8 Manfaat Buah Plum untuk Ibu Menyusui Penting Diketahui

Menyusui merupakan salah satu proses alamiah yang memberikan banyak sekali manfaat kesehatan untuk ibu dan bayi. Hanya saja saat ini karena adanya berbagai faktor, tak semua ibu bisa memberikan ASI kepada sang buah hati secara optimal dan salah satu penyebabnya adalah kurangnya ASI yang disupply oleh tubuh.

Mengoptimalkan Produksi ASI

Tak hanya proses menyusui yang merupakan proses alamiah tapi ASI yang diproduksipun merupakan proses alami oleh tubuh yang dihasilkan berdasarkan kebutuhan bayi. Jadi ASI diproduksi sesuai dengan supply and demand. Namun karena berbagai kondisi kadang ibu tidak bisa memberikan ASI secara optimal karena kurangnya supply. Salah satu penyebab supply berkurang adalah tidak optimalnya nutrisi yang di dapat oleh ibu. Jadi jika ibu ingin mengoptimalkan produksi ASI pastikan asupan nutrisi dan gizi ibu tercukupi.

Manfaat Buah Plum untuk Ibu Menyusui

Sebagai superfood buah plum meruapakan salah satu jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk para ibu menyusui. Bahkan, sudah dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sedang hamil karena kandungan serta manfaat asam folat yang tinggi. Sehingga, baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak dan sistem saraf bayi dan menurunkan risiko bayi lahir cacat. Jika saat ini Anda adalah salah satu ibu yang sedang berusaha mengASIhi secara optimal cobalah masukan buah plum ke dalam daftar sumber nutrisi Anda.

  1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Ibu menyusui sangat penting untuk memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsinya dan sebaiknya harus bernutrisi tinggi dan salah satu nutrisi yang penting bagi ibu menyusui adalah antioksidan. Buah plum merupakan sumber antioksidan yang baik bahkan mungkin salah satu jenis buah yang mengandung antioksidan paling tinggi. Manfaat antioksidan sendiri bagi ibu menyusui adalah membantu menjaga daya tahan tubuh.

  1. Buah Plum Kaya Kandungan Vitamin C

Selain antioksidan, buah plum juga kaya kandungan vitamin C. Manfaat vitamin C untuk ibu menyusui sangatlah penting karena sama seperti antioksidan, vitamin C juga membantu menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui. Walaupun banyak supplemen vitamin C yang bisa didapatkan dengan mudah namun vitamin C dari sumber alami tetap pilihan terbaik.

  1. Membantu Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat menyusui seorang ibu harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal karena saat menyusui seorang ibu akan sering bangun tengah malam, kurang tidur dan belum lagi ketika anak harus menyusui full time terutama pada 6 bulan pertama. Mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi antioksidan dan vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh seroang ibu tetap baik.

  1. Memastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seorang ibu menyusui juga harus banyak mengkonsumsi cairan, tujuannya adalah untuk mencegah dehidrasi sementara salah satu zat yang dibutuhkan untuk menghasilkan ASI adalah air. Untuk mencegah dehidrasi tidak hanya harus mengkonsumsi air putih tapi juga bisa jus buah plum yang tak hanya mencegah tubuh dari dehidrasi tapi juga bernutrisi tinggi.

  1. Buah Plum Tinggi Kalsium

Kekurangan kalsium pada ibu menyusui dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan. Ibu menyusui yang kekurangan kalsium dapat mengalami keropos pada bagian tulang dan gigi. Buah plum merupakan salah satu jenis buah yang ternyata juga mengandung kalsium yang cukup tinggi dan seperti yang telah diketahui banyak orang, manfaat kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi sangatlah signifikan.

  1. Mencegah Anemia

Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab seorang ibu menderita anemia atau tekanan darah rendah. Buah plum mengandung zat besi tinggi yang dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

  1. Cemilan Sehat Selama Menyusui

Ketika menyusui kebanyakan seorang ibu memilih untuk bermain smartphone atau menonton TV dengan alasan bosan, padahal hal tersebut dapat menghilangkan bonding yang penting bagi ibu dan anak. Oleh karena itu dari pada bermain smartphone sebaiknya mengkonsumsi cemilan sehat seperti buah-buahan dan salah satunya adalah buah plum ini.

  1. Sumber Nutrisi yang Baik

Memastikan seorang ibu menyusui sudah cukup nutrisinya tidak mudah. Jadi tidak heran, seorang ibu menyusui mengalami defisiensi zat tertentu yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Buah plum merupakan sumber nutrisi yang baik serta komplit karena kaya kandungan vitamin dan mineral yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh termasuk antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Walaupun ada banyak sekali manfaat buah plum untuk ibu menyusui namun tetap penting untuk menjaga makanan yang seimbang dan beragam. Selain itu buah plum memiliki karakteristik rasa manis namun agak sedikit asam sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan masalah lambung terutama bagi Anda yang memiliki lambung yang sensitif.

Untuk ibu menyusui pun mengkonsumsi makanan yang terlalu asam dapat berakibat buruk bagi bayi karena bisa menyebabkan diare. Jadi pastikan mengkonsumsinya pada porsi yang pas dan tidak berlebih.