Manfaat Sawi

Manfaat sawi membuatnya menjadi salah satu sayuran yang mudah didapatkan. Sawi merupakan salah satu sumber makanan sehat dan terjangkau. Sawi merupakan tanaman yang tumbuh didaerah dingin dan lembab. Meskipun sawi tanaman yang dapat tumbuh di musism tertentu, namun karena budidaya yang luas di Indonesia, sayur sawi dapat dicari kapanpun. Sawi banyak jenisnya, yang terkenal di Indonesia adalah sawi hijau dan sawi putih.

Sayur sawi biasanya berupa tumisan dengan berbagai sayuran lain. Berbagai jenis olahan makanan yang dijual, biasanya lebih memilih sawi hijau ketimbang berbagai jenis sayuran lain. Ini karena sawi memilki rasa khas enak yang tetap nikmat kalau dicampur dengan berbagai macam makanan. Selain itu, bagi yang menyukai sawi terdapat banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dari manfaat kandungan gizinya. Manfaat sawi selengkapnya, akan diulas pada artikel ini.

Manfaat Sawi Mengandung Sejumlah Nutrisi Penting

Pada sawi, terdapat berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi tubuh yang tidak kalah pula dengan sayuran hijau lain sepertimanfaat bayammanfaat kangkung atau manfaat brokoli. Pengolahan sawi juga seharusnya tidak terlalu lama, karena pada jenis sayuran seperti ini, akan kehilangan manfaatnya jika pemanasan yang terlalu lama. Pada sawi terkandung mineral penting yang membangun kesehatan tubuh, diantaranya adalah karbohidrat, serat dan sejumlah vitamin yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang masing-masingnya memiliki kadar yang tinggi.

Sejumlah mineral penting juga terdapat pada manfaat sawi seperti zat besi, magnesium, fosfor, triptiofan dan mangan. Sehingga apabila sawi dikonsumsi dengan berbagai kacang-kacangan akan mengoptimalkan penyerapan nutrisi seperti manfaat kacang panjang ataumanfaat kacang kedelai. Kesuluruhan kandungan ini, mampu memberikan manfaat sawi yang mempengaruhi Kesehatan tubuh.

Manfaat Sawi terhadap Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi yang baik inilah, yang menjadikannya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin K merupakan kandungan yang sangat kaya pada manfaat sawi yang memberikan manfaatnya untuk mempercepat kesembuhan luka dengan membuat lukanya mudah mengering. Kandungan vitamin C pada sawi juga disinyalir seperti manfaat jerukmanfaat apel ataupun manfaat anggur.

Penelitian baru-baru ini ternyata memiliki kandungan isotiosianat atau odol yang diyakini mampu memberikan pencegahan terhadapgejala kanker. Karena mamberikan rangsangan terhadap enzim yang mengatur detoksifikasi hati, hal ini menurunkan resiko penyakit berbahaya terjadi seperti gejala kanker payudaragejala kanker kolon sampai gejala kanker prostat.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:48 Oleh :
Kategori : Sayuran