Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Nanas Untuk Batuk Dan Sakit Tenggorokan

Sponsors Link

Pernahkah kalian mengupas buah nanas? Buah nanas yang hendak dikonsumsi biasanya dikupas hingga bersih. Setelah dikupas, nanas biasanya tidak langsung dimakan, beberapa orang mencuci nanas dengan air garam. Tujuan dari mencuci nanas dengan air garam yakni agar getah yang ada pada buah nanas tidak menimbukan rasa gatal di tenggorokan. Anggapan ini muncul karena beberapa orang menyebutkan demikian, padahal sebenarnya buah nanas memiliki kandungan yang dapat meredakan sakit tenggorokan, bukan malah menimbulkan sakit pada tenggorokan. Kandungan dalam buah nanas dipercaya dapat digunakan sebagai pengganti obat batuk dan lebih ampuh.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Buah Nanas

Buah nanas memiliki kandungan enzim bernama bromelain, dimana enzim ini dipercaya dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan dan dapat mengurangi resiko  terkena penyakit arthritis. Selain dapat mengurangi resiko terjadinya arthitis, bromelin dalam kandungan nanas juga sapat mengurangi beberapa penyakit diantaranya kanker, penyakit jantung, dan berapa jenis peradangan lainnya yang sering terjadi pada tubuh. Kandungan enzim pada buah nanas biasanya terletak pada bagian batang atau pangkal nanas yang agak keras.

Selain kandungan bromelain, nanas juga memiliki beberapa kandungan lain seperti, vitamin A, B dan C, serta kandungan potasium dan kalsium, zat besi, mangan dan beta karotein. Nutrisi yang banyak terkandung dalam buah nanas tersebut dapat membantu untukmenjaga kesehatan karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Infeksi yang terjadi pada tubuh juga dapat dikuragi dengan buah nanas. Serta, ketika kesehatan syaraf, tekanan darah dan otot mengalami gangguan, kandungan potasium yang ada di dalam buah nanas dapat mengatasinya. Potasium juga dapat menjaga kesehatan sel dalam tubuh sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

Namun, yang kandungan dalam buah nanas yang sangat berpengaruh untuk mengatasi batuk dan gangguan tenggorokan seperti radang tenggorokan adalah kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan dalam buah nanas terbukti ampuh untuk mengurangi batuk dan dapat mengatasi  masalah tenggorokan, serta dapat mengatasi infeksi yang ada pada kandung kemih.

artikel terkait: solusi batukmanfaat nanasmanfaat nanas muda

Cara Meracik Nanas Sebagai Obat Batuk

Untuk memanfaatkan buah nanas sebagai obat mengatasi penyakit batuk, biasanya dibuat jus dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. beberapa bahan tambahan untuk membuat racikan obat batuk bersama dengan nanas yakni lemon, jahe mentah, teh cayenne dan juga madu. Secara lebih rinci, cara membuat jus nanas untuk mengatasi batuk dan masalah tengorokan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan beberapa bahan, yakni nanas segar, lemon, 1 siung jahe mentah, ½ sendok teh ceyenne dan 1 sendok makan madu.
  2. Blender nanas segar sehingga menghasilkan 1 cangkir jus nanas segar.
  3. Blender lemon sehingga menghasilkan sekitar ¼ cangkir jus lemon.
  4. Masukkan semua bahan dalam blender hingga semuanya tercampur merata.
  5. Minum campuran jus nanas beserta beberapa bahan campuran ini sekitar ¼ cangkir dalam sekali minum. Dapat dimnum 3 sampai 4 kali dalam sehari.
  6. Agar tidak sering meracik jus nanas ini, dapat dilakukan dalam sekali dalam sehari satu kali saja dalam jumlah 4 kali minum. Racikan dapat disimpan di kulkas dan diminum ketika perlu meminumnya.

artikel terkait: manfaat pepaya mengkalmanfaat jahe dan lemonmanfaat pepaya california

sponsored links

Keunggulan Menggunakan Nanas Untuk Mengatasi Batuk

Sebenarnya dalam mengatasi batuk dapat menggunakan obat kimia yang banyak dijual di apotek dan juga di warung terdekat. Namun, beberapa obat yang biasa diminum untuk mengatasi batuk biasanya mengandung bahan kimia yang dapat memberikan efek samping lain bagi kesehatan. Menggunakan racikan nanas dan beberapa bahan alami untuk mengatasi batuk dapat mengurangi konsumsi bahan kimia dari obat batuk yang dijual dipasaran. Nanas tidak memiliki kandungan berbahaya dan dapat meredakan batuk dengan efektif.

Kandungan dalam buah nanas yang telah dijelaskan di atas juga dapat membantu meredakan batuk dengan cepat. Selaian itu, kandungan yang ada di dalamnya tidak hanya dapat mengatasi batuk saja, namun dapat mengatasi masalah kesehatan lainnya. Sehingga, dengan mengkonsumsi nanas, dapat mendapat beberapa keuntungan dalam dalam menjaga kesehatan dalam tubuh. Beberapa diantaranya yakni, menjaga kesehatan syaraf, otot, tekanan darah, memperlancar metabolisme, mecegah terjadinya infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri, dan masih banyak lagi memanfaatkan nanas untuk mengatasi batuk.

Nanas memang memiliki manfaat  untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan dapat mengatasi batuk tanpa efek samping seperti yang ditimbulkan dari mengkonsumsi obat kimia. Namun perlu diperhatikan agar tidak mengkonsumsi buah nanas dalam porsi yang terlalu banyak. Mengkonsumsi kandungan potasium terlalu banyak juga tidak akan terlalu baik untuk kesehatan. Sedangkan potasium ini juga terkandung dalam nanas. Untuk itu, perlu diperhatikan untuk mengkonsumsi racikan nanas untuk mengatasi batuk seperlunya saja dan tidak terlalu banyak. Dengan tetap memperhatikan kekurangan dari mengkonsumsi buah nanas dan menggunakan sesuai porsinya, dapat mengatasi batuk dan tetap menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh.

artikel terkait: manfaat madu dan kayu manismanfaat rebusan daun salammanfaat jambu biji untuk diet

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 12:31 Oleh :
Kategori : Buah Buahan