Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Tanaman Apotik Hidup Untuk Kesehatan dan Lingkungan

Sponsors Link

Tanaman apotik hidup adalah tananam yang sengaja ditanam oleh seseorang untuk selanjutnya digunakan sebagai ramuan herbal. Jika Anda memiliki sebuah pekarangan di halaman rumah akan sangat berguna apabila ditanami dengan tanaman apotik hidup. Disebut apotik hidup dikarenakan dengan menanam berbagai tanaman herbal akan sama manfaatnya seperti memiliki apotik Anda pribadi. Bedanya tentu saja isi apotik Anda lebih alami dan “hidup” dari apotik biasa. Selain itu terdapat beberapa manfaat lainnya memiliki tanaman apotik hidup, yaitu:

  1. Pencegahan terhadap penyakit

Terdapat sebuah ungkapan bahwa “pencegahan lebih baik daripada pengobatan”. Jika ada cara untuk mencegah timbulnya penyakit mengapa harus menunggu untuk sakit?

Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan menanam tanaman apotik hidup adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk seperti DBD dan malaria. Menurut penelitian, nyamuk membenci aroma bunga lavender. Ini dapat menjadi solusi yang aman untuk mengusir nyamuk daripada harus menyemprotkan bahan kimia ke seluruh ruangan.

Baca juga:

  1. Mengobati berbagai penyakit

Ada kalanya pencegahan tidak selalu berhasil, oleh karena itu dibutuhkan pengobatan. Namun mengingat obat-obatan yang Anda peroleh dari resep dokter mengandung bahan-bahan kimia dan tentunya menguras kantung, Anda mungkin dapat menggunakan tanaman apotik Anda pribadi sebagai alternatif.

Tentunya jika penyakit yang Anda derita merupakan penyakit serius yang membutuhkan penanganan dokter ahli Anda terlebih dahulu harus mengkonsultasikannya dengan dokter pribadi Anda. Tanaman herbal memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit kronis namun bila digunakan tanpa pengetahuan yang baik tanaman obat paling manjur pun dapat menjadi bumerang bagi kondisi kesehatan Anda.

  1. Bermanfaat bagi kesehatan kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang halus, putih, dan kencang? Apalagi dewasa ini lebih banyak yang terobsesi mendapatkan kulit yang mulus demi penampilan yang maksimal. Banyak yang melakukan perawatan kulit dengan membeli berbagai kosmetik atau bahkan pergi ke ahli perawatan kulit dan spa untuk mendapat kulit yang sehat dan berkilau. Tapi bagi sebagian orang lainnya yang mungkin tidak memiliki budget yang cukup, Anda bisa berhemat dengan memanfaatkan tanaman apotik hidup Anda dirumah.

Menggunakan tanaman herbal bagi kesehatan kulit atau wajah faktanya telah terbukti tidak kalah hebat dengan pergi ke spa. Bahkan saat ini tanaman herbal telah menjadi tren untuk digunakan di tempat-tempat perawatan kulit dan spa. Salah satu manfaat tanaman apotik hidup untuk kulit adalah dapat menghilangkan jerawat. Caranya mudah, cukup sediakan 3 buah belimbing wuluh segar yang telah dibersihkan dengan air. Parut hingga halus kemudian beri sedikit garam. Gunakan sebagai masker wajah terutama di daerah jerawat sebanyak 2 kali sehari.

Penting untuk kesehatan kulit:

  1. Bermanfaat bagi kesehatan rambut

Rambut juga merupakan bagian tubuh yang membutuhkan perawatan ekstra. Siapa yang rela setiap bulan pergi ke salon demi mendapatkan rambut yang indah? Sebenarnya perawatan rambut dapat dilakukan sendiri dengan mudah dirumah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hasilnya tentu saja lebih sehat dari perawatan di salon.

sponsored links

Belakangan diketahui bahwa produk di salon memiliki bahan kimia yang kuat sehingga lama kelamaan malah bisa membuat rambut Anda tidak sehat. Apalagi tidak semua orang cocok dengan produk yang ada di salon. Jika Anda memiliki rambut yang sensitif, menggunakan tanaman apotik hidup dapat menjadi salah satu jalan alternatif lainnya. Tanaman yang cukup terkenal untuk melembutkan serta memberi kelembapan pada rambut adalah lidah buaya. Anda cukup mengolesi rambut dengan cairan lidah buaya dan diamkan selama 20-30 menit sebelum keramas.

Penting untuk kesehatan rambut:

  1. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun tubuh bekerja melawan berbagai penyebaran penyakit dari luar tubuh seperti virus atau bakteri. Sistem imun atau imunitas atau lebih dikenal dengan kekebalan tubuh adalah pertahanan utama tubuh seseorang dalam melawan penyakit yang mengancam kesehatan tubuh. Jika sistem imun seseorang menurun, maka ia lebih rentan terhadap penyakit-penyakit ringan seperti flu sampai penyakit kronis seperti kanker.

Tentunya kita tidak ingin hal itu sampai terjadi. Salah satu cara pencegahan adalah dengan meningkatkan kekuatan sistem imum atau sistem kekebalan tubuh. Saat ini terdapat banyak produk antibiotik dan vitamin yang dijual di apotik namun lagi-lagi berbahan kimia. Bahan-bahan kimia yang menumpuk dalam tubuh malah dapat membebani kerja hati dan ginjal. Jika tidak dibarengi dengan pola minum yang sehat malah bisa merusak kerja hati dan ginjal. Oleh karena itu tanaman apotik hidup yang lebih alami merupakan pilihan yang lebih baik dan tentunya aman bagi kesehatan tubuh.

Banyak sekali tanaman yang memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun karena mengandung banyak antioksidan dan vitamin, contohnya daun kelor dan jintan hitam. Dua tanaman ini sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun.

  1. Melancarkan sistem peredaran darah

Banyak masalah yang dapat ditimbulkan dari sistem peredaran darah yang tidak lancar salah satunya adalah penyakit yang paling memakan banyak korban saat ini, yaitu penyakit jantung. Dengan gaya hidup yang serba fast food lebih banyak orang rentan terhadap penyakit ini. Terlalu banyak mengkonsumsi protein tanpa dibarengi serat juga dapat menjadi salah satu pemicu penyakit ini. Jika ditambah dengan stress dan kurang istirahat resiko terkena penyakit ini bisa meningkat berkali-kali lipat.

Daun dewa merupakan tanaman yang sangat populer digunakan sebagai tanaman herbal karena manfaatnya. Salah satu manfaat daun dewa alah melancarkan sirkulasi darah. Daun dewa juga bisa digunakan sebagai penurun tekanan darah. Caranya cukup dengan merebus daun dewa yang sudah dicuci bersih dengan air hingga air rebusan tersisa setengahnya. Selain itu daun dewa juga bisa dijadikan lalapan makan.

Artikel terkait:

  1. Menghangatkan tubuh

Jika Anda merasa tubuh Anda dingin karena musim penghujan sudah tiba atau mungkin karena masuk angin, Anda juga dapat menggunakan tanaman apotik hidup di rumah Anda untuk menghangatkan tubuh.

Jahe merupakan tanaman yang paling populer untuk diracik sebagai minuman penghangat tubuh.Jahe juga biasa digunakan pada masakan untuk menambah cita rasanya.

Artikel terkait:

  1. Mengurangi efek kimia obat-obatan

Seperti yang telah disinggung di atas, obat-obatan yang terdapat di apotik atau toko sudah pasti mengandung bahan kimia. Ada kalanya tubuh merespon negatif terhadap bahan kiia tersebut dan malah menimbulkan efek samping lainnya. Menggunakan tanaman herbal faktanya memang lebih aman daripada menggunakan obat-obatan kemasan yang dijual di apotik atau toko obat lainnya. Namun lagi-lagi untuk penyakit kronis seperti kanker, jantung atau tumor akan lebih baik bila dikonsultasikan dengan dokter ahli sebelum meracik ramuan herbal Anda sendiri.

  1. Penghijauan lingkungan

Manfaat yang terakhir ini merupakan manfaat bagi lingkungan. Selain lingkungan terlihat lebih asri, oksigen yang dihasilkan oleh setiap tangkai tanaman dapat membuat udara lebih segar. Jika kebiasaan menanam tanaman dibudidayakan lebih banyak oleh masyarakat tentunya dampaknya terhadap lingkungan akan lebih luas dan asri.

Dengan begitu banyak manfaat yang dihasilkan dari menanam tanaman apotik hidup, tidakkah Anda tergerak untuk mulai menanam? Sebenarnya untuk menanam tanaman apotik hidup tidak harus dilakukan dipekarangan saja. Apalagi sekarang ini banyak cara-cara penanaman dengan media yang lebih kecil seperti pot. Jadi tak perlu risau bila tidak memiliki pekarangan atau lahan yang cukup, Anda masih bisa mempergunakan sedikit tempat di rumah Anda untuk ditanami tanaman apotik hidup.

Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa tanaman herbal lebih mudah diterima dan dicerna tubuh jika dikonsumsi. Apalagi tanaman herbal ini tidak akan banyak memberi efek samping pada tubuh. Di negara-negara maju pun sudah banyak dibudidayakan penanaman tanaman apotik hidup.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 19th, November 2016 / 03:41 Oleh :
Kategori : Tumbuhan