Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Plank bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Olahraga plank merupakan latihan yang mirip dengan push up dalam waktu yang telah ditentukan. Di zaman sekarang ini sangat sulit sekali untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang indah untuk dilihat. Beberapa wanita terjerat dengan bentuk tubuh yang kurang menarik karena banyaknya lemak yang bersarang terutama di bagian paha, lengan dan bokong. Penyebab dari itu semua adalah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan cepat saji dan minuman yang beralkohol. Olahraga plank memerlukan kontraksi otot dan dengan tetap konsisten untuk melakukan latihan akan merasakan banyak manfaat dari olahraga plank ini. Berikut ini manfaat yang dirasakan adalah :

1. Meratakan perut yang buncit

Manfaat dari plank yang pertama adalah untuk meratakan perut yang buncit. Beberapa masalah klasik yang dimiliki oleh kaum wanita dan pria pada saat sekarang adalah ukuran perut yang sudah tidak rata lagi. Mungkin bagi beberapa orang tidak masalah namun bagi anda yang peduli terhadap penampilan justru sangat bermasalah dan menganggu tingkat kepercayaan diri. Untuk mengatasi perut yang buncit cobalah untuk melakukan olahraga plank yang teratur setiap hari selama kurang lebih lima menit. Dan dalam beberapa  minggu anda sudah dapat melihat hasilnya yaitu perut terlihat lebih rata daripada sebelumnya.

Artikel terkait :

2. Melatih otot perut

Otot perut juga perlu dilatih dengan menggunakan latihan yang sesuai dengan prosedur dari olahraga plank. Otot perut yang dilatih justru akan membuat perut menjadi rata dan six pack. Beberapa pria senang jika tubuh mereka tampak berotot apalagi olahraga plank ini tidak hanya di lakukan oleh kaum wanita namun juga bisa dipraktekan sendiri di rumah.

Artikel terkait :

3. Memperbaiki postur tubuh

Pada saat masih kecil anda memiliki bentuk postur tubuh yang baik. Namun seiring dengan berjalannya waktu beberapa bentuk postur tubuh seseorang dengan orang yang lainnya menjadi berubah. Salah satu penyebab postur tubuh yang berubah adalah kebiasaan sehari – hari. Kebiasaan seperti saat duduk dan berdiri yang tidak benar justru akan merubah postur tubuh menjadi salah. Karena postur tubuh yang salah saat anda sudah berusia lanjut dapat menjadi penyakit kompilasi seperti saraf terjepit. Untuk itu jika ingin memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik makan lakukanlah olahraga plank.

Artikel terkait :

4. Mengurangi nyeri punggung

Pernah merasakan nyeri di bagian punggung ? rasa nyeri bisa disebabkan karena posisi tubuh yang salah dan menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Banyak juga faktor yang dapat menyebabkan tubuh merasakan nyeri karena beban dari punggung yang terlalu berat sehingga jika terlalu dipaksa akan menyebabkan rasa nyeri. Banyak cara untuk mengurangi rasa nyeri jika anda ingin mencoba mengurangi rasa nyeri dengan berolahraga plank alangkah baiknya anda lakukan segera. Olahraga plank ini bisa dilakukan dirumah sendiri dengan menonton video yang memperlihatkan langkah – langkah melakukan gerakan yang benar. Amati dan ikuti dengan lebih teliti. (Baca juga : Manfaat brotowali untuk obat tradisonal dan kesehatan)

sponsored links

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan berkaitan erat dengan makanan yang masuk kedalam tubuh. Cobalah untuk perbanyak mengonsumsi buah – buahan dan sayuran. Pencernaan yang sehat juga membawa dampak yang positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Pencernaan yang sehat ditandai dengan lancarnya buang air besar. Bab yang kurang lancar bisa jadi penyebab kurangnya asupan serat di dalam tubuh. Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat juga imbangi dengan olahraga. Salah satu olahraga yang dapat dicoba adalah olahrga plan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Artikel terkait :

6. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme dalam tubuh diperlukan untuk membakar kalori yang terdapat di dalam tubuh. Kalori di dalam tubuh yang dibakar dari lemak yang terdapat pada lapisan kulit. Meningkatkan metabolisme tubuh dapat dilakukan dengan olahraga plank. Metabolisme yang meningkat dapat menjadi faktor kebugaran tubuh setelah bangun dari tidur.

Artikel terkait :

7. Suasana hati

Ingin memiliki suasana hati yang baik dan selalu tersenyum setiap hari. Cobalah untuk melakukan olahraga plank di rumah atau di tempat yang memungkinkan anda untuk melakukan olahraga ini. Suasana hati yang baik juga diperlukan untuk melakukan aktifitas kerja. Jika suasana hati anda baik maka melakukan pekerjaan menjdi terasa lebih ringan dan aman. Karena dilakukan dengan hati yang riang.

Artikel terkait :

Perlu diperhatikan jika anda tidak dapat melakukan olahraga ini sendiri di rumah pergilah ke tempat fitness dan meminta bantuan dari instruktur untuk memandu anda.

Variasi Latihan Plank

Ada beberapa gerakan dari variasi latihan plank yang dapat anda coba tirukan, berikut ini :

1. Standar plank

Untuk latihan dengan menggunakan variasi standar plank cukup melakukan derakan yang sederhana yaitu :

  • Posisikan tangan lurus dan letakkan dilantai, ambil posisi tubuh yang lurus kebelakang.
  • Jadikan ujung kaki sebagai tumpuan manahan berat tubuh.
  • Posisi bahu dan tumit harus lurus.

Kemudian tetap dengan posisi ini selama kurang lebih 60 detik dan jika anda ingin mecoba gerakan lainnya silahkan saja.

2. Elbow plank

Gerakan untuk jenis variasi melakukan gerakan – gerakan seperti setelah melakukan gerakan standar plank lalu perlahan turunkan badan dan jadikan elbow sebagai tumpuan. Posisi kaki tetap sama yaitu ujung kaki yang menjadi tumpuan. Tubuh tetap lurus dengan posisi bahu yang sama dengan tumit. Tahan posisi ini sampai dengan 60 detik. Mungkin awalnya akan terasa lebih sulit namun perlahan pasti anda bisa menjaga keseimbangan tubuh anda sendiri saat melakukannya.

3. Single arm plank

Lanjutan dari gerakan elbow plank adalah dengan melakukan gerakan single arm plank. Untuk melakukan gerakan ini bisa dilakukan setelah standar plank ataupun elbow plank. Langkah – langkah yang dilakukan adalah angkat satu tangan keatas dan tetap jaga keseimbangan tubuh dengan mengeser tangan sebagai tumpuan sedikit ketengah agar tubuh tetap stabil. Setelah mengangkat tangan kanan maka lakukan juga dengan tangan kirir. Tahan posisi ini selama 60 detik.

4. Single leg plank

Hampir sama dengan gerakan single arm plank. Langkahnya adalah angkat satu kaki terserah kaki bagian kanan atau kaki kiri keatas dan tahan pada posisi tersebut selama batas waktu yang anda sanggupi. Biasanya banyak juga yang melakukan gerakan ini sekaligus dengan single arm plank. Yaitu dengan mengangkat satu kaki dan satu tangan dengan arah yang berlawanan.

5. Side plank

Manfaat dari side plank ini adalah untuk membentuk perut bagian samping langkahnya adalah menggunakan samping telapak kaki dan yang menjadi tumpuan adalah elbow. Pertama – tama cobalah untuk berbaring dengan menghadap kesamping perlahan naikan tubuh dengan menaikkan tangan anda. Jika anda bisa anda juga dapat mengangkat kaki dan tangan satunya saat melakukan side plank.

6. Reverse plank

L:angkah untuk melakukan gerakan dari reverse plank adalah :

  • Baringkan tubuh menghadap keatas dengan telapak tangan menempel di lantai.
  • Luruskan tangan perlahan hinga tubuh terangkat keatas.
  • Untuk menjadi tumpuan bisa telapak tangan ataupun elbow sesuai dengan keinginan anda.

Yang perlu menjadi catatan adalah lakukan gerakan ini dengan perlahan agar otot tidak terkilir.

Itulah beberapa variasi dari gerakan plank yang dapat anda coba di rumah ataupun ditempat fitness untuk memperoleh manfaat bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, September 2016 / 02:21 Oleh :
Kategori : Olahraga