73 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan & Kandungan Gizinya

Manfaat tomat sepertinya sudah tidak asing lagi untuk setiap orang di penjuru dunia. Tomat memang memiliki rasa keasaaman yang khas, dan sering digunakan orang sebagai salah satu bumbu pada masakan. Tidak hanya menjadi bumbu masakan, namun kandungan nutrisi di dalam tomat ini memberikan manfaat bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Tomat

manfaat tomatNutrisi di dalam satu porsi tomat mentah (satu Cangkir atau 150 gram) meliputi, vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Sebagian besar dari kita tidak menyadari dengan asupan mineral yang cukup, namun tomat menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, FOSFOR dan tembaga.

Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid.

Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, seperti yang terdapat pada manfaat alpukat atau manfaat minyak zaitun, dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang baik.

Kandungan Gizi Tomat  (Per 100 g Penyajian)

kandungan gizi tomat

Dengan kandungan gizi yang cukup berlimpah tersebut, apakah manfaat tomat bagi kesehatan kita.

Manfaat tomat bagi kesehatan sudah dipercaya dapat membantu berbagai masalah serius hingga kanker. Sejumlah nutrisi di dalam tomat tersebut, sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Diantaranya berguna sebagai :


#1. Super Ampuh Untuk Kanker

Studi tentang kanker menemukan tomat yang dikombinasikan dengan manfaat brokoli saling bersinergi dan dapat membantu mengurangi kanker. Dalam penelitian tersebut memberikan hasil bahwa tumor prostat tumbuh lebih lambat pada tikus yang diberi makan tomat dan bubuk brokoli dibandingkan pada tikus yang diberikan likopen sebagai suplemen atau hanya makan brokoli atau tomat saja.

Kandungan Likopen

Studi pada University of Montreal menunjukkan bahwa diet yang kaya akan tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas. Para peneliti menemukan bahwa kandungan likopen (kandungan utama pada tomat) dikaitkan dengan penurunan 31% risiko kanker pankreas pada laki-laki dengan asupan tertinggi dan terendah zat tersebut. Kandungan ini lebih banyak terdapat pada tomat-tomat yang sudah dimasak.


2. Meningkatkan Kemampuan Mata

Tomat mengandung antioksidan yang sangat power full yaitu : beta karoten (yang tertanggung jawab terhadap fungsi vitamin A dalam tubuh) seperti pada manfaat wortel. Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.


3. Memperbanyak ASI Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan makanan yang mampu meningkatkan produksi SI seperti manfaat daun katuk. Namun tomat juga bisa menjadi alternatif lain, untuk meningkatkan konsentrasi likopen ASI. Dalam hal ini, tomat yang telah dimasak akan memberikan hasil yang terbaik. Karena para peneliti menemukan bahwa produk tomat seperti saus tomat memberikan peningkatan konsentrasi likopen dalam ASI lebih dari tomat segar.


4. Menurunkan Berat Badan

Tomat dapat membantu menurunkan berat badan sebagai menu diet, yang dibuat dengan rencana olahraga yang juga harus dilakukan. Mengkonsumsi banyak tomat ke dalam makan sehari-hari dengan membuatnya sebagai camilan seperti salad, casserole, sandwich dan makanan lainnya. Karena tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat, tanpa menambahkan resiko penambahan kalori atau lemak di dalamnya.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Jika kemungkinan anda sering mengalami rasa nyeri, seperti arthritis atau nyeri punggung), tomat dapat meringankan rasa sakit ini. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan. hal ini termasuk juga pada peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potasium dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung selain itu kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam sebuah tomat sangat penting untuk jantung. Jenis asupan kalium dan dikombinasikan dengan diet rendah natrium dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit akrdiovaskular.

7. Mencegah Hipertensi

Mengurangi sodium merupakan salah satu langkah dalam mencegah penyakit hipertensi, namun meningkatkan asupan potasium sangat penting untuk membantu dalam mencegah terjadinya tekanan arah tinggi.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

Manfaat sayur-sayuran yang kaya akan betakaroten dan vitamin A, memberikan khasiatnya untuk menyehatkan kulit dan rambut, begitu juga pada tomat. Betakaroten, juga ditemukan dalam manfaat ubi jalar dan wortel yang membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Kemudian vitamin A pada tomat sangat baik untuk rambut, seperti berikut :


8. Mengatasi Kulit Berminyak

Pada kulit yang berminyak, beberapa masalah kulit sering muncul. Jerawat dapat dicegah dengan penggunaan masker tomat setiap seminngu dua kali. Kombinasi kasker tomat dan alpukat juga membantu mengatasi komedo karena keduanya bersinergi dengan zat alami anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit.

Cara Penggunaan :

  1. Iris buah tomat segar seperlunya
  2. Tempelkan pada kulit berminyak 10-15 menit
  3. Bilas dengan air bersih
  4. Lakukan secara rutin pagi dan malam sebelum tidur. Minyak pada kulit akan segera menghilang.


9. Sebagai Tabir Surya

Terik matahari yang secara langsung membakar kulit, dapat dicegah dengan tomat yang dibalurkan pada kulit. Kandungan lycopene di dalam tomat, membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan sinar UV. Selain itu, bila terjadi peradangan dapat ditambahkan sedikit yogurt pada kulit yang terjadi peradangan.

Cara penggunaan :

  • Jus tomat 1 – 2 buah tanpa air
  • Oleskan pada kulit secara merata sebelum keluar rumah
  • Biarkan 10-15 menit
  • Lalu bersihkan dengan air bersih.


10. Mengatasi Kerontokan Rambut

Vitamin A yang terdapat pada tomat, sangat baik menjaga kilauan dan kekuatan rambut. Dan berfungsi nyata juga bagi kesehatan gigi dan tulang. Meskipun tomat memang tidak dapat membantu melebatkan rambut tipis seperti manfaat seledri, tetapi tomat dengan mengkonsumsi tomat, akan membuat rambut terlihat lebih baik.

Cara penggunaan :

  • Jus tomat 1-3 buah sesuai dengan kebutuhan rambut
  • Keramas rambut dengan jus tomat tersebut.

Atau

  • Konsumsi tomat mentah secara rutin


11. Mencegah Jerawat

Tomat juga mengandung vitamin E yang dapat digunakan sebagai pencegah jerawat datang kembali di kulit wajah. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menjadikannya masker seperti halnya manfaat mentimun.

Cara Penggunaan :

  • Iris 1 buah tomat
  • Tempelkan pada kulit wajah tempat jerawat anda.
  • Biarkan 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin

12. Mencegah Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang dapat dimanfaatkan dengan tomat. Penyebab utama komedo adalah adanya minyak yang mengendap di kulit wajah. Menjadikan tomat sebagai masker akan sangat efektif mencegah dan menghilangkan komedo.

Cara Penggunaan :

  • Iris 1 buah tomat
  • Tempelkan pada kulit wajah tempat jerawat anda.
  • Biarkan 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin

Selain manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan di atas ada baiknya kita mengulas manfaatnya berdasarkan kandungan gizi tomat yang paling banyak. Apa saja kandungan gizi tomat yang paling tinggi?


Manfaat Tomat Berdasarkan Kandungan gizinya

Kita akan mengulas manfaat tomat berdasarkan kandungan gizinya yang cukup baik untuk kesehatan, berikut adalah kandungan gizi paling tinggi dari tomat dari 100 gram penyajiannya.

  1. Vitamin C (23.4 mg / 100 gr, 26% Kebutuhan harian)
  2. Vitamin A (883 IU / 100 gr, 17 % Kebutuhan harian)
  3. Potasium (237 mg /100 gr, 7% Kebutuhan harian)
  4. Mangan (0.1 mg/ 100gr, 6 % kebutuhan harian)
  5. Vitamin K (7.9 mcg / 100 gr, 10 % kebutuhan harian)
  6. Serat (1.2 g / 100 gr, 5% kebutuhan harian)
  7. Asam Folat (15 mcg/100gr, 4 % kebutuhan harian)
  8. Vitamin B6 (0.1 mg/ 100 gr, 4% kebutuhan harian)
  9. Vitamin B3 (0.6 % / 100 gr, 3 % kebutuhan harian)
  10. Zat besi (0.1 mg/ 100 gr, 3% kebutuhan harian)

Lalu apa saja fungsi dari nutrisi di atas, berikut penjelasnnya.

Manfaat vitamin C

  1. Melawan Sel Kanker
  2. Memperbaiki jaringan sel kulit
  3. Meningkatkan mood
  4. Mencegah terjadinya penyakit jantung
  5. Mencegah hipertensi
  6. Menjaga kesehatan mata
  7. Menjaga stamina tubuh

Manfaat vitamin A

  1. Sumber antioksidan
  2. Meningkatkan Antibodi
  3. Menjaga kesehatan mata
  4. Mencegah kolesterol
  5. Mencegah darah kotor
  6. Mencegah sel kanker

Manfaat Potasium

  1. Menjaga kesehatan kulit
  2. Baik untuk jantung
  3. Baik untuk diabetes
  4. Membentuk otot
  5. Meningkatkan fungsi otak
  6. Mengontrol tekanan darah
  7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat Mangan

  1. Menjaga agar tulang tetap kuat
  2. Mencegah osteoporosis
  3. Menangkal radikal bebas
  4. Mencegah epilepsi
  5. Mencegah inflamasi
  6. Menjaga kesehatan tiroid

Manfaat Vitamin K

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Mencegah osteoporosis
  3. Mencegah kanker
  4. Membuat tulang lebih kuat
  5. Mencegah diabetes

Manfaat Serat

  1. Mengontrol kadar gula darah
  2. Kesehatan jantung
  3. Mencegah stroke
  4. Kesehatan kulit
  5. Menjaga kesehatan ginjal
  6. Nutrisi untuk diet
  7. Melancarkan BAB
  8. Usus Yang sehat


Manfaat Asam Folat

  1. Mendukung perkembangan janin
  2. Meningkatkan produksi sperma
  3. Sehat untuk jantung
  4. Meringankan stroke
  5. Menormalkan kadar kolesterol
  6. Kesehatan saraf
  7. Baik untuk kesehatan usus
  8. Mencegah penuaan dini
  9. Meningkatkan sel darah merah
  10. Mencegah otak dari pikun

Manfaat Zat Besi

  1. Meningkatkan kadar hemoglobin
  2. Kekuatan otot
  3. Meningkatkan fungsi otak
  4. Menjaga temperatur tubuh
  5. Pembawa oksigen
  6. Mencegah anemia
  7. Meningkatkan sistem imun
  8. Mencegah Insomnia
  9. Sumber energi
  10. Kosentrasi

Manfaat Vitamin B3

  1. Menurunkan LDL (kolesterol jahat)
  2. Mencegah sakit jantung
  3. Meningkatkan HDL (kolesterol baik)
  4. Mencegah alzheimer
  5. Mencegah katarak
  6. Mencegah diabetes
  7. Sumber produksi energi

Manfaat Vitamin B6

  1. Menjaga kesehatan dan fungsi otak
  2. Memproduksi antibodi untuk mencegah penyakit
  3. Membantu pembentukan sel darah merah
  4. Memecah protein
  5. Mencegah anemia

Cukup banyak bukan manfaat buah tomat bagi kesehatan dan untuk kecantikan ? total ada 73 manfaat tomat yang sangat dibutuhkan tubuh.



Artikel lainnya

, , , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:00 Oleh :
Kategori : Buah Buahan