Manfaat Wortel

Manfaat wortel sangat beragam, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya,  Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

- Mengurangi resiko kanker

-Di dalam wortel seperti hidrat arang, fosfor, beta karoten dalam wortel menjadi kumpulan zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan gejala kanker dan serangan jantung.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

- Menekan resiko timbulnya gejala penyakit jantung

Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel. penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan.

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan

- Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit. Manfaat kulit manggis isunya juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit ini.

- Sebagai anti polusi

Wortel merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. antioksidan akan menangkal radikal bebas polusi yang dimanapun mengelilingi tubuh. Manfaat antioksidan itu sendiri pun, dipercaya untuk memperlambat efek penuaan dini.

Mengkonsumsi sayuran seperti wortel ini sangat banyak manfaat yang dapat kita rasakan, namun jangan sampai melebihi batas konsumsi perhari. Tentunya kita tidak menginginkan efek samping karenanya. konsumsilah berbagai jenis sayuran lain secara seimbang. Manfaatnya pun dapat anda rasakan secara menyeluruh.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:28 Oleh :
Kategori : Sayuran