaatnya untuk kecantikan kulit seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan lain sebagainya. Sabun sereh ini diklaim aman untuk kulit wajah dan tubuh sehingga tidak perlu takut menggunakannya untuk perawatan wajah sehari-hari. Cukup dengan satu sabun anda dapat merawat kulit tubuh dan wajah sekaligus.

Artikel terkait:

Manfaat Sabun Sereh

Dengan menggunakan sabun sereh secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat diantaranya:

  1. Mengatasi jerawat

    Jerawat merupakan masalah yang menimpa kebanyakan orang. Jerawat ditandai dengan kemunculan benjolan kecil pada area wajah dan punggung. Meskipun dalam kadar normal jerawat tidak terlalu berbahaya namun cukup mengganggu penampilan sehingga bisa mengakibatkan seseorang menjadi minder dan tidak percaya diri. Oleh karena itu bermunculanlah berbagai macam obat penghilang jerawat yang beredar di pasaran. Mulai dari produk-produk pabrik ternama hingga produk yang mereknya mungkin baru pertama kali kita dengar. Salah satunya sabun sereh yang dipercaya mampu mencegah dan menghilangkan jerawat. Tidak hanya sampai di situ sabun sereh juga dapat membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat sehingga wajah kembali terlihat bersih.

    Artikel terkait: manfaat natur e – manfaat acnol

  2. Menghilangkan noda dan flek hitam di wajah

    Selain jerawat, kehadiran noda dan flek di kulit terutama di sekitar wajah juga sangat mengganggu. Membuat wajah terlihat kusam dan kotor. Untuk itu anda dapat menggunakan sabun sereh yang memiliki manfaat untuk menghilangkan berbagai noda dan flek di kulit.

    Artikel terkait: manfaat baking soda – manfaat melanox cream

  3. Mengobati gatal pada kulit

    Rasa gatal pada kulit merupakan hal yang sangat mengganggu baik kenyamaan diri sendiri maupun dalam berhubungan dengan orang lain. Malu sekali rasanya jika harus menggaruk-garuk anggota tubuh di hadapan orang lain, namun jika rasa gatal sudah menyerang keinginan untuk menggaruk menjadi begitu besar. Rasa gatal ini dapat timbul karena berbagai faktor seperti keringat, panu, eksim, kadas, atau gangguan kulit lainnya. Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kita dapat memanfaatkan sabun sereh. Dengan penggunaan secara rutin dipercaya dapat mengurangi dan mengobati rasa gatal pada kulit.

    Artikel terkait: manfaat bedak herocyn – manfaat daging monyet

  4. Melindungi kulit dari gigitan serangga

    Selain untuk perawatan kulit sabun sereh juga memiliki aroma yang tidak disukai serangga sehingga dapat melindungi penggunanya dari gigitan serangga seperti nyamuk. Daripada menggunakan lotion anti nyamuk yang cukup keras dan kurang bersahabat bagi kulit lebih baik menggunakan sabun sereh yang alami dan aman bagi kulit.

    Artikel terkait: manfaat bunga lavender – manfaat tembakau

  5. Menghangatkan tubuh

    Menggunakan sabun sereh ketika mandi juga dapat memberikan sensasi rasa hangat di tubuh sehingga setelah mandi badan menjadi segar dan bersemangat kembali.

  6. Mengatasi bau badan

    Dengan aromanya yang khas penggunaan sabun sereh sebagai peralatan mandi juga dapat membantu menghilangkan bau badan yang tidak enak. Badan pun terhindar dari aroma yang tidak sedap dan membuat anda percaya diri kembali.

    Artikel terkait: manfaat daun beluntas untuk bau badan

  7. Mengatasi bau kaki

    Kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang sering menjadi sumber bau tak sedap. Posisinya yang ada di bawah menjadikan kaki terkadang kurang mendapat perhatian ditambah lagi jika sehari-hari menggunakan sepatu tertutup sehingga tidak ada sirkulasi udara di kaki dan akhirnya menimbulkan bau kaki. Sabun sereh dengan aromanya yang khas juga dapat mengusir bau kaki yang sangat mengganggu.

    Artikel terkait: manfaat merendam kaki dengan air hangat campur garam

  8. Membantu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah

    Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang kurang diperhatikan oleh sebagian besar orang. Mungkin karena posisinya di bawah dan jarang diperhatikan orang sehingga perhatian kita justru lebih besar kepada perawatan kulit wajah daripada perawatan kulit kaki. Sehingga banyak orang yang mengalami kulit kaki pecah-pecah atau retak. Sungguh tidak enak dipandang. Untuk mengobatinya kita dapat menggunakan sabun sereh secara rutin.

    Artikel terkait: manfaat air garam untuk kaki

  9. Anti depresi

    Aroma yang khas dari sabun sereh juga bermanfaat sebagai anti depresi bagi para penggunanya. Dengan menghirup aroma khas sereh ketika dan sehabis mandi membuat perasaan lebih tenang sehingga dapat mengatasi depresi.

    Artikel terkait: manfaat pete

  10. Mengatasi ketombe

    Manfaat sabun sereh yang tak kalah penting adalah untuk mengatasi ketombe yang sangat mengganggu. Ketombe tidak hanya membut diri tidak nyaman namun juga sangat mengganggu penampilan. Dengan menggunakan sabun sereh secara rutin untuk keramas dapat membantu membasmi ketombe yang meresahkan di kulit kepala.

    Artikel terkait: manfaat keramas

Sudah tahu kan begitu banyak manfaat sabun sereh untuk kesehatan dan kecantikan? Selain kaya manfaat sabun sereh juga bebas dari efek samping sehingga aman digunakan. Jika tertarik menggunakannya anda dapat menemukannya dengan mudah di pasaran. Ada beberapa merek sabun sereh yang beredar di pasaran dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Demi keamanan dan manfaatnya yang optimal jangan lupa pula untuk meneliti izin dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) untuk produk sabun sereh yang akan digunakan.