Manfaat Semut Jepang Untuk Asma

Manfaat semut jepang memang sudah terkenal sejak zaman dahulu, namun baru terekspos besar besaran beberapa tahun belakangan ini. Hewan Semut sering kali mendapatkan pandangan sebelah mata dari sebagian orang. Hal tersebut tidak lepas karena hewan Semut sering kali dianggap tidak memiliki manfaat maupun kelebihan. Bahkan ada yang menganggap bahwa Semut tak lebih dari hewan penganggu maupun hama. Namun yang tidak banyak orang tahu adalah hewan Semut sebenarnya memiliki manfaat di dalam tubuhnya. Terutama bagi jenis Semut Jepang, yang terdengar kurang familiar bagi masyarakat Indonesia. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengurangi gejala penyakit Asma.

Pengertian Asma

Asma adalah sebuah penyakit yang berhubungan pernafasan manusia. Penyakit ini sering kali menyerang mereka yang telah lanjut usia. Namun dengan berkembangnya jaman nyatanya mereka yang masih muda juga tidak jarang yang telah terkena penyakit ini. Hal tersebut tidak lepas karena buruknya kualitas udara sekaligus gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga membuat penyakit tersebut mudah datang. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit asma.

Hal-hal yang harus dihindari untuk mencegah penyakit Asma:

  • Angin

Penyakit asma sering kali muncul akibat dipicu aktifitas berlebihan yang dilakukan oleh seseorang. Terutama bagi seseorang yang terbiasa aktif di malam hari. Karena angin malam memang tidak baik untuk kesehatan terutama bagi kesehatan pernafasan.

  • Begadang

Salah satu kebutuhan utama dari tubuh adalah beristirahat. Dan tubuh akan mendapatkan hal tersebut secara maksimal dengan satu cara yaitu tidur. Namun tubuh tidak mendapatkan hal tersebut dari mereka yang sering kali begadang. Tubuh yang kurang istirahat maka otomatis akan menurunkan daya tahan tubuh untuk mencegah masuknya penyakit.

  • Makanan Berlendir dan Berminyak

Makanan berlendir dan berminyak seperti jeroan, Kerang, Kacang maupun gorengan. Adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh mereka yang tidak ingin penyakit asma mereka semakin memburuk. Hal tersebut dikarenakan makanan berlendir dan berminyak mengandung kolestrol tinggi yang tidak baik untuk kesehatan.

  • Minuman Bersoda

Minuman bersoda diketahui dapat menyebabkan lendir di dada dan sangat tidak baik bagi mereka yang terkena penyakit asma. Sehingga lebih baik untuk mengurangi atau lebih baik lagi yaitu menghindarinya.

  • Makan Setelah Jam 8 Malam

Menghindari makan di atas jam delapan malam adalah satu cara yang cukup mudah untuk menghindari penyakit asma. Karena makan malam diatas jam delapan malam akan membuat pelakunya mudah ngantuk dan segera tertidur ketika perut masih kenyang. Padahal tidur dalam kondisi perut kenyang akan membuat paru-paru untuk sulit mengatur nafas.

Selain dengan cara pencegahan, pengobatan bisa menjadi jalan terakhir untuk mengobati penyakit asma. Salah satunya menggunakan manfaat dari Semut Jepang.

Semut Jepang Untuk Asma

Semut Jepang memang baru dikenal baru-baru ini terutama bagi masyarakat Indonesia. Penyebabnya adalah karena manfaat yang baru diketahui oleh publik luas. Hal tersebut tidak lepas karena berbagai kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh Semut Jepang antara lain:

  • Protein – Asam Hiauloronat
  • Asam Amino – Enzym Hmes
  • Asam Laktat

Kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat Semut Jepang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah menyembuhkan penyakit asma. Namun tentunya untuk memaksimalkan manfaat dari Semut Jepang maka harus dikonsumsi dengan cara dan dosis yang tepat. Untuk penyakit asma sendiri dianjurkan untuk mengonsumsi Semut Jepang sebanyak lima ekor tiga kali sehari.

Tiga Cara Untuk Mengonsumsi Semut Jepang

  • Menggunakan Kapsul

Apabila anda tidak ingin mengkonsumsi Semut Jepang secara langsung maka ada baiknya menggunakan cara ini. Yaitu menggunakan kapsul yang bisa terbuat dari bahan rumput laut maupuan kapsul kosong yang banyak dijual di berbagai tempat khususnya apotik. Cara menggunakannya adalah masukan jumlah Semut Jepang sesuai dosis dan usahakan Semut Jepang masih dalam kondisi hidup. Setelah dimasukan kemudian tutup kapsul dan gencet pelan-pelan kapsul tersebut agar nantinya Semut Jepang tersebut mati. Setelah itu kemudian telan langsung kapsul tersebut.

  • Dengan Pisang

Menggunakan Pisang dalam meminum obat memang bukanlah cara baru yang biasanya digunakan oleh orang banyak. Hal tersebut dikarenakan obat yang sudah dimasukan ke dalam pisang maka akan memudahkan untuk ditelan. Sehingga rasa obat yang pahit tidak perlu dirasakan. Namun ternyata metode tersebut juga tidak hanya bisa digunakan untuk memasukan obat namun juga bisa diganti dengan Semut Jepang. Caranya adalah masukan Semut Jepang sesuai dosis ke dalam Pisang. Kemudian telan bagian Pisang yang terdapat Semut Jepangnya (Baca : Manfaat Pisang).

  • Dengan Air Minum

Dan cara terakhir yang paling lazim sekaligus yang paling mudah adalah menggunakan air minum. Caranya hampir sama seperti minum obat namun obatnya hanya diganti dengan Semut Jepang. Namun tentunya dengan catatan Semut Jepang tersebut harus mati terlebih dahulu. Caranya adalah gunakan sendok untuk mengencet Semut Jepang hingga mati. Setelah itu, masukan Semut Jepang ke dalam gelas yang telah berisi air dan kemudian diminum.

Manfaat semut jepang untuk asma dapat anda gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

, ,
Post Date: Thursday 19th, November 2015 / 08:33 Oleh :
Kategori : Hewan