7 Manfaat Air Kelapa untuk Diet untuk Kesehatan Tubuh

Semua orang tentu tidak mengingkari lagi bahwa sangat banyak manfaat kelapa untuk kesehatan. Ya, si multitalenta bernama Cocos nucifera ini menjadi buah andalan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit! Nah, menariknya, air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk diet lho!

Siapa yang tidak ingin langsing? Bentuk tubuh yang proporsional dan ideal tidak hanya dicapai demi kepercayaan diri saja, namun memang untuk menjaga kesehatan dari dalam ataupun luar. Banyak sekali penderita obesitas yang pada akhirnya tidak bisa diselamatkan karena kinerja jantung yang begitu berat ataupun organ lain yang tidak mampu berfungsi secara maksimal. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan, sebaiknya Anda melangsungkan diet namun tentu dengan tahapan yang sesuai dengan prosedur.

Dalam ulasan ini, kita akan membahas bagaimana air kelapa dapat berkhasiat untuk membantu diet Anda. Namun begitu, khasiat ini tidak akan berjalan lancar tanpa dibantu pola makan yang sehat dan juga olahraga teratur, karena air kelapa hanya bersifat sebagai pendukung. Nah, mari kita intip bersama apa saja manfaat air kelapa untuk diet berikut ini yang tidak kalah dari manfaat asparagus untuk diet dan manfaat air jahe untuk diet:

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tidak dapat dipungkiri bahwa air kelapa sangat baik untuk membantu seluruh proses metabolisme yang berlangsung di berbagai organ dalam tubuh. Fungsi ini tak terlepas dari kandungan air dan mineral yang beraneka ragam dengan manfaat yang saling berkaitan satu sama lain, baik di saluran pencernaan, peredaran darah, kulit, maupun yang lainnya. Hal ini akan mempercepat proses pemulihan maupun regenerasi sel pada sel-sel yang rusak ataupun mati yang mungkin dialami ketika seseorang melakukan diet. Namun tentu saja air kelapa hanya berperan untuk membantu, tidak dapat berdiri sendiri untuk melaksanakan fungsi tersebut.

2. Sumber Serat yang Tinggi

Kelapa yang mengandung jumlah manfaat serat yang tinggi akan melancarkan sistem pencernaan sehingga mengoptimalkan penyerapan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalan tubuh, sehingga dapat memaksimalkan proses pemecahan molekul kompleks dan terasa lebih kenyang. Hanya saja, serat lebih banyak terkandung di dalam daging buahnya dibanding airnya. Namun karena daging buahnya mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, maka airnya cenderung lebih sehat jika digunakan untuk diet.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin B dan Potasium

Manfaat vitamin B dan manfaat potasium juga tidak kalah penting dalam membantu proses metabolisme khususnya pada sistem peredaran darah. Air kelapa dapat memenuhi kebutuhan tersebut sehingga cocok sebagai menu diet khususnya untuk mengimbangi olahraga yang Anda lakukan, agar regulasi cairan maupun peredaran darah tetap berjalan dengan normal dan Anda tidak kelelahan.

4. Rendah Kalori

Air kelapa mengandung kalori dalam jumlah yang rendah. Tidak hanya itu, air kelapa juga tidak mengandung lemak sehingga tidak akan menggemukan dan sangat disarankan bagi Anda yang sedang melaksanakan diet. Namun begitu, bukan berarti Anda dapat menggantikan air putih sebagai minuman utama, dikarenakan mengonsumsi air kelapa berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan lainnya, sedangkan air putih jauh lebih aman dan tetap menjadi pemenuh cairan tubuh yang paling tepat.


5. Dapat Menjadi Minuman Pengganti yang Manis

Karena rasanya yang sangat enak dan segar, air kelapa dapat menjadi solusi bagi Anda yang sulit untuk meninggalkan kebiasaan mengonsumsi makanan maupun minuman yang manis dan mengandung banyak gula maupun lemak. Dengan air kelapa, Anda bisa tetap memperoleh air yang segar dan manis dengan tetap menjaga kelangsingan tubuh Anda. Air kelapa memang mengandung gula namun jumlahnya juga kecil, sehingga baik untuk menu diet namun tetap tidak berlebihan.

6. Bersifat Diuretik

Manfaat air kelapa untuk diet bersifat diuretik sehingga akan memudahkan pembuangan urin melalui ginjal. Hal ini juga meningkatkan laju pembuangan kelebihan garam, racun, sisa obat-obatan yang masuk ke dalan ginjal sehingga sangat efektif membuang zat-zat yang tidak diperlukan lagi bagi tubuh dimana merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk diet. 


7. Membantu Memecah Lemak

Air kelapa juga dapat membantu memecah lemak dan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Walaupun tidak bisa efektif dalam jangka waktu yang singkat, namun hal ini tetap dibutuhkan agar pembakaran lemak dan mencegah penyakit jantung agar kondisi tubuh tetap prima ketika Anda melaksanakan diet.

Tips Manfaat Air Kelapa untuk Diet

  • Jangan mengonsumsi air kelapa berlebihan karena dapat menyebabkan diare, dan juga tidak baik bagi mereka yang memiliki penurunan fungsi ginjal karena penyaringan mineral pada kelapa yang akan larut dalam darah cukup kompleks.
  • Jangan jadikan air kelapa sebagai pengganti manfaat air putih maupun manfaat susu, karena keduanya memiliki kandungan elektrolit yang lebih baik serta efek samping yang cenderung lebih sedikit.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan