Sponsors Link
     Sponsors Link

15 Manfaat Teh Murbei (Daun Teh) Super Ampuh Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Tanaman murbei memang sudah sangat dikenal karena kemampuannya dalam mengobati berbagai macam penyakit dan manfaatnya bagi kecantikan. Salah satu produk kesehatan yang dihasilkan dari tanaman murbei adalah teh murbei. Teh murbei dapat juga dikategorikan sebagai minuman herbal. Agar hasilnya maksimal teh murbei yang baik adalah teh yang berasal dari daun/tanaman murbei yang tidak menggunakan pupuk buatan dan pestisida. Kualitas daun teh yang baik bahkan dapat digunakan hingga empat kali pemakaian tanpa kehilangan rasa khasnya.

Kandungan Nutrisi

General Information

Amount
Calories 43
Water 88 %
Protein 1.4 g
Carbs 9.8 g
Sugar 8.1 g
Fiber 1.7 g
Fat 0.4 g
Saturated 0.03 g
Monounsaturated 0.04 g
Polyunsaturated 0.21 g
Omega-3 0 g
Omega-6 0.21 g
Trans fat ~

Vitamin

Amount %DV
Vitamin A 1 µg 0%
Vitamin C 36.4 mg 40%
Vitamin D 0 µg ~
Vitamin E 0.87 mg 6%
Vitamin K 7.8 µg 7%
Vitamin B1 (Thiamine) 0.03 mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0.1 mg 8%
Vitamin B3 (Niacin) 0.62 mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) ~ ~
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0.05 mg 4%
Vitamin B12 0 µg ~
Folate 6 µg 2%
Choline 12.3 mg 2%

Minerals

Amount %DV
Calcium 39 mg 4%
Iron 1.85 mg 23%
Magnesium 18 mg 5%
Phosphorus 38 mg 5%
Potassium 194 mg 4%
Sodium 10 mg 1%
Zinc 0.12 mg 1%
Copper 0.06 mg 7%
Manganese ~ ~
Selenium 0.6 µg 1%

Manfaat Teh Murbei

Manfaat teh murbei sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia, selain dapat memelihara kesehatan tubuh, ia juga ampuh untuk berbagai penyakit kronis.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Teh murbei memiliki manfaat untuk mengurangi resiko penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan dengan mengkonsumsi teh ini dapat membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk organ penting seperti otak.

Baca juga:

  1. Mencegah Kanker

Kandungan nutrisi yang ada pada teh murbei ini dapat mengatasi kerusakan pada sel-sel yang berpotensi menjadi sel kanker. Selain itu pada minuman ini juga terdapat beta carotene yang efektif membantu mengurangi resiko kanker.

Baca juga:

  1. Mencegah Flu

manfaat buah murbeiDengan secara rutin mengkonsumsi teh murbei sistem kekebalan tubuh dapat meningkat sehigga tidak lagi rentan terhadap penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri seperti penyakit flu. Teh murbei juga sangat efektif untuk mengatasi gejala flu seperti pusing, batuk, mata terasa perih, demam, dan sakit tenggorokan.

Baca juga:

  1. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat lain dari teh murbei adalah dapat mengontrol kadar gula di dalam darah sehingga sangat baik khususnya bagi penderita penyakit gula darah (diabetes). Sebuah penelitian mengemukakan bahwa pederita diabetes yang meminum teh murbei mengalami penurunan kadar gula setelah dua jam pertama meminum teh ini.

Baca juga:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Teh murbei juga dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi kesehatan mata. Jika dikonsumsi secara teratur teh murbei dapat membantu membuat pengelihatan tetap sehat dan jernih.

Baca juga:

  1. Mengurangi Flek Hitam

Teh murbei rupanya berkhasiat pula digunakan untuk mempercantik diri. Jika Anda merasa bahwa flek hitam sudah mulai menginvasi kulit wajah Anda maka dengan secara rutin meminum teh murbei dapat secara perlahan membantu mengurangi flek hitam pada kulit.

Baca juga:

  1. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada teh murbei juga dapat membantu membuat kulit semakin cerah secara alami.

Baca juga:

  1. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas menjadi masalah yang cukup sering dijumpai dewasa ini. Namun jangan khawatir karena radikal bebas dapat dilawan secara alami dengan antioksidan dan mineral yang terdapat pada teh murbei.

  1. Anti-Inflamasi

Sebuah penelitian di tahun 2013 menemukan bahwa gejala iflamasi yang disebabkan oleh penyaki kronis dapat diatasi dengan daun murbei. Teh daun murbei ini selain dapat mengatasi inflamasi, dapat juga mencegah peradagan pada jaringan, mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat radang.

Baca juga:

  1. Mengurangi Kolesterol

Pada tahun 2013 BioMed Research Internasional membuktikan bahwa daun murbei dapat membantu mengurangi kadar LDL dan triglyceride. Percobaan dilakukan dengan memberikan 280 gram bubuk daun murbei untuk dikonsumsi sebagai teh secara teratur tiga kali sehari selama tiga bulan. Hasilnya seperti yang diharapkan, kadar LDL dan triglyceride dapat menurun.

sponsored links

Baca juga:

  1. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Ideal

Teh murbei memiliki kemampuan untuk menyerap karbohidrat karena kandungan moranoline (1-deoxyojirimycin) yang membantu membakar karbohidrat sehingga tidak akan berubah menjadi glukosa. Rasa lapar juga dapat dikurangi dengan menurunkan level gula darah.

Baca juga:

  1. Melancarkan pembuluh darah

Manfaat lainnya teh murbei adalah membantu mencegah aterosklerosis karena kandungan flavonoidnya dapat mengurangi oksidasi kolesterol pada pembuluh darah dan mencegah reaksi stres oksidatif.

  1. Kaya Magnesium

Teh murbei dapat mencukupi asupan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan urat syaraf, otot, dan menjaga kerja jantung. Magnesium juga membantu meningkatkan energi metabolisme, menguatkan tulang, membantu sistem imun, mengontrol gula darah, dan menstabilkan tekanan darah.

  1. Mengandung Vitamin B2

Kandungan vitamin B2 yang terdapat pada teh murbei dapat membantu memproduksi sel darah, meningkatkan energi, mengontrol aktifitas tiroid, menghilangkan jerawat, melindungi sistem syaraf, menyehatkan mata, menyerap mineral, menjaga saluran pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan pada masa kehamilan.

  1. Membersihkan darah

sponsored links
Selain meningkatkan sirkulasi darah rupanya teh murbei juga dapat membersihkan darah yang kotor dan menguatkan sistem peredaran darah. Teh murbei juga membantu menenangkan syaraf, meningkatkan produksi darah, membersihkan hati, dan memperkuat fungsi ginjal.

Itulah manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi teh murbei. Adapun aturan konsumsi teh murbei yang dianjurkan adalah 3 – 4 kali sehari secara rutin dan teratur. Untuk menambah manfaat teh murbei dapat disajikan dengan campuran madu sebagai pemanis.

Efek Samping

Meskipun teh murbei memiliki begitu banyak manfaat namun untuk penggunaan sebagai herbal penyakit kronis ada baiknya mengkonsultasikannya terlebi dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan. Jika dikonsumsi berlebih atau tidak dibarengi dengan anjuran ahli kesehatan dapat timbul gejala efek samping seperti berikut:

  • Menurunkan gula darah

Teh murbei memiiliki manfaat menurunkan gula darah namun apabila dalam keadaan normal tubuh yang kekurangan gula darah dapat mengalaimi beberapa gejala gangguan kesehatan seperti rasa lapar, sakit kepala, gemetar, pengelihatan yang kabur, pusing, berkeringat berlebih, dan kebingungan.

  • Bereaksi negatif terhadap pengobatan

Mereka yang sedang dalam pengobatan diabetes sangat tidak dianjurkan meminum teh murbei karena dapat berinteraksi dengan obat yang digunakan dan malah meningkakan resiko gula darah rendah atau hipoglikemik. Jika tetap ingin meminum teh ini sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

  • Reaksi alergi

Kontak langsung batang atau daun murbei dengan kulit mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi seperti iritasi. Apabila terjadi gejala alergi pada saat mengkonsumsi teh murbei seperti detak jantung yang cepat, sulit bernafas, mengi, dan bengkak segera hentikan pemakaian/konsumsi.

  • Efek pada ginjal

Pada pederita gangguan ginjal teh murbei mungkin dapat memberikan efek negatif karena kandungan potasium yang ada pada minuman tersebut.

  • Kontra-indikasi

Bagi ibu yang sedang hamil atau menyusui, atau pasien yang akan menjalani operasi dalam kurun waktu 2 minggu dianjurkan untuk menghindari meminum teh murbei.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 12th, December 2016 / 01:06 Oleh :
Kategori : Minuman