5 Manfaat Arbei untuk Kesehatan

Siapa yang belum mengenal pohon arbei? Arbei merupakan jenis berry-berryan yang pohonnya banyak tumbuh pada sekitaran pinggiran sungai ataupun daerah yang dekat dengan air, di dalam hutan, dan bisa juga ditanam secara khusus. Pada dasarnya pohon arbei masih mirip dan juga satu keluarga dengan pohon strawberry, blackberry dan keluarga buah beri lainnya. Arbei memiliki bentuk buah yang cukup unik, bulat gendut dengan warna merah yang menyala. Rasa dari buah arbei yang manis-manis asam pun semakin menambah keunikan dari buah arbei ini. perbedaan mendasar dari buah arbei dengan buah strawberry adalah buah arbei yang memiliki ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan buah strawberry.

Selain berbeda dari ukuran buahnya, pohon arbei sendiri juga hidup secara bergerombol, dan memiliki pohon yang merambat dan berukuran lebih tinggi, terutama apabila dibandingkan dengan pohon strawberry. Buah arbei sendiri, karena tergolong dalam kelompok buah berry, maka sudah pasti buahnya memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan manfaat arbei :

1. Rasanya yang menyegarkan

Buah arbei merupakan jenis buah-buahan yang memiliki rasa yang manis asam. Hal ini menyebabkan buah arbei merupakan salah satu buah yang memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga sangat nikmat apabila kita konsumsi langsung begitu saja. Ketika mengantuk atau merasa lemas, maka mengkonsumsi buah arbei bisa meningkatkan semangat dan menghilangkan kantuk yang melanda diri karena rasanya yang asam.

2. Kandungan antioksidan tinggi

Saat ini, radikal bebas sudah menjadi salah satu isu dunia yang berkembang pesat. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, mulai dari gangguan kulit, hingga menyebabakan munculnya penyakit berbahaya, seperti penyakit kanker. Nah, konsumsi buah arbei ini juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas, karena buah arbei merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan bahaya dari radikal bebas.

3. Kaya akan vitamin dan juga mineral

Ya, seperti jenis buah-buahan lainnya, buah arbei pun turut memiliki andil yang cukup besar dalam mencukupi kebutuhan mineral dan juga vitamin anda sehari-hari. Sebagai salah satu buah yang masuk ke dalam category berry-berryan, maka buah arbei juga memiliki banyak kandungan vitamin dan juga mineral. Seperti manfaat vitamin C, manfaat vitamin E dan vitamin lainnya. Tentusaja sangat bermanfaat bagi kebutuhan gizi tubuh kita sehari-harinya.

4. Kaya akan serat

Serat juga merupakan salah satu ciri khas buah-buahan yang masuk ke dalam keluarga berry dan buah asam. Ya, manfaat arbei juga memiliki manfaat serat yang cukup banyak, sehingga dapat menjadi pilihan alternatif buah yang harus anda konsumsi untuk mencukupi asupan serat anda sehari-hari. Asupan serat yang terpenuhi dengan optimal akan menyebabkan anda menjadi lebih lancar dalam buang air besar, memperlancar pencernaan anda dan mempermudah penyerapan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan ke dalam tubuh.

5. Baik untuk kesehatan kulit

Kesehatan kulit dan tubuh juga bisa terjaga ketika anda rajin mengkonsumsi buah –  jenis berry, salah satunya adalah buah arbei ini tentunya. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak maka kesehatan anda akan terjaga, daya tahan tubuh akan menjadi lebih optimal. Buah arbei ini bisa membantu anda menjaga kesehatan kulit.

Daun arbei

Ternyata, tidak hanya buah arbeinya yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Bagian lainnya dari pohon arbei, yaitu daun arbei memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya dibandingkan buah arbei. Banyak orang mengklaim bahwa ramuan tradisional yang menggunakan bahan dasar daun dari pohon arbei, memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah-masalah pernapasan. Ada beberapa masalah pernapasan yang bisa diatasi dengan membuat ramuan dari bahan dasar buah arbei, yaitu :

  • Sesak nafas
  • Batuk – batuk
  • Asma ringan dan akut
  • Dan penyakit yang menyerang bagian paru – paru

Nah, ketika mengalami beberapa penyakit tersebut maka anda bisa mencoba mengatasinya dengan membuat ramuan dari daun pohon arbei. Caranya sangat mudah, berikut ini adalah cara untuk mengolah daun arbei menjadi obat yang dapat mengatasi gejala pernapasan :

  1. Siapkan daun arbei dan juga ketumbar sebanyak krang lebih satu sendok makan
  2. Rebus daun arbei dan juga ketumbar tersebut hingga mendidih di dalam air sebanyak kira-kira 2 liter
  3. Setelah itu, tunggu hingga rebusan tersebut menjadi hangat. Setelah hangat dan bisa diminum, maka minumlah rebusan tersebut

Cara diatas merupakan salah satu cara alternatif yang bisa anda coba untuk mengobati dan juga mengatasi gejala-gejala pernapasan pada tubuh anda. Meski demikian, cara ini memang belum sepenuhnya teruji secara empiris, sehingga perlu dibuktikan lebih lanjut dengan penelitian.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan