11 Manfaat Lari Pagi Untuk Wanita Dari Kecantikan Hingga Kesehatan

Banyak wanita yang menyatakan jika lari pagi adalah hal yang cukup dilakukan. Bukan karena sulit dilakukan namun hanya karena alasan malas untuk melakukan olahraga tersebut. Sebenarnya, wanita bisa banyak memperoleh manfaat dari lari pagi baik secara langsung atau tidak langsung. Lari pagi menjadi olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Hal yang perlu anda lakukan adalah bangun pagi, memakai sepatu lari dan mulai aktivitas lari pagi anda. Olahraga lari pagi tidak lagi identik sebagai olahraga kaum pria namun juga populer di kalangan para wanita khususnya yang menggunakan pola hidup sehat. Anda hanya perlu melakukan lari pagi sebanyak 6 hari dalam seminggu dan memberikan 1 hari agar otot otot dalam tubuh bisa kembali pulih. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat lari pagi untuk wanita yang bisa didapatkan?, berikut penjelasannya untuk anda.

  1. Membantu Program Diet

Sebenarnya, para wanita tidak diharuskan memaksakan diri untuk berlari cepat dengan jarak yang jauh atau manfaat lari sprint hanya untuk membakar kalori. Anda hanya perlu berlari dengan kecepatan yang santai sampai sedang sebab sudah cukup ampuh untuk membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Dengan semakin banyak kalori dalam tubuh yang terbakar, maka pola diet yang sedang dijalankan tentunya akan lebih mudah diatur.

  1. Mengatasi Nyeri Mnestruasi

Jika anda adalah wanita yang sering merasakan nyeri ketika menstruasi, maka lari pagi menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman ketika menstruasi. Ketika lari pagi, maka tubuh wanita secara otomatis bisa menghasilkan hormon endorfin yakni hormon dalam tubuh yang bisa memberikan rasa bahagia sekaligus menghilangkan rasa nyeri yang terjadi selama menstruasi.

  1. Mengencangkan Tubuh

Ketika seorang wanita tidak terlalu banyak beraktivitas atau jarang bergerak, maka otot tubuh akan mengendur dan bentuk tubuh jadi tidak jelas. Manfaat lari pagi setiap hari sangat baik dilakukan untuk mengatasi tubuh yang menggelambir karena lemak dalam tubuh akan dibakar sekaligus mengencangkan otot otot tubuh. Olahraga ini juga baik dalam membakar kalori sehingga anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang kencang sekaligus padat.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau kesulitan tidur yang dialami para wanita bisa terjadi karena stres atau terlalu banyak tekanan dari pekerjaan dan aktivitas sehari hari. Ketika anda melakukan lari pagi, maka asam laktat di dalam tubuh akan dibuang dari dalam tubuh sehingga anda bisa beraktivitas lebih nyaman sekaligus mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik saat malam hari yang menjadi salah satu manfaat lari bagi wanita.

  1. Menjaga dan Melatih Pernapasan

Tidak hanya pria, namun wanita juga sering gampang lelah karena nafas pendek atau bahkan sering terasa sesak napas ketika stress berlebihan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya anda tidak harus mengkonsumsi berbagai jenis obat obatan namun bisa diatasi hanya dengan rutin lari pagi. Awali lari pagi anda dengan jarak dekat yang kemudian ditingkatkan secara bertahap sehingga sistem pernapasan anda akan lebih baik sekaligus melancarkan peredaran darah yang sangat penting bagi jantung.

  1. Memberikan Tampilan Awet Mudah

Untuk anda para wanita yang ingin mendapatkan tampilan wajah merona, maka lari pagi juga menjadi pilihan yang bisa anda lakukan. Ketika anda berlari, maka tidak hanya aliran darah ke seluruh tubuh yang semakin lancar, namun juga membantu dalam mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat. Hasilnya, tampilan kulit wajah dan tubuh anda akan terlihat lebih awet muda tanpa perlu menggunakan perawatan kulit yang berharga cukup mahal.

  1. Menyehatkan Kulit

Semua wanita di dunia sangat peduli dengan kesehatan kulit dan olahraga menjadi solusi kecantikan kulit yang tepat untuk dilakukan. Bahkan para ahli dermatologi mengatakan jika lari pagi bisa mengangkat racun pada tubuh sehingga lemak yang menumpuk pada kulit bisa terbuang dan memberikan tampilan kulit lebih sehat, kencang dan juga cantik.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ada lebih dari 20 manfaat lari pagi bagi kesehatan yang bisa didapatkan jika dilakukan secara teratur. Lari pagi dengan rutin bisa meningkatkan metabolisme yang sangat penting untuk menurunkan berat badan agar lebih mudah. Lari pagi juga ampuh untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh wanita secara menyeluruh.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Bagi anda para wanita yang mengalami penurunan proses berpikir, maka lari pagi bisa anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan otak anda. Hal ini bisa terjadi karena lari pagi akan melancarkan aliran darah sehingga akan banyak oksigen yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh termasuk ke otak dan akhirnya otak anda bisa bekerja lebih maksimal.


  1. Mencegah Diabetes

Diabetes bisa terjadi karena gaya hidup tidak sehat yang sudah menjadi bagian dari masyarakat sekarang ini termasuk wanita karir yang seringkali disibukkan dengan banyak aktivitas sehingga mengkonsumsi makanan cepat saji lebih sering. Penyakit ini bisa diturunkan dengan mudah yakni dengan lari pagi secara teratur dimana risiko diabetes bisa diturunkan hingga sebesar 50%.

  1. Mengencangkan Paha

Bagi anda wanita yang ingin memiliki bentuk paha padat berisi, maka lari pagi menjadi jawaban terbaik dan tidak harus didapatkan dari manfaat lari jarak jauh. Ketika anda sedang berlari, maka otot otot yang ada di paha serta bokong menjadi lebih kuat, padat dan berisi. Hal ini tentunya akan semakin mendukung penampilan seorang wanita agar lebih berbentuk dan sempurna.

Manfaat lari pagi untuk wanita dari mulai kesehatan, masalah menstruasi dan kulit merupakan solusi mudah untuk mendapatkan kesempurnaan dalam hidup anda. Mulailah rutin melakukan lari pagi mulai sekarang agar anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.