7 Manfaat Aerobik Untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Aerobik merupakan salah satu jenis senam yang diiringi oleh musik dengan begitu banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh khususnya jantung yang bisa dilakukan mulai dari anak anak, orang dewasa dan bahkan orang tua. Tarian aerobik yang lebih dikenal dengan senam aerobik sudah mulai populer di sekitar akhir tahun 70-an di Amerika yang kemudian mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1980 dan dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai aktivitas kebugaran. Aerobik umumnya dilakukan pada pagi hari pada tempat keramaian seperti lapangan, taman, tempat parkir dan berbagai area luas lain yang dipimpin oleh instruktur senam. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, ada banyak manfaat aerobik untuk diet yang juga bisa anda dapatkan dan beberapa diantaranya akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ada lebih dari 15 manfaat senam aerobik bagi kesehatan dan salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Senam aerobik sangat baik dilakukan untuk membakar kalori dengan sangat cepat dan juga bisa mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh yang tentunya akan berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Untuk itu, banyak wanita yang melakukan senam aerobik ini untuk menjaga agar tampilan tubuh tetap terlihat langsung dan ideal serta untuk mengecilkan perut.

  1. Memperkuat Nafas dan Stamina

Salah satu alasan mengapa seseorang tidak bisa bernafas secara baik dan kuat adalah karena menumpuknya lemak dalam tubuh dan aliran oksigen dalam darah yang terganggu dan bisa terlihat sangat jelas jika sedang melakukan aktivitas berat sehingga akan lebih cepat terasa lelah. Untuk mendapatkan nafas yang lebih kuat dan juga stamina lebih baik, maka aerobik menjadi salah satu cara tepat untuk dilakukan.

  1. Membersihkan Arteri

Aerobik juga sangat baik dilakukan untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar kolesterol tinggi yakni kolesterol jahat atau LDL dalam darah. LDL atau kolesterol jahat ini tidak hanya membuat seseorang kelebihan berat badan namun juga bisa menumpuk pada plak arteri yang nantinya akan menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung serta stroke.

  1. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stress

Aerobik juga sangat baik dilakukan untuk mengaktifkan salah satu hormon dalam tubuh yakni endorfin yang merupakan hormon penghasil rasa bahagia dan senang. Dengan ini, maka stress yang didapat dari aktivitas sehari hari bisa diturunkan yang juga memberikan banyak manfaat aerobik untuk menurunkan berat badan.

  1. Menguatkan Otot

Kombinasi dari latihan aerobik tergantung dari aktivitas yang dilakukan seperti berjalan, berlari, manfaat berenang setiap hari atau olahraga pemompa jantung yang lain serta latihan kekuatan seperti angkat beban sangat baik dilakukan tidak hanya untuk menjaga kesehatan jantung namun juga meningkatkan kemampuan otot untuk menarik oksigen dari darah sehingga bisa bersirkulasi dengan baik. Dengan ini, lemak yang menumpuk di dalam tubuh nantinya akan diubah menjadi otot sehingga tidak hanya penurunan berat badan yang anda dapatkan namun juga bentuk badan yang jauh lebih baik selain banyak juga manfaat yoga untuk diet.


  1. Memperlambat Diabetes

Dalam penelitian yang dilakukan Johns Hopkins menunjukkan jika latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan secara teratur akan menurunkan risiko seseorang terkena diabetes hingga mencapai 50% yang tentunya juga berpengaruh terhadap kestabilan berat badan. Otot nantinya akan memproses glikogen menjadi sumber energi yang lebih baik dan mengontrol gula darah terlalu berlebihan di tubuh.

  1. Mengurangi Peradangan

Segala macam olahraga yang dilakukan secara teratur seperti salah satunya aerobik sangat ampuh untuk mengatasi peradangan kronis dalam tubuh termasuk mengurangi rasa sakit dari peradangan tersebut. Ini menjadi faktor penting untuk mengurangi berbagai efek buruk dari penyakit yang juga disebabkan karena berat badan berlebihan dalam tubuh.

Manfaat aerobik untuk diet tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan saja namun memberikan kegunaan yang jauh lebih luas untuk tubuh yakni menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh sehingga menjadi salah satu pilihan aktivitas terbaik untuk dilakukan supaya berat badan ideal bisa terjaga sekaligus memastikan tubuh selalu dalam keadaan yang sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga