Manfaat

Manfaat Sawi

Manfaat sawi membuatnya menjadi salah satu sayuran yang mudah didapatkan. Sawi merupakan salah satu sumber makanan sehat dan terjangkau. Sawi merupakan tanaman yang tumbuh didaerah dingin dan lembab. Meskipun sawi tanaman yang dapat tumbuh di musism tertentu, namun karena budidaya yang luas di Indonesia, sayur sawi dapat dicari kapanpun. Sawi banyak jenisnya, yang terkenal di Indonesia adalah sawi hijau dan sawi putih.

Sayur sawi biasanya berupa tumisan dengan berbagai sayuran lain. Berbagai jenis olahan makanan yang dijual, biasanya lebih memilih sawi hijau ketimbang berbagai jenis sayuran lain. Ini karena sawi memilki rasa khas enak yang tetap nikmat kalau dicampur dengan berbagai macam makanan. Selain itu, bagi yang menyukai sawi terdapat banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dari manfaat kandungan gizinya. Manfaat sawi selengkapnya, akan diulas pada artikel ini.

Manfaat Sawi Mengandung Sejumlah Nutrisi Penting

Pada sawi, terdapat berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi tubuh yang tidak kalah pula dengan sayuran hijau lain seperti manfaat bayam, manfaat kangkung atau manfaat brokoli. Pengolahan sawi juga seharusnya tidak terlalu lama, karena pada jenis sayuran seperti ini, akan kehilangan manfaatnya jika pemanasan yang terlalu lama. Pada sawi terkandung mineral penting yang membangun kesehatan tubuh, diantaranya adalah karbohidrat, serat dan sejumlah vitamin yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang masing-masingnya memiliki kadar yang tinggi.

Sejumlah mineral penting juga terdapat pada manfaat sawi seperti zat besi, magnesium, fosfor, triptiofan dan mangan. Sehingga apabila sawi dikonsumsi dengan berbagai kacang-kacangan akan mengoptimalkan penyerapan nutrisi seperti manfaat kacang panjang atau manfaat kacang kedelai. Kesuluruhan kandungan ini, mampu memberikan manfaat sawi yang mempengaruhi Kesehatan tubuh.

Manfaat Sawi terhadap Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi yang baik inilah, yang menjadikannya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin K merupakan kandungan yang sangat kaya pada manfaat sawi yang memberikan manfaatnya untuk mempercepat kesembuhan luka dengan membuat lukanya mudah mengering. Kandungan vitamin C pada sawi juga disinyalir seperti manfaat jeruk, manfaat apel ataupun manfaat anggur.

Penelitian baru-baru ini ternyata memiliki kandungan isotiosianat atau odol yang diyakini mampu memberikan pencegahan terhadap gejala kanker. Karena mamberikan rangsangan terhadap enzim yang mengatur detoksifikasi hati, hal ini menurunkan resiko penyakit berbahaya terjadi seperti gejala kanker payudara, gejala kanker kolon sampai gejala kanker prostat.


Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Manfaat Sawi
Manfaat.Co.ID

Temukan mmanfaat yang anda cari disini dan sebarkan manfaat tersebut pada teman, kerabat, dan sanak saudara anda. MARI MENYEBARKAN PAHALA

Manfaat Lain Yang Harus Anda Ketahui
Manfaat Buah - Manfaat Kesehatan - Manfaat Sirsak - Manfaat Air Putih - Manfaat Lidah Buaya - Manfaat Daun Sirsak - Manfaat Madu - Manfaat Air - Manfaat Buah Naga

Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di Manfaat.Co.Id akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 Manfaat.Co.Id All Rights Reserved Worldwide. Informasi Manfaat Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id