5 Manfaat Mandi Air Laut Di Pagi Hari Pada Kesehatan

Pantai merupakan tempat yang banyakdigemari oleh masyarakat sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Banyak orang yang mandi dengan air laut dan melakukan beberapa aktivitas ketika pergi ke pantai. Mengunjungi pantai biasanya dilakukan pada jam 8 pagi sampai dengan sore hari, bahkan sampai camping di bibir pantai. Jarang ada pengunjung pantai yang datang ke pantai pada jam 6 sampai jam 7, kecuali masyarakat sekitar pantai itu sendiri. Padahal, sebenarnya mandi dengan air laut di pagi hari sekitar jam 06.00 sampai jam 07.00 memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

artikel terkait:

Manfaat Air Laut Untuk Kesehatan

  1. Menyehatkan Kulit

Air laut memiliki kandungan yang lebih beragam dibandingkan dengan air tawar, atau air darat. Air laut memliki kandungan garam,potasium klorida dan mineral seperti magnesium. Kandungan garam dalam air laut dapat memantu mengeluarkan racun dari dalam kulit. Racun akan mengelupas dengan sendirinya dan melepaskan diri bersama dengan sel kulit mati, serta akan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru apabila sel kulit mati sudah terkelupas.

Kandungan magnesium pada air laut juga memiliki manfaat untuk melembabkan permukaan kulit. Kandungan magnesium dapat membuat kulit terlihar segar dan bersinar bercahaya. Kandungan garam dan potasium klorida dalam air laut juga membantu penyembuhan luka pada kulit. Kedua zat ini mampu menyembuhkan penyakit iritasi pada kulit, termaduk peradangan yang terjadi pada kulit dan psoriasis termasuk luka ringan yang terjadi pada kulit.

artikel terkait: manfaat hidup mandirimanfaat mandi air dingin

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Kandugan yang terdapat dalam air laut sama dengan kandungan atau komposisi pada plasma darah manusia. Persamaan komposisi dalam air laut ini akan membuat peredaran darah menjadi lancar, setelah berendam dalam air laut pada pagi hari, setidaknya selama 30 menit. Selain melancarkan peredaran darah, mandi dengan air laut pada pagi hari akan membuat tekanan darah menjadi stabil.

artikel terkait: manfaat mandi pagi dengan air dingin bagi kesehatanmanfaat mandi air hangat

  1. Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Pada pagi hari, air laut akan menguap dan sangat baik untuk mengatasi masalah pernapasan, baik yang disebabkan oleh flu, bronchitis maupun sinusitis. Kandungan garam pada air laut akan membantu lendir dan ingus pada saluran pernapasan menjadi lebih cair dan lebih mudah keluar dari saluran pernapasan.

artikel terkait: manfaat air laut untuk kulitmanfaat bunga bank

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Mandi di laut, atau lebih tepatnya di pantai akan membantu menjaga kebugaran terlebih ketika mandi dengan berenang di laut. Dengan berenang di laut pada pagi hari, otot pada bahu, lengan dan kaki akan bergerak. Pergerakan otot inilah yang menyebabkan dampak kebugaranpada tubuh.

artikel terkait: manfaat air dalam industrimanfaat membuat kerajinan tangan

  1. Menjaha Kesehatan Sampai Lanjut Usia

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hardvard Medical School, nelayan atau masyarakat yang hidup di sekitar laut atau pantai memiliki umur yang lebih panjang karena menghiru udara laut pada pagi hari.

artikel terkait: manfaat diklat

Manfaat Mandi Air Laut Untuk Kecantikan

Selain untuk menjaga kesehatan, mandi dengan air laut juga dapat menjaga kecantikan dengan kandungan garam yang ada di dalamnya.  Kandungan garam dalam air laut di pagi hari dapat berfungsi sebagai penyembuh dan pembersih kulit. Tidak hanya mengatasi masalah gatal dan kudis, tetapi juga dapat mengatasi masalah kulit pada wajah seperti jerawat. Dengan mandi dengan airlaut pada pagi hari, maka masalah jerawat yang dialami dapat diatasi. Mandi dengan air laut untuk mengatasi jerawat ini tidak akan menyebabkan efek samping karena tidak mengandung bahan kimia seperti bahan yang digunakan di beberapa tempat perawatan wajah.

artikel terkait: manfaat sumber air panas

Meskipun istilahnya sama, yakni mandi, namun mandi menggunakan air laut, lebih tepatnya berendam di pantai pada pagi hari memiliki manfaat yang lebih banyak karena kandungan yang terdapat dalam air laut tersebut. Pancaran sinar matahari pagi pada air laut juga akan menghasilkan udara yang sehat yang dapat digunakan untuk terapi dan mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mencoba datang lebih pagi untuk mandi dengan air laut dan mendapatkan manfaatnya.

Video Medis