11 Manfaat Daun Kecubung bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Daun kecubung telah dikenal oleh banyak orang, namun fungsinya masih seringkali dirasa buruk. Daun ini seringkali juga dianggap sebagai daun pengganggu. Namun, apabila diteliti lebih jauh lagi, daun kecubung memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Beberapa penlitian menunjukakn bahwa daun ini banyak mengandung senyawa yang dibutuhkan tubuh yang mampu mengatasi berbagai macam gangguan yang akan  menyerang kesehatan tubuh.

Semua kandungan di dalam daun kecubung tidak hanya berkhasiat, namun juga membantu tubuh lebih sehat dari dalam dan dari luar. Khasiat daun ini mampu menjadi obat konsumsi atau obat dalam dan juga obat luar untuk kulit. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila obat ini telah digunakan sebagai pengobatan alternatif. Selain itu, daun kecubung tidak akan menimbulkan efek samping.

Berikut ini adalah manfaat daun kecubung yaitu:

  1. Sebagai obat bisul

Daun kecubung mampu berguna sebagai obat luar untuk mengatasi bisul. Daun ini dipercaya mampu mempercepat kematangan bisul dan membuat Anda sembuh lebih cepat sehingga bisul ini tidak menyerang Anda kembali. Sebab, bisul yang menyerang kembali kerapkali merusak jaringan kulit.

  1. Mengatasi asma

Daun kecubung juga sangat bermanfaat bagi penderita asma karena mampu mencegah asma yang diderita seserorang kembali kambuh. Daun ini bukan saja merupakan obat penghilang asma, namun juga membantu meredakan asma. Caranya adalah sangat mudah, yaitu dengan mengiris halus daun kecubung, kemudian dihisap seperti menghisap rokok. Bau yang dihasilkan daun kecubung akan membantu pernapasan menjadi lega.

  1. Menyembuhkan rematik

Daun kecubung juga berperan sangat penting dalam menyembuhkan rematik. Daun ini memiliki berbagai kandungan alami yang akan mengobati rematik sehingga rematik tidak lagi menyerang tubuh. Konsumsi daun teratur akan membantu menyembuhkan nyeri pada persendian dan membantu menyehatkan tulang. Bahkan, konsumsi tomat juga akan sangat membantu. Manfaat tomat untuk asam urat yaitu mengurangi peradangan sendi dan mencegah asam urat.

  1. Mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan, termasuk obat susah buang air besar

Daun kecubung juga mampu meningkatkan kerja pencernaan Anda, salah satunya adalah dengan mengatasi sembelit yang mungkin menyerang. Daun ini bermanfaat untuk membuat sembelit Anda sembuh dengan alami. Selain itu, manfaat yakult adalah meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

  1. Obat pegal linu

Apabila Anda seringkali mengalami pegal linu atau encok, maka daun kecubung mampu menjadi alternatif untuk mengatasi pegal linu atau encok yang Anda alami. Daun ini merupakan salah satu obat herbal yang akan membuat pegal Anda terasa reda sehingga tidak menggganggu akvitas harian Anda. Pengurutan badan juga mampu berfungsi sebagai obat pegal linu. Manfaat badan diurut yaitu mampu menghilangkan capek di sekujur tubuh.

  1. Menyembuhkan sakit pinggang

Daun kecubung juga dikenal mampu menjadi obat yang mengatasi sakit pinggang yang Anda alami. Sakit pinggang ini seringkali disebabkan otot pinggang yang terlalu tegang, sebagai akibat posisi duduk yang tidak tepat, kelelahan, ataupun duduk yang terlalu lama.

  1. Obat bengkak dan antiinflamasi

Bengkak seringkali timbul sebagai akibat reaksi tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Bengkak dapat muncul dan mengakibatkan rasa nyeri dan sakit apabila tidak diobati dengan baik. Oleh karena itu, daun kecubung mampu menyebabkan bengkak Anda menjadi reda, bahkan mampu menghilangkan bengkak di tubuh Anda. Daun kecubung dikenal memiliki sifat antiinflamasi sehingga mampu mengobati berbagai peradangan yang timbul pada tubuh, termasuk radang tenggorokan.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan memanggang daun kecubung yang telah diolesi minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan, kemudian diamkan beberapa saat, dan setelah itu daun kecubung dibuang. Selain itu, konsumsi cincau hijau juga akan dapat membantu karena manfaat cincau hijau adalah sebagai antiinflamasi alami. Bahkan, penggunaan daun kecubung bersamaan dengan es batu juga akan mampu mengurangi pembengkakan, sebab manfaat es batu adalah pereda bengkak di bawah kulit.


  1. Mengatasi eksim dan meredakan gatal pada kulit

Daun kecubung berkhasiat untuk mengatasi penyakit eksim yang seringkali timbul pada kulit seseorang yang tidak mampu menjaga kebersihan kulitnya. Kandungan di dalam daun kecubung diketahui mampu mengobati jenis penyakit eksim ini. Daun kecubung juga mampu meredakan dan mengatasi gatal pada kulit, mulai dari alergi hingga gigitan serangga yang seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Bioinsektisida

Daun kecubung dapat berfungsi sebagai bioinsektisida. Dalam waktu kurang dari 30 menit, sekitar 30 persen hama padi dapat mati akibat aktivitas bioinsektisida yang dihasilkan daun kecubung. Bioinsektisida yang dimiliki daun kecubung berfungsi untuk mengendalikan hama, bukan unutk membasmi hama. Sebab pembasmian hama mampu memutus mata rantai makanan makhluk hidup sawah dan merusak ekosistem di sawah. Bioinsektisida yang dimaksud yaitu ekstrak alkaloid daun kecubung.

Pembuatannya sangat mudah, yaitu daun kecubung diambil, kemudian dikeringkan selama tiga hari, setelah kering dipotong kecil-kecil, digiling, direndam dengan methanol selama sehari. Perendaman ini kemudian diuapkan dengan menggunakan rotary evaporator dan diberi larutan asam sulfat 5 persen dengan pH 3 hingga 4. Akhirnya akan terbentuk ekstrak alkaloid yang dilarutkan di air sehingga menjadi larutan  yang siap disemprotkan ke tanaman padi yang telah terserang hama.

  1. Meningkatkan stamina tubuh
  2. Melancarkan sistem pernapasan, termasuk untuk menjaga kesehatan paru-paru

Daun kecubung diketahui berfungsi sebagai obat batuk, yaitu antitusif. Selain itu, konsumsi susu beruang juga akan membantu sebab manfaat susu beruang untuk paru-paru adalah menjaga kesehatan paru-paru dan mengobati bronkitis.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal