7 Manfaat Terong Bagi Tubuh dalam Kandungan Gizinya

Advertisement

Manfaat terong digunakan dalam bentuk masakan yang dikombinasikan dengan bahan makanan yang lain. Banyak jenis terong yang banyak dijual dipasaran. Harganya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan bahan makanan alami lain. Terong beragam jenisnya, seperti terong ungu, terong belanda, terong bulat dan berbagai jenis lain.

Terong mengandung sejumlah kandungan gizi yang luar biasa. Kandungan gizi tersebut menyimpan manfaat terong yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Pada terong

Terong merupakan tanaman yang sama seperti manfaat kentang dan berisi vitamin yang sama. Meskipun terong tidak mengandung konsentrasi masing-masing vitamin yang tinggi. Sejumlah kombinasi vitamin  dengan nutrisi lainnya dalam sayuran ini membuatnya menjadi pilihan makanan sehat. Berikut ini beberapa diantaranya 1), 2) :


Niacin

Terong mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B-3. Vitamin yang larut dalam air ini menggabungkan berbagai enzim yang memecah lemak, protein, karbohidrat dan alkohol untuk menghasilkan energi. Niacin juga berpartisipasi dalam produksi enzim tubuh dari asam lemak dan kolesterol. Rebusan terong menyediakan 0,6 miligram niacin, sekitar 4 persen kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).


Riboflavin

Sejumlah kecil riboflavin, atau vitamin B-2, memberikan kontribusi pada profil gizi terung. Riboflavin bekerja dengan sejumlah enzim yang berbeda dalam tubuh Anda untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Enzim tergantung riboflavin juga mendetoksifikasi bahan kimia yang berpotensi berbahaya dan mendukung pemecahan dan penghapusan obat. Secangkir rebus, tiriskan batu terong mengandung 0,02 miligram riboflavin, sekitar 2 persen dari RDA.


Tiamin

Tiamin atau vitamin B-1 adalah vitamin B-kompleks yang larut dalam air dan ditemukan dalam terong. Seperti niasin dan riboflavin, tiamin berpartisipasi dalam produksi energi dari pemecahan makanan. Tubuh menggunakan tiamin untuk menghasilkan bahan genetik untuk sel-sel baru. Terong mengandung 0,08 miligram tiamin per cangkir, sekitar 7 persen dari RDA.


Folat

Berbeda dengan fungsi vitamin B untuk pemecahan makanan, folat bertindak terutama sebagai kofaktor kimia dalam produksi bahan selular baru. Produksi sel darah merah normal dan pertumbuhan janin selama kehamilan bergantung pada jumlah folat yang cukup. Secangkir terong rebus mengandung 14 mikrogram folat, sekitar 4 persen dari RDA untuk pria dan wanita hamil dan menyusui.


Vitamin E dan K

Terong menyediakan sejumlah fungsi lemak larut vitamin E dan vitamin K. Vitamin E sebagai antioksidan, melindungi jaringan dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia yang disebut radikal bebas. Vitamin K mendukung sistem pembekuan darah dengan membantu dalam produksi yang diperlukan protein. Terong mengandung 0,4 miligram vitamin E dan 2,9 mikrogram vitamin K. Jumlah ini sama dengan sekitar 3 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk setiap vitamin.


Nasunin

Nasunin merupakan senyawa antioksidan yang ditemukan pada kulit terong.  Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi 10 Agustus 2005, melaporkan bahwa penelitian kandungan nasunin dalam terong memiliki kemampuan antiangiogenic. The Cancer Center at the Angiogenesis Foundation menjelaskan bahwa ada sesuatu yang merangsang pertumbuhan baru pembuluh darah dan suplai darah. Sementara itu, hal ini terdengar menjadi hal yang baik bagi kanker. Sel-sel kanker dapat memperoleh kemampuan angiogenesis, yang berarti mereka dapat mengembangkan untuk meningkatkan suplai darah, yang dapat menyebabkan massa kanker atau tumor untuk tumbuh lebih cepat. Nasunin dalam terong memiliki kemampuan untuk mencegah angiogenesis tersebut terjadi.


Manfaat Terong Bagi Tubuh

Terong Ungu

Terong Ungu

Terong adalah hal yang menyenangkan untuk vegetarian. Selain menjadi pilihan yang untuk jenis masakan yang berbeda, juga memberikan banyak manfaat. Terong digunakan sebagai keperluan memasak dan termasuk yang termasuk ke dalam manfaat sayur sayuran. Sama seperti sayuran berwarna-warni lainnya, sayuran ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, seperti berikut 3) :

1. Menyehatkan Jantung

Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Hal ini pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terus terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium dalam sayuran ini. Hal ini memastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.

2. Membantu Otak

Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori.

3. Menurunkan Berat Badan

Terong dianggap mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal adalah karakteristik seperti ini adalah salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin

4. Membantu pencernaan

Menjaga sistem pencernaan yang tetap sehat terdapat pada terong karena kandungan serat yang baik. Hal ini akan mencegah sembelit  dan resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong adalah sumber yang sangat kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.

6. Kulit bersinar

Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga membantu memberikan kulit yang baik.

 7. Melembabkan Kulit Kepala

Terong mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala untuk tetap sehat. Hal ini akan menghindari sejumlah masalah yang terkait terhadap kesehatan kulit kepala.

Manfaat terong mencakup segala asupan yang baik bagi tubuh, jadikan terong sebagai menu sehat sehari-hari anda.

Advertisement
, , ,

Referensi   [ + ]

1. healthyeating.sfgate.com, What Are The Vitamin Benefits Of Eggplant?, diakses 24 November 2014 
2. livestrong.com, The Nutritional Benefits Of Eggplant, diakses 25 November 2014
3. stylecraze.com, 18 Amazing Benefits Of Eggplant/Brinjal For Skin, Hair And Health, diakses 25 November 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:56 Oleh :
Kategori : Sayuran
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links