5 Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

Bunga telang mungkin nama dari jenis bunga yang satu ini agak kurang familiar ditelinga kita, namun sebenarnya jenis bunga ini sangat banyak kita jumpai di taman, pekarangan rumah bahkan di pinggir jalan. Bunga telang sendiri sekarang sudah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias entah itu di dalam pot ataupun pekarangan rumah. Untuk mengenal lebih jauh mengenai bunga telang, berikut adalah penjelasan singkatnya. Bunga telang memiliki nama latin Clitoria ernatea , merupakan salah satu jenis dari tanaman liar yang merambat dan merupakan anggota dari suku polong.

Bunga telang sendiri merupakan bunga yang berasal dari Asiatropis dan telah menyebar ke daerah tropika, bunga telang memiliki warna biru terang dan ada juga yang berwarna putih. Biasanya digunakan sebagai bahan pewarna makanan ataupun sirup dengan berbagai rasa karena warna biru yang dihasilkan oleh bunga ini. Tidak hanya warnanya saja yang membuat bunga telang menarik, kandungan zat yang ada pada bunga telang menjadi daya tariknya tersendiri. Banyak sekali orang justru mencari bunga telang karena kandungan zat yang ada padanya. Mereka mengkonsumsi bunga telang dengan menjadikannya sebagai teh, adapun kandungan zat pada teh bunga telang.

Kandungan Zat Teh Bunga Telang

  • Antosianin
  • Aparajitim
  • Arabinos
  • Asam amino, Asam linoleat, dan Asam stearik
  • Beta- sitosterol, kaempfirol, klitorin, dan lakton
  • Lisin dan alkaloid

Sebenarnya selain kandungan zat yang telah disebutkan di atas, masih banyak sekali kandungan zat pada teh bunga telang yang ada dan baik bagi kesehatan tubuh anda. Dengan banyaknya kandungan zat pada teh bunga telang, teh ini memiliki banyak sekali manfaat serta khasiat. Banyak sekali industri ataupun individu yang mulai menciptakan inovasi dari teh bunga telang ini, dilihat dari manfaatnya tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda tetapi juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional seperti manfaat teh bunga mawar yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional juga.

Manfaat Teh Bunga Telang

  1. Sebagai Detoksifikasi

Jika anda meminum teh bunga telang setiap paginya, anda akan merasakan sebuah manfaat yang besar terhadap tubuh anda sama seperti manfaat teh bawang dayak yang baik bagi kesehatan .Teh bunga telang merupakan minuman detoksifikasi baik yang mampu mengeluarkan semua racun yang terdapat pada tubuh anda melalui keringat dan urin serta membantu proses metabolism tubuh anda. Dengan begitu kesehatan anda akan selalu terjaga.

  1. Obat Sakit Telinga

Dengan kandungan zat pada teh bunga telang, anda dapat memanfaatkannya sebagai obat sakit telinga. Campurkanlah sedikit garam pada teh, ketika anda merasa sakit pada bagian telinga, anda dapat mengompres bagian luar anda dengan teh bunga telang bersuhu hangat. Ini akan mengurangi rasa sakit yang anda derita.

  1. Obat Gangguan Mata

Manfaat teh bunga telang selanjutnya yang tak kalah dengan manfaat teh adas yaitu, untuk anda yang memiliki gangguan mata seperti mata lelah, mata minus, rabun dan silinder, anda dapat mengatasinya dengan meminum teh bunga telang tanpa gula pada sore dan malam hari secara rutin. Kandungan zat pada teh ini dapat membantu anda untuk mengembalikan mata dalam kondisi yang normal sehingga anda dapat melihat benda dengan jelas.


  1. Obat Sakit Kepala

Kebanyakan obat sakit kepala saat ini membuat orang kecanduan, mereka yang sering mengkonsumsi obat sakit kepala hanya karena pusing ataupun sakit kepala sedikit saja akan bingung jika tidak mendapatkan obat yang sering mereka konsumsi saat penyakitnya kambuh. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan mereka, untuk itu disarankan apabila anda mengalami sakit kepala anda dapat meminum obat herbal yang tidak menimbulkan candu seperti teh bunga telang ini.

  1. Obat Batuk

Teh bunga telang juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan batuk dan meredakan nyeri pada paru- paru. Anda tidak perlu mengkonsumsi berbbagai macam obat kimia yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Itulah berbagai macam manfaat teh bunga telang yang dapat kami sampaikan, minumlah teh bunga telang untuk tetap menjaga kesehatan anda. Selamat mencoba.

,
Oleh :
Kategori : Minuman