Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Sauna Bagi Tubuh

Sponsors Link

manfaat saunaApakah Anda pernah melakukan mandi sauna? Di Indonesia sauna biasanya dilakukan di rumah perawatan kecantikan dan kebugaran. Mandi sauna bisa mengeluarkan semua keringat dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi bugar. Keringat adalah salah satu hasil buangan tubuh yang berasal dari sisa metabolisme. Mengeluarkan keringat berarti bahwa Anda bisa mengeluarkan racun dalam tubuh dan menghindari berbagai jenis potensi penyakit.

Tapi, ternyata sauna bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyehatkan dan bukan hanya sekedar untuk mengeluarkan keringat. Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan mandi sauna.

1. Meredakan Stres dan Membentuk Mental yang Baik

Stres bisa menjadi salah satu ancaman yang sangat serius untuk kesehatan tubuh. Stres karena terkena pikiran pekerjaan dan berbagai beban lain dalam kehidupan bisa menyebabkan masalah pada jantung, ingatan dan tekanan darah. Karena itu jika Anda ingin meredakan stres maka bisa melakukan mandi sauna. Mandi sauna dalam sebuah ruangan khusus bisa membuat pikiran menjadi sangat santai.

Anda bisa menghilangkan semua beban pikiran. Saat Anda sedang sauna maka bisa meningkatkan sirkulasi darah dan melepaskan hormon endorphin sehingga tubuh dan dan pikiran Anda menjadi lebih santai.

2. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Sauna menjadi cara detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh dengan cara yang sangat menyenangkan. Ketika merasakan panas dari uap sauna maka pembuluh darah dalam tubuh akan bekerja maksimal. Hal ini akan mendorong peredaran darah menjadi lebih lancar dan menyebabkan tekanan untuk kelenjar keringat. Akhirnya setelah Anda sauna selama beberapa menit maka tubuh akan mengeluarkan keringat yang membuat tubuh menjadi lebih ringan.

Bahkan, sauna juga bisa mengurangi berbagai jenis racun yang menumpuk dalam tubuh seperti merkuri, tembaga dan berbagai jenis zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang  tidak pernah kita sadari.

3. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyaman

Banyak orang yang bermasalah dengan tidur dan tidak pernah mendapatkan tidur yang nyaman. Dengan melakukan sauna maka anda bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak pada malam harinya. Jadi ketika sauna maka semua hormone endorfin keluar dari tubuh, akibatnya semua beban pikiran menjadi lebih ringan.

Selain itu, anda bisa merasakan pikiran yang menjadi lebih tenang dan bisa membuat tidur sangat nyaman pada malam hari setelah sauna.

4. Menyembuhkan Nyeri Otot dan Sendi

Bagi orang yang memiliki keluhan nyeri sendi dan otot karena berbagai aktivitas yang padat maupun atlit maka sauna bisa menjadi metode yang sangat menyenangkan. Ketika sauna maka panas yang dihasilkan dalam perlengkapan bisa memberikan efek yang menenangkan untuk otot dan sendi. Pembuluh darah akan bekerja secara maksimal dan meningkatkan sistem peredaran darah.

Manfaat sauna bagi tubuh juga bisa menyembuhkan berbagai keluhan lain seperti luka memar dan bekas nyeri pada sendi maupun bagian tubuh lain. Bahkan banyak atlit terkenal dunia yang selalu melakukan sauna seusai bertanding

5. Membuat Kulit Menjadi Halus dan Lembut

Memiliki kulit yang lembut dan halus pasti sudah menjadi keinginan semua wanita. Dengan melakukan sauna maka Anda bisa mendapatkan penampilan kulit yang lebih lembut. Hal ini sangat masuk akal karena ketika sauna maka pori-pori kulit akan mengeluarkan keringat, semua sel-sel kulit mati yang menumpuk di atas kulit juga bisa keluar sehingga kulit menjadi lebih lembut.

Bahkan otot tubuh yang menjadi lebih lembut juga bisa membuat penampilan kulit menjadi lebih halus. Sauna juga bisa meringankan gangguan kulit seperti jerawat dan masalah kulit lain.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Sauna akan memberikan suhu tinggi yang bisa memberikan efek yang sangat baik untuk jantung. Hal ini bisa terjadi karena ketika Anda sedang sauna maka kulit akan menjadi lebih panas dari respon uap dalam ruangan. Uap panas akan diterima oleh semua bagian tubuh termasuk memberikan respon untuk pembuluh darah dalam tubuh yang bekerja maksimal.

Peredaran darah dalam tubuh juga bisa bekerja secara maksimal dan membuat tubuh mendapatkan tekanan darah yang lebih baik. Otot jantung bekerja dengan baik dan juga bisa menyebabkan detak jantung tetap stabil. Jadi sauna sangat baik untuk kesehatan jantung.

7. Mengikat Hubungan Sosial

Saat sauna biasanya cenderung dilakukan dengan beberapa orang atau teman dekat. Ketika Anda menikmati semua panas tubuh yang mengalir dan menenangkan pikiran maka Anda juga bisa meningkatkan hubungan sosial. Anda bisa mengajak keluarga atau teman dekat dan ternyata bisa memberikan efek yang sangat baik untuk menjadi lebih dekat. Anda bisa tertawa dan membuat obrolan yang sangat menarik.

8. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Kebal Terhadap Penyakit

Manfaat sauna ternyata juga sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Anda bisa meningkatkan kesehatan dengan sauna karena panas dan uap dari sauna bisa menyebabkan produksi sel darah putih menjadi lebih cepat. Proses regenerasi sel darah putih bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi lebih baik, meningkatkan sistem antibodi dalam tubuh serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jadi secara umum sauna bisa membuat Anda memiliki kekebalan tubuh yang baik dan tidak mudah terserang penyakit.

9. Mendukung Program Diet

Sauna juga bisa menjadi salah satu pendukung program diet. Manfaat sauna akan membuat reaksi tubuh terhadap panas dan uap menjadi sangat baik. Semua sistem dalam tubuh akan berjalan tanpa disadari seperti denyut jantung yang stabil, jantung yang bekerja baik, otot-otot dan sendi tubuh yang semakin rileks, serta proses metabolisme yang semakin lancar. Dengan cara ini maka proses pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lebih baik dan Anda bisa mencoba untuk menurunkan berat badan.

10. Mempengaruhi Fisik dan Mental

sponsored links

Memiliki perkembangan fisik dan mental yang baik akan membuat Anda bisa mendapatkan kesehatan yang baik. melakukan sauna sepertinya memberikan hubungan yang sangat baik untuk fisik dan mental. Hal ini akan membuat Anda merasa jauh lebih baik setelah sauna. Anda bisa meninggalkan semua pikiran dan tekanan batin maupun perasaan. Selain itu Anda bisa menikmati waktu yang singkat untuk bersantai dan menjadi lebih sehat. Anda bisa menikmati makanan kesukaan setelah sauna karena tubuh Anda telah bekerja dengan metabolisme yang baik.

Tips Saat Melakukan Sauna

Banyak orang yang mengaku tidak bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dengan sauna. Hal ini bisa terjadi karena mungkin saja cara sauna yang dilakukan salah. Akibatnya maka hanya akan merasa lelah dan kurang menikmati sauna. Untuk mendapatkan manfaat sauna yang maksimal dari melakukan, maka ikuti tips sauna berikut ini.

  1. Jangan lupa untuk menggosok lembut bagian tangan, kaki, punggung, leher, perut dan semua bagian yang nyaman untuk menikmati sauna. Menggosok lembut akan membantu proses pembukaan pori-pori sehingga bisa mendorong keringat yang keluar lebih banyak. Selain itu jika keringat Anda keluar lebih banyak maka berarti proses peredaran darah dan detoksifikasi juga berjalan dengan baik.
  2. Jangan pernah lupa untuk membilas tubuh dengan air dingin setelah sauna. Hal ini lebih sering dihindari namun ternyata mandi dengan air dingin setelah sauna bermanfaat untuk menutup pori-pori tubuh yang sudah terbuka dan menarik semua fungsi organ kembali ke kondisi yang normal. Secara umum langkah ini akan membuat tubuh Anda tetap nyaman setelah sauna.
  3. Sauna secara bertahap jauh lebih baik daripada sekali sauna dengan waktu yang lebih panjang. Ketika tubuh Anda membentuk respon yang kurang nyaman terhadap suhu panas maka Anda bisa keluar dari ruangan sauna. Tapi setelah Anda merasa lebih baik maka Anda bisa melakukan sauna lagi. Cara ini akan membuat tubuh tetap nyaman dan tidak kelelahan.
  4. Cari tempat sauna yang paling nyaman dan menyenangkan. Anda bisa pergi bersama teman atau keluarga karena sauna sendiri akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Peringatan Saat Sauna

Meskipun sauna sangat baik untuk kesehatan namun Anda juga harus menyadari efek buruk karena terlalu sering melakukan sauna. Berikut ini beberapa efek buruk sauna yang paling sering terjadi. Anda harus segera meninggalkan tempat sauna bila merasakan beberapa keluhan dibawah ini :

  • Kepala pusing, mual, ingin muntah dan jantung berdetak dengan kencang, hal ini bisa terjadi pada orang yang memiliki masalah dengan tekanan darah dan tubuh yang terlalu lelah.
  • Jangan pernah melakukan sauna saat hamil atau menstruasi karena akan memberikan respon yang sangat buruk tubuh tubuh.
  • Jangan pernah melakukan sauna saat sedang sakit, jika tubuh sedang sakit maka sauna bisa memperburuk kondisi.

Saat melakukan berbagai aktivitas pekerjaan, memang sangatlah melelahkan. Terkadang kita lupa tidak memperhatikan kesehatan tubuh yang bisa mempengaruhi kesehatan mental dan pikiran. Tubuh membutuhkan respon yang sangat lembut untuk kembali bugar dan sehat. Sauna menjadi cara yang sangat bijak untuk memanjakan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Melakukan sauna bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan dan menyehatkan untuk tubuh. Namun perhatikan semua peringatan saat sauna, agar bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 29th, July 2015 / 04:12 Oleh :
Kategori : Kebiasaan