Manfaat Teh

Manfaat teh sangat membantu dalam kehidupan manusia. Teh merupakan minuman salah satu minuman favorit dalam jamuan makan ataupun sekedar menjadi teman kudapan yang sangat pas. Di balik kesederhanaan secangkir teh, ternyata  menyimpan banyak manfaat yang membuat kita semakin mencintai teh.

Kandungan Senyawa Dalam Teh

Manfaat tehterletak pada kandungan senyawa yang membangunnya. Yaitu sebagai berikut :

  1. Kafein - Tentu saja kafein yang terkandung dalam teh jauh lebih sedikit dibanding kopi. Kafein bersifat mild stimulant, yang memberikan kelancaran peredaran darah ke otak. Meminum teh dengan teratur, dapat meningkatkan daya ingat.
  2. Polifenol - Merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C. Pemanfaatan polifenol pada teh adalah, dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah.
  3. Essential Oil - Proteinnya berperan dalam pembentukan aroma pada teh. Memberikan manfaat pada pelarutan lemak dan melancarkan pencernaan.

Dengan kandungan baiknya itu, mampu memberikan manfaat teh yang baik kesehatan. Berikut ini diantaranya :

  • Berpengaruh Meningkatkan Metabolisme

Teh hijau mengandung polifenol katekin bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh (thermogenesis). Lemak yang dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin membantu peningkatan metabolisme pada tubuh.

  • Baik untuk Kesehatan Gigi

Polifenol memberikan manfaat tehsebagai pembunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak pada gigi menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah juga pada gusi.

  • Menekan resiko penyakit Jantung

Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung. Tentusaja mencegah terjadinya gejala penyakit jantung.

Manfaat Teh Bagi Kecantikan

Manfaat teh ternyata tidak hanya sampai pada masalah kesehatan tubuh, tapi juga kecantikan .

  • Rambut

Teh hijau yang diendapkan bisa digunakan untuk membuat rambut bercahaya dan sehat. Endapan selama selaman dapat dibasuhkan pada rambut, tunggulah beberapa menit lalu bilaslah dengan sampo. Pathenol dalam teh hijau membantu mengurangi rambut rusak dan bercabang.

  • Wajah

Manfaat Teh sebagai sumber antioksidan  membantu marawat wajah dan mata anda. Masker berbahan dasar teh dapat mencegah kekeringan pada kulit wajah. Mengompres bagian bawah mata dengan teh, dapat mengurangi kantung. Tanin pada teh dapat memberi kesegaran kembali pada kulit sekitar mata.

  • Tubuh

Antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, sangat diperlukan untuk mencegah pemicu munculnya kerutan. Hindarilah radikal bebas dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:27 Oleh :
Kategori : Minuman